Permainan Pengucapan (Spelling Games), Update 2015!!!

Permainan Pengejaan (Spelling Games) - Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas terkena beberapa permainan bahasa Inggris terkena bahan pengejaan (spelling). Sebagai mana kita ketahui, mengeja setiap abjad dari suatu kata bagi belum dewasa bukan ialah pekerjaan gampang. Anak kadang cenderung mengeja abjad bahasa Inggris dengan pengejaan bahasa Indonesia dan itu sangat memengaruhi pengucapan suatu kata bahasa Inggris. Nah untuk mengatasi tersebut kita sebagai pendidik atau calon pendidik harus berusaha keras biar anak bisa mengeja suatu abjad dari suatu kata bahasa Inggris dengan benar. Pendidik dan calon pendidik biasanya memakai permainan (games) untuk memberikan bahan pengejaan alasannya dengan memakai permainan anak akan lebih tertarik.

Di bawah ini penulis sengaja diberikan beberapa permainan bahasa Inggris terkena pengucapan. Semoga bermanfaa. Terima kasih. Check this out!!!

1. Alphabet Race
  • Tujuan: Untuk melatih pengucapan kosa-kata bahasa Inggris.
  • Level bahasa: Semua
  • Peralatan dan materi: Dua perangkat kartu Alphabet.

Pada permainan ini kita harus memakai 2 perangkat kartu Alphabet, yang mana satu perangkat Alphabet terdiri dari kartu yang bertulis kan A-Z yang masing-masing ada tiga, misalkan kartu A ada 3 dan seterusnya. Kita harus membuat 3 kartu untuk abjad yang sama alasannya terdapat beberapa kata dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 3 kata yang sama, misalkan "success".  Ukuran kartu juga tidakboleh terlalu kecil, sehingga tiruana anak bisa melihatnya dari kejauhan. Masing-masing seperangkat kartu harus mempunyai jumlah yang sama. Jumlah dari setiap perangkat kartu ialah 78 kartu.

Bagi siswa menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok memegang seperangkat kartu Alphabet. Kedua kelompok diminta untuk berdiri di belakang kelas. Ketika guru atau pendidik sebut kata bahasa Inggris, misalkan "success". Siswa harus mengucapkan huruf-huruf yang dibutuhkan untuk membuat kata "success" tersebut, tentunya dengan pengucapan bahasa Inggris. Ketika anak menemukan kartu yang bertulis kan huruf-huruf pembentuk kata "success", anak harus lari ke depan dan menyusun huruf-huruf tersebut sehingga menjadi kata "success" di meja guru.

Kelompok yang pertama menyusun dan susunan katanya benar akan mendapatkan angka. Kemudian setelah menuntaskan kata yang pertama, siswa harus kembali lagi ke belakang kelas bersiap untuk kata selanjutnya. Kelompok dengan angka terbanyak pada final permainan ialah pemenangnya. Hanya gunakan kata yang erat di pendengaran siswa.

Permainan ini niscaya akan sangat mencakupk alasannya kecenderungan anak akan lari dan berteriak. Mainkan permainan ini jikalau anda yakin tidak akan mengganggu kelas yang lainnya.


 Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas terkena beberapa permainan Permainan Pengucapan (Spelling Games), UPDATE 2015!!!

2. Spy Code
  • Tujuan: Untuk melatih pengucapan kosa-kata bahasa Inggris.
  • Level bahasa: tiruana
  • Peralatan: Boardmarker

Sebelum memulai permainan ini, guru harus menandakan cara memecahkan isyarat yang nantinya akan di coba di pecahkan oleh siswa. Guru juga harus membuat kode-kode tersebut yang nantinya akan di pecahkan oleh siswa. Kode tersebut berupa angka yang mewakili huruf, misalkan 1=A, 2=b, 3=c, 4=d...24=X, 25=Y, 26=Z. Sesudah siswa mengerti cara memecahkan isyarat nya, permainan pun dimulai. Bagi siswa ke dalam beberapa kelompok, minimal setiap kelompok terdiri dari 2 orang. Tempatkan setiap kelompok di daerah tidak sama sehingga nantinya tidak ada kelompok yang berbuat curang dengan melihat pekerjaan kelompok lain.

Permainan dimulai dengan guru menuliskan beberapa isyarat di papan tulis dan setiap kelompok diminta untuk memecahkan isyarat tersebut dan menuliskan akhirnya di selembar kertas. Sesudah selesai, lembar kertas meliputi jawabanan tersebut harus di diberikan ke guru. Kelompok yang paling cepat memecahkan isyarat dan benar mengucapkannya kata dari isyarat yang dipecahkan akan mendapatkan nilai. Perwakilan dari kelompok yang mempersembahkan lembar jawabanan harus kembali ke daerah kelompoknya berada setelah isyarat pertama selesai dipecahkan. Guru pun bersiap untuk mempersembahkan code kedua, ketiga dan seterusnya kepada setiap kelompok. Kelompok yang mengumpulkan nilai tertinggi ialah pemenangnya.

misal:
  1. 16-18-5-19-9-4-5-14-20 = President
  2. 20-8-21-18-19-4-1-25 = Thursday
  3. 1-18-18-9-22-5-19 = Arrives
  4. 5-13-2-1-19-19-25 = Embassy
  5. 4-15-3-21-13-5-14-20-19 = Documents

Untuk siswa tingkat bahasa atas menyerupai intermediate atau advance, anda bisa gunakan adonan dari setiap kata dengan menambahkan satu isyarat yaitu "#' sebagai spasi. Dan pastikan setiap kata atau kalimat yang dipakai haruslah siswa sudah pernah mengetahuinya.

misal:
  1. 16-18-5-19-9-4-5-14-20#1-18-18-9-22-5-19#15-14#20-8-21-18-19-4-1-25    = President arrives on Thursday.
  2. 9-13-16-15-18-20-114-20#4-15-3-21-13-5-14-20-19#23-9-12-12#2-5#6-15-21-14-4#9-14#5-13-2-1-19-19-25 = Important documents will be found in Embassy.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< UPDATE 2015 >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

3. Hangman Spelling
  • Tujuan: Melatih kemampuan spelling siswa
  • Level Bahasa: Elementary dan Intermediate
  • Peralatan: Boardmarker


Pernahkan anda mendengar permainan Hangman Spelling? Mungkin beberapa dari sobat dekat pernah mendengar dan mungkin sering memainkannya di dalam kelas. Permainan hangingman spelling bekerjsama sama sperti permainan tebak kata akan tetapi setiap kesalahan yang siswa buat dalam menebak suatu kata dihitung. Penghitungan kesalahan yang dibentuk siswa dalam menebak suatu kata tidak memakai angka melainkan memakai gambar orang digantung/hanging man (lihat gambar di bawah).

Permainan dimulai dengan guru menuliskan beberapa garis bawah sejumlah abjad dari kata yang akan ditebak siswa. Misalkan kita akan memakai kata "PENCILCASE" maka kita cukup buat beberapa garis bawah menyerupai ini "P _ _ _ _ _ _ _ _ E". Biarkan beberapa abjad ada untuk mempersembahkan clue atau petunjuk pada siswa. Siswa kemudian diminta untuk menebak huruf-huruf dari kata tersebut. Setiap kesalahan yang dibentuk siswa akan dihitung dengan gambar hanging man. Ketika gambar hanging man sempurna, makan kuis tersebut gugur dan tiruana siswa tidak menerima nilai. Untuk siswa yang berhasil menebak akan didiberi satu point dan pengumpul point terbanyak akan mendapatkan reward.

Note: Untuk kelas yang jumlah siswanya banyak, kita bisa menciptakankannya beberapa kelompk. Ingat, kata yang dikuiskan harus kata-kata yang sudah dipelajari siswa sebelumnya.

misal:

PENCILCASE = _ _ N _ _ L _ _ _ E
ERASER = E _ _ S _ _
SHOES = _ H _ _ S
RULER = R _ _ _ R
SHARPENER = S _ _ R _ _ _ E _

 Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas terkena beberapa permainan Permainan Pengucapan (Spelling Games), UPDATE 2015!!!


4. The Dumb
  • Tujuan: Melatih kemampuan spelling siswa.
  • Level Bahasa: Elementary dan Intermediate
  • Peralatan: Kertas, pencil dan boardmarker


The Dumb (si bisu) ialah permainan berpasang-pasangan. Permainan ini seprtihalnya orang bisa mempersembahkan informasi ke orang, yaitu dengan gerakan tangan. Nah, permainan ini meminta siswa untuk memberikan satu kata melalui gerakan tangan ke siswa yang lain yang kemudian ditulis di papan tulis. cepatdangampangkan? Tetapi permainan ini spesialuntuk bisa dipakai untuk kelas yang berjumlah sedikit dan genap (karena berpasang-pasangan)

Sebelum permainan ini dimulai, guru sebelumnya menyiapkan beberapa lembar kertas yang dituliskan dengan vocabulary yang berkiatan dengan bahan yang sudah diajarkan. Permainan ini dimuali dikala siswa diminta untuk berpasang-pasangan, satu siswa bertuga untuk memberikan vocabuary lewat gerakan tangan dan siswa yang lain bertugas untuk menuliskan vocabulary yang sudah disampaikan di papan tulis. Berikan kertas yang meliputi vocabualry tadi ke siswa yang bertugas menyampaikannya dengan gerakan tangan. Ingat setiap siswa harus mendapatkan vocabulary yang tidak sama dan pastikan siswa-siswa tersebut tidak menggerakan mulutnya spesialuntuk memakai tangannya. Pasangan yang berhasil menuliskan vocabulary dengan benar kemudian diminta untuk mengejanya. Pasangan yang banyak mendapatkan point, pasangan itulah yang berhak menerima reward.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas ihwal Permainan Pengucapan (Spelling Games), semoga bisa menambah wawasan sobat dekat sekalian dan tentunya bermanfaa. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ya sobat dekat. ^^ English is Fun ^^

LihatTutupKomentar