Rumus, Pola Kalimat Active Dan Passive Voice Present Continuous Tense Beserta Artinya

Berikut ini yaitu rumus dan pola kalimat aktif pasif (active-passive voice) lengkap dengan bentuk positive, negative, interrogative positive, interrogative negative dalam present continuous tense.

Rumus Positive


Rumus:
  • Active: S+ am/is/are+ (present participle (V1+ing)+ O
  • Passive: O+ am/is/are+ being+ verb 3+ by+ S

Notes:
  • To be "am" untuk subjek/objek I.
  • To be "is" untuk subjek/objek 3rd singular (she,he,it,Robert,etc).
  • To be "are" untuk subjek/objek 2nd person (you(engkau)), dan plural (they,we,you(kalian),many students,etc).
  • Bentuk passive selalu memakai verb 3.

misal active:
  • Now, I'm calling Robert (Sekarang saya sedang menelfon Robert)
  • Rena is sending a voice note to me (Rena sedang mengirim sebuah pesan bunyi ke aku)
  • They are climbing the mountain (Mereka sedang mendaki pegunungan itu)
  • The snake is eating an egg (Ular itu sedang memakan sebutir telur)
misal passive:
  • Robert is being called by me now (Robert sedang saya telfon sekarang)
  • A voice note is being sent by Rena to me (Sebuah pesan bunyi sedang dikirim Rena ke aku)
  • The mountain is being climbed by themselves (Gunung itu sedang mereka daki)
  • An egg is being eaten by the snake (Sebutir telur sedang dimakan ular itu)

Lihat juga:

Rumus Negative


Rumus:
  • Active: S+ am/is/are+ not+ (V1+ing)+ O
  • Passive: O+ am/is/are+ not+ being+ verb 3+ by+ S

misal active:
  • I ain't calling Robert now (Aku tidak sedang menelfon Robert sekarang)
  • Rena isn't sending a voice note to me (Rena tidak sedang mengirim sebuah pesan bunyi ke aku)
  • They aren't climbing the mountain (Mereka tidak sedang mendaki pegunungan itu)
  • The snake isn't eating an egg (Ular itu tidak sedang memakan sebutir telur)
misal passive:
  • Robert isn't being called by me now (Robert tidak sedang saya telfon sekarang)
  • A voice note isn't being sent by Rena to me (Sebuah pesan bunyi tidak sedang Rena kirimkan ke aku)
  • The mountain isn't being climbed by themselves (Gunung itu tidak sedang mereka daki)
  • An egg isn't being eaten by the snake (Sebutir telur tidak sedang dimakan ular itu)


Rumus Interrogative-Positive


Rumus:
  • Active: Am/is/are+ S+ (V1+ing)+ O
  • Passive: Am/is/are+ O+ being+ verb 3+ by+ S

misal active:
  • Am I calling Robert now? (Apakah saya sedang menelfon Robert sekarang?)
  • Is Rena sending a voice note to me? (Apakah Rena sedang mengirim sebuah pesan bunyi ke aku?)
  • Are they climbing the mountain? (Apakah mereka sedang mendaki pegunungan itu?)
  • Is the snake eating an egg? (Apakah ular itu sedang memakan sebutir telur?)
misal passive:
  • Is Robert being called by me? (Apakah Robert sedang saya telfon?)
  • Is a voice note being sent by Rena to me? (Apakah sebuah pesan bunyi sedang Rena kirimkan ke aku?)
  • Is the mountain being climbed by themselves? (Apakah pegunungan itu sedang mereka daki?)
  • Is an egg being eaten by the snake? (Apakah sebutir telur sedang dimakan ular itu?)

Rumus Interrogative-Negative


Rumus:
  • Active: Am/is/are+ not+ S+ (V1+ing)+ O
  • Passive: Am/is/are+ not+ O+ being+ verb 3+ by+ S

misal active:
  • Ain't I calling Robert? (Apakah saya tidak sedang menelfon Robert?)
  • Isn't Rena sending a voice note to me? (Apakah Rena tidak sedang mengirim sebuah pesan bunyi ke aku?)
  • Aren't they climbing the mountain? (Apakah mereka tidak sedang mendaki pegunungan itu?)
  • Isn't the snake eating an egg? (Apakah ular itu tidak sedang memakan sebutir telur?)
misal passive:
  • Isn't Robert being called by me? (Apakah Robert tidak sedang saya telfon?)
  • Isn't a voice note being sent by Rena to me? (Apakah sebuah pesan bunyi tidak sedang Rena kirimkan ke aku?)
  • Isn't the mountain being climbed by themselves? (Apakah pegunungan itu tidak sedang mereka daki?)
  • Isn't an egg being eaten by the snake? (Apakah sebutir telur tidak sedang ular itu makan?)

Penggunaan to be (am/is/are) tergantung pada subjek dan objek. To be sangat mungkin berubah saat bentuk kalimat dirubah dari akctive ke passive atau sebaliknya. Jika bentuk kalimatnya active, maka to be berdasar subjek, dan saat kalimatnya passive, maka to be berdasar objek. Ini menyerupai pada pola pertama dan ketiga di atas, dimana to be "am" bermetamorfosis "is" dan to be "are" bermetamorfosis "is". Di bawah ini saya tuliskan kembali pola di atas.
  • Active: I am calling Robert now (Aku sedang menelfon Robert sekarang)
  • Passive: Robert is being called by me now (Robert sedang saya telfon sekarang)
  • Active: They are climbing the mountain (Mereka sedang mendaki pegunungan itu)
  • Passive: The mountain is being climbed by themselves (Gunung itu sedang mereka daki)

Untuk kalimat active tanpa objek atau dikenal dengan istilah kalimat intransitive verb, dan passive tanpa subjek dapat dilihat misalnya sbb:

Active tanpa objek:
  • Utami is swimming in a lake (Utami sedang berenang di sebuah danau)
  • Indrayana is singing with her friends (Indrayana sedang bernyanyi dengan kawan-kawannya)
  • I'm walking on the sidewalk (Aku sedang berjalan di trotoar)
  • They are laughing together (Mereka sedang tertawa bersama)
  • I'm working to earn much money (Aku sedang bekerja untuk memperoleh banyak uang)
  • Ririn and her baby are sleeping in the living room (Ririn dan bayinya sedang pulas di ruang keluarga)
Passive tanpa subjek:
  • The file is being printed (File itu sedang dicetak)
  • Those videos are being downloaded (Video-Video itu sedang didownload)
  • The rubbishes are being burned (Sampah-sampah itu sedang dibakar)
  • The hospital is being built (Rumah sakit itu sedang dibangun)
  • I'm being punished (Aku sedang dihukum)
  • I'm being wanted (Aku sedang dicari)

Lihat juga rumus mulut dan nominal dari present continuous tense dengan click link ini:

Demikianlah klarifikasi wacana rumus active-passive voice dalam kalimat present continuous tense yang dapat saya sampaikan, agar bermanfaa.

Recommended:
LihatTutupKomentar