Tingkat Kebenaran Bocoran Kunci Tanggapan Un 2016 Hanya 10 Persen

Tingkat Kebenaran Bocoran Kunci Jawaban UN 2016 Hanya 10 Persen - Seperti yang marak terjadi pada penyelengaraan UN sebelumnya, dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) tahun inipun marak sekali beredar bocoran kunci jawabana. Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapatkan banyak sekali pengaduan adanya bocoran kunci jawabanan di banyak sekali daerah. Melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud yang bertugas memantau pelaksanaan UN, Kemendikbud pun pribadi melaksanakan pengecekan terhadap kesesuaian bocoran tersebut dengan kunci jawabanan yang asli dan ternyata ditemukan fakta yang mencengangkan. Dari pengecekkan tersebut, diketahui bahwa bermacam-macam bocoran kunci jawabanan tersebut tidak sesuai dengan kunci jawabanan UN yang sebenarnya.

“Pas diuji kebenarannya, justru yang benar spesialuntuk sekitar 20 persen. Kaprikornus tidakboleh percaya pada kunci jawabanan yang ditawarkan atau dijualbelikan. Itu motifnya ekonomi,” ujar Mendikbud ketika meninjau pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan di Depok, ketika ditanyai awak wartawan di Jawa Barat, Rabu (6/4/2016). Ia menambahkan, setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut wacana kebenaran kunci jawabanan tersebut, tingkat kesesuaian dari bocoran kunci jawabanan UN yang beredar tersebut dengan kunci yang asli beragam, ada yang 10 persen, 15 persen, dan terbaik 20 persen benar. “Mereka yang menjualbelikan (kunci jawabanan), sudah mengkhianati ratusan ribu guru dan jutaan siswa yang bekerja dan berguru dengan sepenuh hati,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Itjen Kemendikbud, setelah dicek kesesuaiannya, dari banyak sekali tempat di Indonesia, persentase kebenaran dari bocoran kunci jawabanan yang beredar memang sangat kecil. Misalnya di SMAN 1 Krembung Sidoarjo, Jawa Timur, ditemukan spesialuntuk 10 persen jawabanan yang benar dari bocoran kunci jawabanan yang beredar di tempat tersebut. Begitupula dengan kunci jawabanan yang beredar di SMAN 1 Donri-donri, Sulawesi Selatan dan SMAN 2 Watan Soppeng, Sulawesi Selatan, yang didapati spesialuntuk 20 persen jawabanan yang benar.

Mungkin memang sudah waktunya siswa-siswi di negeri Indonesia tercinta ini berubah untuk tidak lagi menggantungkan nasibnya pada pemdiberi impian yang belum terang asal-usulnya dan spesialuntuk mencari peluang di tengah kegamangan dan ketidak mandirian para siswa. Mendikbud juga sudah mengimbau para siswa dan orang renta untuk tidak simpel memercayai bocoran kunci jawabanan yang beredar dan tetap yakin dengan kemampuan yang mereka miliki. Siswa sebaiknya tetap memegang teguh perilaku kejujuran, sesuai moto UN 2016, “Prestasi Penting, jujur yang Utama”. (Dikutip dari http://www.kemdikbud.go.id/)


Tingkat Kebenaran Bocoran Kunci Jawaban UN  Tingkat Kebenaran Bocoran Kunci Jawaban UN 2016 Hanya 10 Persen
Tingkat Kebenaran Bocoran Kunci Jawaban UN 

Pembaca juga melihat
  1. Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016
  2. Seleksi Serentak Sekolah Ikatan Dinas 2016 Beserta Jadwal Pelaksanaanya
  3. Kumpulan misal dan Prediksi  Soal USM PKN STAN 2016 dan pembahasannya
  4. Kumpulan misal Soal SBMPTN dan Pembahasannya 2016




LihatTutupKomentar