Permainan Kosakata (Vocabulary Games)- Permainan bahasa Inggris yang pada peluang kali ini dibahas yaitu permainan bahasa Inggris terkena kosa kata (vocabulary games). Permainan kosa kata (vocabulary games) meliputi beberapa permainan yang tentunya untuk memdiberi siswa peluang untuk melatih kosa kata (vocabulary) dan ungkapan (expression) bahasa Inggris yang sudah mereka pelajari tentunya dengan cara yang sangat bahagia. Berikut di bawah ini yaitu permainan bahasa Inggris terkena kosa kata (vocabular). Semoga bermanfaa. Check this out!!!
1. Observe and Remember
- Tujuan: Untuk menguji kemampuan siswa dalam mengamati (observe) dan mengingat (remember) kosa kata.
- Tingkatan: Semua (elementary, intermediate atau advance)
- Peralatan dan materi: Macam-macam benda kecil dan praktis diidentifikasi.
'Observe and Remember' yaitu cara yang baik untuk menguji kemampuan siswa dalam mengamati dan mengingat dikala mereka berguru terkena kosa kata (vocabulary) bahasa Inggris.
Sebelum kelas dimulai, kumpulkan banyak sekali macam benda kecil yang praktis diidentifikasi sepeti pesil, penghapus, penggaris, pulpen, buku, sendok, kancing baju, lem atau benda apa pun yang tentunya sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Letakkan benda-benda tersebut di meja di depan kelas.
Siswa diminta untuk maju ke depan dan amati benda-benda tersebut yang tentunya dengan batas waktu, misalkan siswa dibatasi mengamati benda-benda tersebut selama 2 menit, lalu siswa diminta untuk kembali duduk. Instruksi kan siswa untuk mengambil pensil dan kertas dan mulai untuk menuliskan nama-nama benda yang sudah diamati dalam bahasa Inggris. Ketika siswa kembali duduk tutup benda-benda yang diamati dengan kain atau apa pun biar siswa tidak melihat benda-benda tersebut. Batasi waktu ketika siswa menuliskan benda-benda yang sudah diamati misalkan selama 5 menit.
Sesudah waktu yang didiberikan untuk menuliskan benda-benda tersebut habis, siswa diminta lagi untuk maju kedepan untuk mempersembahkan nama-nama benda tersebut dan sebut nya satu per satu. Siswa yang paling banyak menuliskan dan sebut benda dengan benar ialah pemenangnya.
Jumlah benda yang dipakai dalam permainan 'Observe and Remember' haruslah sesuai dengan tingkatan bahasa siswa. Untuk tingkat dasar (elementary) bisa memakai 12 benda, untuk tingkatan menengah (intermediate) bisa memakai 15-20 benda, dan untuk tingkatan atas (advance) bisa memakai 25-30 benda.
2. Word Matching
- Tujuan: Untuk melatih kombinasi antara synonyms (persamaan kata) dan antonyms (lawan kata)
- Tingkatan: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
- Peralatan dan materi: pensil dan kertas
Untuk beberapa alasan kita sering memikirkan benda atau objek dengan pasangannya baik persamaan kata atau lawan katanya; ketika kita mendengar satu kata, kita sering mencari lawan atau persamaan kata tersebut. Hal tersebut juga menarikdanunik bagi pengajar bahasa Inggris dan juga sanggup menghibur serta berguna.
Persiapkan daftar kata-kata yang tentunya praktis untuk di cari lawan kata atau persamaan katanya, ibarat hot-cold, big-little dan lain sebagainya. Permainan dimulai dengan pengajar membacakan kata-kata yang sudah dipersiapkan sebelumnya satu persatu dengan jeda waktu yang relatif singkat, misalkan satu menit. Siswa diminta untuk menuliskan persamaan kata atau perlawanan kata (tergantung perintah pengajar) dengan cepat. Siswa yang menuliskan persamaan dan perlawanan kata dengan benar terbanyak beliau lah pemenangnya.
misal Perlawanan kata
Hot-Cold | Rich-Poor | Wet-Dry | Pass-Fail |
Big-Little | Right-Wrong | Noisy-Quiet | Hungry-Thirsty |
Tall-Short | Happy-Sad | Girl-Boy | Sharp-Dull |
Fat-Thin | Sick-Well | Aunt-Uncle | Fast-Slow |
Knife-Fork | High-Low | Sell-Buy | Clean-Dirty |
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< UPDATE 2015 >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
3. Blindfold
- Tujuan: Untuk mendeskripsikan kosakata (vocabulary) yang berbentuk kata benda bahan (material nouns).
- Tingkatan: Semua (elementary, intermeidate, dan advance)
- Peralatan dan materi: Penutup mata (kain atau selendang), Benda-benda sesuai dengan apa yang di ajarakan (pensil, buku, penghapus, dll).
Misalkan kita sedang mengajarkan anak wacana things in the classroom (benda-benda yang ada di kelas). Sesudah kita sudah mengajarkan kosakata tersebut ke siswa, baik cara penulisan maupun pengucapan, untuk melatih deskripsi siswa kita bisa memakai permainan blindfold di atas. Sebelum menginjak ke permainan, alangka baiknya bila siswa di ajarkan ungkapan-ungkapan deskripsi sederhana (untuk elementary) seperti: "it is big", "it is long", it is sharp", "it is heavy", "it is light", "I think it is ...".
Menginjak ke permainan, siswa ibarat biasa diminta untuk menutup mata mereka dengan kain atau selendang yang sudah dipersiapkan. Sesudah tiruana siswa tertutup matanya, guru akan mempersembahkan benda-benda yang sudah dipersiapkan tadi ibarat buku, pensil, pulpen, dll. kepada masing-masing siswa. Siswa lalu diminta untuk mendeskripsikan benda-benda tersebut. Siswa yang berhasil mendeskripsikan dan menebak benda tersebut dengan benar, beliau akan mendapat reward atau hadiah.
Untuk tingkatan intermediate dan advance, guru bisa memperbanyak ungkapan-ungkapan deskriptive lainnya. Sehingga siswa akan tertantang untuk mengikuti permainan. Guru juga bisa memakai boneka hewan dan meminta siswa untuk mendeskripsikannya, tentunya dengan deskripsi yang jauh lebih banyak. Tidak cuma identifikasi secara fisik saja, untuk level advance bisa juga diminta siswanya untuk mengidentifikasi rasa, bau, dan pemilik benda tersbut (benda diambil dari siswa lain).
4. Whisper & Write (W2)
- Tujuan: Untuk melatih pronunciation dan writing siswa.
- Tingkatan: Elementary dan Intermediate
- Perlatan dan materi: Daftar vocabulary baik nouns, verbs, adverbs, atau adjectives. Bisa juga memakai satu kalimat atau clasuse.
Permainan W2 ini sangat sederhana dan banyak dipakai dalam pengajaran bahasa Inggris. Walaupun sederhana, permainan ini cukup sangat bahagia. Permainan di mulai setelah siswa simpulan berguru menganai vocabulary baik dari segi penulisan maupun pengucapannya. Siswa lalu dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B. Masing-masing kelompok lalu membentuk barisan. Misalkan saja ada 5 siswa di setip kelompok. Siswa A1 berdiri di bersahabat papan tulis, lalu siswa A2 berdiri disampingnya, begitu juga siswa A3, A4, hingga A5. Begitu juga dengan kelompok B. Pastikan jarak antar siswa harus lebar biar mereka tidak bisa mendengar bisikan kawannya.
Permainan dimulai dengan mempersembahkan beberapa kosakata yang berkaitan dengan bahan ke siswa A5 dan B5. Kemudian dari siswa tersebut, kosakata didiberikan ke mitra yang lainnya dengan cara dibisikan; A5 ke A4 dan B5 ke B4. Kegiatan tersebut berlangsung hingga mencapai siswa yang bersahabat dengan papan tulis yaitu A1 dan B1. Siswa A1 dan B1 seelah mereka mendengar kosakata yang dibisikan kawanya pribadi menuliskan daftar kosakata yang di dengar di papan tulis. Kelompok yang paling cepat dan sempurna dalam menuliskan kosakata tersebut ialah pemenangnya. Lakukan permainan tersebut beberapa kali. Kelompok yang mengumpulkan banyak score akan mendapat reward atau hadiah.
Untuk level intermediate, guru bisa mengunakan satu kalimat utuh atau clausa. Pastikan kalimat itu manrik dan susah, misalkan "Two witchess watch a football match by selling their watches."
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar diberikut ini:
Note:
Agar tidak monoton, pastikan guru untuk melaksanakan rotasi pada masing-masing kelompok. Misalkan siswa A1 yang berdiri bersahabat papan tulis bisa dirotasi dengan siswa A5, begitu juga untuk siswa-siswa yang lainnya.
Tentunya masih banyak lagi permainan bahasa Inggris wacana kosa kata (vocabulary) yang akan di update salnjutnya.
Semoga klarifikasi terkena Permainan Kosakata (Vocabulary Games) di atas bisa menambah wawasan teman bersahabat sekalian dan tentunya bermanfaa. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun. Jangan lupa like dan share ya teman dekat. Terima kasih... ^^ English is Fun ^^