Permainan Struktur Kalimat (Structure Games), Update 2015!!!

Permainan Struktur Kalimat (Structurs Games) - Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas beberapa permainan bahasa Inggris terkena struktur kalimat (structure games). Seperti yang kita ketahui bahwa berguru struktur kalimat khususnya bahasa Inggris bukan ialah pekerjaan gampang, apalagi kalau kita masukan bahan struktur kalimat untuk siswa sekolah dasar. Banyak guru atau pengajar kebanyakan menghindari menyisipkan bahan struktur kalimat dalam mengajarkan bahasa Inggris. Hal itu sebetulnya tidak boleh, alasannya yaitu selain anak didiberikan banyak bahan terkena vocabulary dan pronounciation dari vocabulary itu sendiri, anak juga harus didiberikan bahan struktur kalimat untuk bisa memakai bahan vocabulary yang sudah mereka dapatkan, sehingga materi vocabulary yang sudah mereka dapatkan tidak termembuang sia-sia.

Untuk itu lah pada peluang kali ini penulis mencoba untuk menghadirkan beberapa permainan bahasa Inggris yang berkaitan dengan pembentukan struktur kalimat (structure games). Semoga bermanfaa. Check this out!!!

1. Bananas
  • Tujuan: Untuk melatih memakai Wh-questions.
  • Level Bahasa: Semua
  • Peralatan: -

Permainan ini dirancang untuk melatih siswa dalam memakai wh-qustion yang tentunya dengan cara yang sangat bahagia. Permainan bananas sangat lah simpel, setiap siswa diminta untuk menanyakan sesuatu dengan memakai wh-question ke siswa yang lain tapi siswa tersebut harus menjawabannya dengan kata "bananas". Tujuan dari permainan ini yaitu untuk membuat tiruana siswa tertawa dengan jawabanan yang tidak relevan.

Pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa pun haruslah yang sangat guah. Dalam permainan ini tidak memakai yes/no questions, spesialuntuk memakai wh-questions saja. Permainan ini sangatlah populer, siswa mungkin ingin memainkan nya lagi. Tidak cuma memakai kata "bananas", kita juga bisa memakai kata selain itu, contohnya "onions", "spaghetti", atau "spinach".

misal:
Siswa 1 : What do you like best in the world?
Siswa 2 : Bananas 
Siswa 2 : What do you wash your face with every morning?
Siswa 3 : Bananas 
Siswa 3 : What are you going to wear to Mary's party?
Siswa 4 : Bananas
Siswa 4 : What are you going to name your new baby?
Siswa 5 : Bananas
 Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas beberapa permainan bahasa I Permainan Struktur Kalimat (Structure Games), UPDATE 2015!!!

2. Who Am I?
  • Tujuan: Untuk melatih memakai yes/no questions.
  • Level bahasa: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
  • Peralatan: Topi dan kartu yang bertulis kan nama orang.

Permainan ini membutuhkan persiapan yang matang untuk membuat kartu yang besar dengan nama dari orang terkenal baik yang masih hidup atau yang sudah mati tertera di atasnya. Kartu nama tersebut di tempel kan ke topi yang nantinya akan digunakan oleh siswa.

Siswa lalu mencoba untuk menanyakan siapa kah nama yang tertera di topi yang mereka pakai dengan memakai yes/no questions dengan dimulai dengan menanyakan "who am I" yang lalu dilanjutkan dengan memakai yes/no questions.
"Who am I?"
"Am I living?"
"Am I in the movies?"
"Was I famous for my beauty?"
"Do you know me?"
"Have I been in the news lately?"

Nama yang digunakan dalam permainan ini haruslah memakai nama yang terkenal yang tentunya tiruana siswa mengetahuinya.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< UPDATE 2015 >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

3. Questions Only, Please


  • Tujuan: untuk melatih siswa memakai wh-questions dan yes/no questions
  • Level bahasa: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
  • Peralatan: - 


Permainan ini bisa sangat simpel dan bisa juga cukup susah tergantung kemampuan bahasa Inggris siswa. Siswa diminta untuk duduk berpasang-pasangan dan melaksanakan suatu perbincangan tetapi perbincangan tersebut spesialuntuk memakai pertanyaan baik memakai wh-questions atau yes/no questions. Dan siswa yang menjawaban dengan kalimat pernyataan bukannya dengan menanyakan kembali, makan siswa tersebut dianggap kalah atau gagal.

Siswa yang memenangkan percakapan berhak mendapatkan reward dan siswa yang kalah dalam percakapan akan mendapatkan punishment.

misal:
Siswa 1: What's your name?
Siswa 2: Do you want to know my name?
Siswa 1: Are you going to tell me?
Siswa 2: What will you do if I don't tell you?
Siswa 1: What do you think I will do?
Siswa 2: How should I know?
Siswa 1: Can't you guess?
Siswa 2: No, I can't

Pada pola di atas, siswa 2 lah yang kalah alasannya yaitu diakhir di memakai kalimat pernyataan dan siwa 1 lah pemenangnya. Permainan berhenti kalau salah satu siswa menjawaban memakai kalimat pernyataan bukannya kalimat pertanyaan.

4. Miming


  • Tujuan: Melatih siswa untuk membuat kalimat dengan baik dan benar.
  • Level Bahasa: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
  • Peralatan: Beberapa lembar kertas dengan masing-masing satu kalimat bahasa Inggris.


Miming yaitu salah satu games dalam pengajaran bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk malatih penulisan struktur kalimat siswa. Miming ialah suatu permainan dimana salah satu siswa memperagakan sesuatu dengan gerak tubuhnya untuk memberikan pesan terhadapat siswa yang lainnya. Permainan ini cocok dimainkan untuk class-size mana saja. Untuk yang jumlah kelasnya sedikit (seperti di kursusan) kita cukup mempasangkan dua siswa, satu untuk memperagakan dan yang satu lagi untuk menulis. Untuk kelas yang besar (di sekolah formal), kita bisa membuat group yang terdiri dari beberapa siswa. Untuk sistem grouping, kita ambil perwakilan dari masing-masing group untuk mempergakan dan siswa lainnya menebak apa yang diperagakan. Permainan miming cocok untuk segala jenis bahan struktur kalimat.

misal permainan:
Kita ambil saja saat bahan yang diajarkan wacana simple present tese. Sebelum melaksanakan permainan, pastikan guru sudah membuat beberapa kalimat yang nantinya akan diperagakan oleh siswa. Pastikan kalimat-kalimat tersebut di tulis pada penggalan kertas. Pastikan juga siswa sudah menguasi betul wacana bahan struktur yang akan digunakan pada permainan ini. Permainan ini dimulai saat guru membagi siswa kedalam kelompok atau pasangan. Dari setiap kelompok atau pasangan tersebut, diminta masing-masing satu siswa untuk memperagakan satu kalimat untuk kelompok atau pasangannya masing-masing. Misalkan siswa A mendapatkan kalimat "I eat one banana every morning". Siswa tersebut lalu memperagakan kalimat tersebut dengan memakai gerakan tangan, gerakan tubuh, dan ekpresi ke kelompok atau pasangannya. Ingat tidakboleh biarkan siswa tersebut memakai mulutnya. Bagi kelompok atau pasangan yang bisa menuliskan kalimat yang diperagakan dengan benar, makan kelompok atau pasangan itu akan mendapatkan point. Lakukan permainan ini beberapa kali dan untuk kelompok yang menerima point terbanyak berhak mendapatkan reward.

Note: Untuk kelas yang jumlah siswanya banyak, saat memainkan permainan ini biasanya sangat mencakupk. Untuk itu guru harus memdiberi tahu siswa di awal untuk tidak mencakupk dan bekerja dengan tenang.

Semoga klarifikasi di atas wacana Permainan Struktur Kalimat (Structure Games) di atas, bisa menambah koleksi permainan pada pengajaran bahasa sobat dekat, dan tentunya bermanfaa. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ya sobat dekat. Terima kasih... ^^ Englsh is Fun ^^

LihatTutupKomentar