Sejarah Lahirnya Bahasa Inggris Dan Alasannya Yaitu Menjadi Bahasa Internasional

Dear pembaca setia bahasainggrismania.com, kita sudah banyak mempelajari seputar tata bahasa Inggris dalam blog ini. Namun ada hal yang selama ini kita lupakan yang berdasarkan saya tak kalah penting, yaitu sejarah lahirnya B. Inggris dan alasan mengapa dijadikan bahasa internasional. Pada postingan ini, saya ingin terlebih lampau sedikit mengulas wacana sejarah tersebut semoga kita mengenal lebih akrab B. Inggris sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya.

Sejarah Lahirnya Bahasa Inggris


Bahasa Inggris / English lahir pada kala ke 5. Pada waktu itu, 3 suku bangsa Jerman, yaitu Anglo, Saxon dan Jute melaksanakan penyerbuan dari arah pantai timur dan selatan Britania Raya yang kini kawasan itu kita kenal dengan nama "England". Penduduk pribumi Britania Raya sendiri bahwasanya pada ketika itu mempunyai bahasa orisinil yang disebut "Celtic", namun alasannya ialah mereka kalah dan terdesak, banyak penutur orisinil "Celtic" yang akhirnya lari ke bab barat dan utara Britania Raya yang kini kita kenal dengan nama Wales, Scotland (Skotlandia) dan Ireland (Irlandia). Seiring perkembangan zaman dan alasannya ialah semakin kuatnya dominasi ketiga suku Jerman tersebut, maka "Celtic" tidak lagi dipakai dan sudah punah semenjak para penutur orisinil tiruananya meninggal dunia. Sementara itu, kata "English" sendiri diambil dari "Englisc" yang ialah nama bahasa dari salah satu suku yang melaksanakan penyerbuan tersebut "Anglo", begitu juga nama kawasan yang mereka kuasai "England" yang ialah istilah dari bahasa Englisc "Englaland".

Perkembangan B. Inggris dibagi menjadi 4 era, yaitu B. Inggris kuno (old English), B. Inggris pertengahan (middle English), B. Inggris modern awal (early modern English) dan B. Inggris modern selesai (late modern English).

Old English dipakai antara tahun 450-1100 Masehi, ialah bahasa bawaan dari suku Anglo, Saxon dan Jute yang lalu dikembangkan di Inggris.
Pada tahun 1066 giliran Perancis yang menyerang dan berhasil menahlukan England sehingga banyak istilah terutama dalam bidang aturan dan bisnis diganti memakai bahasa Perancis. Pada masa itu juga terjadi perbedaan penerapan bahasa, dimana orang kalangan atas memakai bahasa Perancis dan kalangan bawah memakai bahasa Inggris, sampai pada sekitar tahun 1400 bahasa Inggris kembali mendominasi namun ada banyak penambahan kosa kata dari bahasa Perancis. Pada era kedua ini disebut middle English yang dipakai antara 1100-1500 Masehi.
Pada tahun 1500-1800 terjadi banyak perubahan pengucapan, penambahan kosa kata gres dan aturan tata bahasa yang jelas, ini terutama alasannya ialah imbas munculnya karya sastra Renaissance, ditemukannya mesin percetakan dan korelasi komunikasi antara orang Inggris dan luar sering terjadi. Era ketiga ini disebut early modern English. Pada era ini, tepatnya sekitar tahun 1604 ialah juga untuk pertama kalinya engkaus B. Inggris diterbitkan.
Pada tahun 1800- sekarang, yang disebut late modern English, kembali terjadi penambahan kosa kata baru- namun pengucapan tetap sama, hal ini alasannya ialah penjajahan yang dilakukan kerajaan Inggris ke negara-negara lain, sehingga banyak bahasa yang berasal dari negara coloni tersebut diserap ke B. Inggris, serta terjadinya revolusi industri dan perkembangan teknologi yang mengharuskan adanya istilah-istila baru.

Kenapa Bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa internasional?


Hal ini alasannya ialah kerajaan Inggris mempunyai kawasan jajahan yang paling luas, sampai seperempat potongan dunia pernah dikuasai, bahkan Amerika pun juga ialah bekas jajahan Inggris, karenanya orang-orang dari negara jajahan mereka sudah familiar dengan B. Inggris. Selain itu, Inggris ialah tempat pertama kali industrialisasi muncul dan berkembang, sehingga istilah-istilah dalam bidang industri banyak yang memakai B. Inggris. Karena kedua alasan tersebut, maka disahkan bahwa B. Inggris dipakai sebagai bahasa internasional.

Lihat juga:
LihatTutupKomentar