Permainan Angka (Number Games), Update 2015!!!

Permainan Angka (Number Games) - Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas beberapa permainan bahasa Inggris terkena angka (number games). Permainan angka (number games) ini meliputi beberapa permainan yang tentunya untuk membatu siswa untuk latihan mengucapkan angka dari satu hingga seterusnya dan juga untuk melatih siswa dalam berhitung tentunya dengan memakai bahasa Inggris yang tentunya dengan cara yang sangat bahagia.

Berikut di bawah ini yaitu beberapa permainan bahasa Inggris terkena angka (number games). Semoga bermanfaa. Check this out!!!

1. Buzz
  • Tujuan: Untuk menyediakan tes hitungan.
  • Level Bahasa: Dasar dan menengah
  • Perlatan: -

Berikut ini yaitu permainan berhitung yang sanggup dimainkan oleh siswa yang sudah mempelajari angka mulai dari 1 - 100 tentunya dalam bahasa Inggris. tiruana angka sanggup dipilih menjadi angka Buzz, tetapi mungkin untuk dipakai dalam kelas dasar (elementary), memakai angka yang gampang, contohnya angka 5 dan kelipatannya.

Permainan dimulai dengan meminta siswa pertama sebut angka "one", kemudian siswa kedua sebut angka "two", siswa ketiga sebut angka "three", siswa keempat sebut angka "four", tetapi untuk siswa kelima bukanya sebut angka "five" namun diganti dengan mengucapkan "Buzz". Proses menghitung berlanjut dari siswa ke siswa yang lainnya secepat mungkin untuk menambah kesenangan siswa, dan siswa yang kebagian sebut angka "ten" harus diganti dengan mengucapkan "buzz". Semua kelipatan dari 5 harus di ganti dengan mengucapkan "buzz", ibarat 5, 10, 15, 20, 25, dan seterusnya.

Untuk tingkat lanjut mungkin angka 5 diganti dengan angka 3, 4 atau angka yang lain yang tentunya sama harus mengucapkan "buzz" di keliapatan masing-masing angka. "Buzz" juga bisa diganti untuk menambah kesenangan siswa, mungkin bisa diganti dengan memakai yel-yel lain yang lebih familiar dengan indera pendengaran siswa, coba "prekitiw", "sleketep", "hore", dan lain sebagainya.

 Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas beberapa permainan bahasa I Permainan Angka (Number Games), UPDATE 2015!!!

2. Take a number
  • Tujuan: untuk melatih kemampuan listening siswa dan menguji kemampuan siswa untuk mengikuti petunjuk.
  • Level bahasa: tiruana
  • Peralatan dan materi: kertas dan pensil

Pada permainan angka (number games) yang kedua ini akan menampilkan permainan yang jauh lebih menantang dari permainan yang pertama. Permainan angka ini sangat praktis diaplikasikan ke dalam kelas. Permainan dimulai dengan guru mengucapkan "Take a number", dan siswa diminta untuk menuliskan angka terserah siswa itu sendiri, misalkan siswa pertama menuliskan angka 3 di kertasnya. Kemudian guru melanjutkan dengan mengucapkan "plus eight", siswa pun harus menambahkan angka 8 ke angka yang mereka ambil. Guru juga bisa sebut "Minus____", "Devided by____" atau "Multiplied by____".

Sesudah selesai, siswa diminta untuk mengumpulkan kertas meliputi penjumlahan, pengurangan, santunan dan perkaliahan tersebut. Siswa yang menjumlah dengan benar akan mendapat reward dan siswa yang salah akan mendapat punishment.

misal:

Take a number   : 3
Plus 8                : 11
Minus 7             : 4
devided by 2      : 2
Multiplied by 6   : 12

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< UPDATE 2015 >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

3. Touch the number 


  • Tujuan: Untuk melatih mendengarkan (listening) dan berhitung
  • Level Bahasa: Dasar dan Menengah
  • Peralatan: Kertas Stiker dan spidol


Berikut ini ialah permianan angka yang ditujukan untuk melatih kemampuan mendengarkan dan berhitung siswa. Sebelum mengaplikasikan permainan ini dalam kelas, tulisakan beberapa angka pada kertas stiker yang sudah dipersiapkan. Misalkan saja kita akan memakai 10 kertas stiker. 10 kertas stiker tersebut kemudian dituliskan angka dari 1 - 100 secara acak, misal 12, 34, 6, 62, 74, 23, 9, 18, 90, dan 45. Tempelkan 10 kertas stiker tersebut di dinding-dinding kelas. Kemudian Buat lah beberapa soal matematik dasar yang jawabananya yaitu angka-angka yang ada dikertas stiker tersebut, misal 6 x 2 = 12, 40 - 6 = 34, , 12 : 2 = 6, 58 + 4 = 62,.. kemudian seterusnya. 

Permainan ini dimulai ketika siswa sudah menguasai bahan 'Matematics' bahasa Inggris ibarat 'plus', 'minus', 'devided by', dan 'multiplied by'. Sesudah tiruananya sudah siap, siswa diminta untuk berdiri di tengah kelas dan diminta untuk memperhatikan apa yang guru ucapkan. Guru sebut satu soal yang sudah dibuatnya sebelumnya, "two multiplied by six equals ...". Siswa kemudian diminta untuk menjawaban soal tersebut. Jika siswa tahu jawabananya siswa diminta untuk menyentuh jawabanan yang tersedian pada 10 kertas stiker yang sudah ditempelkan di dinding. Ulangi aktivitas tersebut hingga 10 soal yang sudah dibentuk berhasil dipecahkan oleh siswa tiruana. Siswa yang paling banyak menjawaban dengan benar akan mendapat point tertingigi dan mendepatkan reward.

Untuk sanggup memainkan permainan ini, pastikan kondisi kelas kosong dari meja dan kursi, sehingga siswa bisa berlari tanpa harus menabrak sesuatu. Guru juga harus tetap waspada, alasannya yaitu siswa kadang out of control yang kemudian bisa menyelakai siswa yang lain.

Untuk siswa elementary, gunakan angka-angka yang gampang, misal dari 1-20 dan juga spesialuntuk memakai 'plus' dan 'minus' saja. Sedangkan untuk siswa level intermediate bisa mengguanakan angka yang lebih besar dari itu dan juga memakai tiruana ekpresi matematics termasuk 'devided by' dan 'multiplied by'.


4. Shocking Cards (Kartu Kaget/Tepok Nyamuk)


  • Tujuan: Untuk melatih siswa berhitung
  • Leverl: Elementary (dasar)
  • Peralatan: Kartu Remi


Permainan kartu remi aneka macam ragamnya, sebut saja poker, cangkulan, dll. Ada satu permaianan kartu remi yang sangat praktis dan sering dimainkan oleh belum dewasa sekolah dasar, permianan tersebut yaitu Kartu Kaget (di tempat saya dinamakan Tepok Nyamuk). Permainan ini sangat populer, tetapi ada juga yang belum pernah memainkannya. Berikut ini yaitu cara bermain kartu kaget (shocking cards).

Sebagai mana kita ketahui Kartu Remi terdiri dari angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, King, dan As. Permainan ini spesialuntuk sebut angka-angka tersebut sembari mengeluarkan kartu dan di taruh di hening lingkaran. Permainan dimulai dengan mengkocok kartu dan bagikan ke tiruana peserta, misalkan ada 3 peserta. Pastikan tiruana kartu yang dipegang perserta dalam keadaan terbalik ketika membaginya. Misalkan permainan dimulia dari penerima A. Peserta A sebut angka-angka dalam kartu remi dimulai dari 2 sembari mengeluarkan satu kertunya dilantai. Peserta B kemudian melanjutkannya dengan menyebut 3 beserta mengeluarkan satu kertunya dilantai. Kemudian penerima C juga melanjutkan dengan mengucapkan angka 4 dan mengeluarkan satu kartu dilantai. Ulangi hingga menyebut As kemudian kembali ke 2.

Jika angka yang disebut dan kartu yang dikeluarkan sama maka kartu tersebut harus di tepok. Peserta yang terakhir menepok kartu tersebut akan diminta pertanyaan yang tentunya berkaitan dengan angka.

misal, penerima A sebut angka 4 dan mengeluarkan kartu Jack, dilanjutkan dengan penerima B sebut angka 5 tetapi kartu yang dikeluarkan juga sama yaitu angka 5, maka kartu tersebut harus di tepok.


Semoga klarifikasi terkena Permaian Angka (Number Games) di atas bisa menambah wawasan sobat bersahabat seklian dan tentunya bermanfaa. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ya sobat dekat. Terima kasih... ^^ English is Fun ^^

LihatTutupKomentar