Penjelasan Question Tag Beserta Pola Penggunaan, Lengkap!!!

Question Tag ialah salah satu materi pembahasan yang sering diajarkan di sekolah-sekolah baik di tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun SMA. Sebenarnya, prinsip penerapan question tag juga ada dalam bahasa Indonesia dan kita sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari untuk menanyakan suatu kebenaran atau persetujuan. Namun, question tag dalam bahasa Inggris tentunya terdapat beberapa perbedaan-perbedaan. Nah, disini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan sebuah klarifikasi terkena apa itu question tag dan bagaimana cara menciptakannya di sini secara lengkap dengan disertai juga dengan contohnya. Semoga dari artikel ini, kawan-kawan sekalian sanggup mengerti apa itu question tag dan cara menciptakannya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!


 ialah salah satu materi pembahasan yang sering diajarkan di sekolah Penjelasan Question Tag beserta misal Penggunaan, LENGKAP!!!
Penjelasan Question Tag beserta misal Penggunaa, LENGKAP!!!

A. Apa itu Question Tag?

Question tag yaitu pertanyaan singkat yang sering terdapat pada simpulan sebuah kalimat dalam suatu percakapan, dan terkadang dalam goresan pena yang tidak remis atau informal writing yang digunakan untuk mengetahui atau mengecek bila sesuatu itu benar atau untuk meminta persetujuan (agreement). Perhatikan referensi diberikut:
  • That was a very good film, wasn't it? 

Pada referensi di atas, 'wasn't it?' ialah tag question yang dipakai untuk mengecek suatu kebenaran atau persetujuan bahwa film yang mereka tonton itu bagus. Kalau dalam bahasa Indonesia, kita biasanya memakai kata 'bukan?' yang berfungsi menyerupai question tag; 'Film tadi sangat bagus, bukan?'.

Questions tag dalam bentuk negatif menyerupai referensi di atas biasanya disingkat, tetapi dalam percakapan yang formal terkadang tidak disingkat.
  • That's the postman, isn't it? (informal)
  • You do take sugar in tea, don't you? (informal)
  • They promised to repay us within six months, did they not? (formal)

B. Membuat Question Tag

Sesudah melihat apa itu question tag, Nahh... kini kita lanjut pelajaran kita tentang bagaimana cara membuat question tag. Sebenarnya pembentukan questions tag tergantung jenis kalimat apa yang kita gunakan, apakah kalimat positive (affirmative sentence) ataukah kalimat negatif (negative sentence).

1. Affimative Sentence (kalimat positif)
 Jika kalimat yang kita gunakan yaitu kalimat kasatmata maka questions tag-nya haruslah negatif.
  • You're the new secertary, aren't you?
  • Tony can speak Frech, can't he?

2. Negative Sentence (kalimat negarif)
JIka kalimat yang kita gunakan yaitu kalimat negatif maka questions tag-nya haruslah positif.
  • You didn't speak to Luke, did you?
  • You're not the new secertary, are you?

Selain bisa dipakai di kalimat affrimative positive dan negarive, question tag juga bisa dipakai untuk kalimat Imperatives (kalimat perintah). Question tag yang dipakai untuk kalimat imperatives yaitu will/won't, would/wouldn't, can/can't, could/couldn't, misalnya:
  • Give me a hand, won't you?
  • Shut up, can't you?

C. Auxiliaries (kata kerja menolong)

Sesudah banyak kita melihat contoh-contoh question tag di atas, pastinya kita tahu bahwa questions tag terdari dari dua unusur yaitu auxiliaries dan pronoun dari subjeck. Ada bebeapa hal yang harus diketahui
terkena pemakaian auxiliaries tersebut.

1. Jika kalimat utama mengguanakan auxiliaries be (am, is, are), maka auxiliaries be tersebut ditulis kembali di questions tag.
  • You are Andi's uncle, aren't you?
  • She is your girl friend, isn't she?

Khusus untuk kalimat yang mengguankan auxiliary berbentuk "am", menyerupai pada kalimat "I am late", maka question tag untuk kalimat tersebut yaitu "I am late, aren't I?"

2. Non-auxiliaries be (can, would, will, etc.), sepertihalnya kalimat utama yang memakai auxiliaries be (am, is, are), questions tag apa non-auxiliaries be juga di tulis kembali di questions tag.
  • Sally can speak French, can't she?
  • You wouldn't like a puppy, would you?

3. Jika kalimat utama tidak mempunyai auxiliary, questions tag-nya berbentuk do dan bentuk perubahannya menyerupai does dan did.
  • You like orange, don't you?
  • She gives you a flower, doesn't she?
  • Harry gave you a kafetaria of choclate, didn't he?

D. Arti dan Intonasi Pada Question Tag

Dalam berbicara, kita sanggup mengatakan arti bantu-membantu dari question tag dengan intonasi. Jika question tag yang kita ucapkan ialah sebuah pertanyaan di mana kita ingin tahu sesuatu dan tidak yakin dengan jawabanan kita, kita memakai intonasi yang naik pada question tag.
  • The meeting's at four o'clock, isn't it? (intonasi naik)

Sedangkan bila question tag yang kita ucapkan bukan ialah sebuah pertanyaan di mana kita sudah yakin atas jawabananya, kita memakai intonasi yang turun pada question tag.
  • It's a beautiful day, isn't it? (intonasi turun)

BACA JUGA:
- Auxiliary Verbs
- Modal Auxiliary

Semoga artikel grammar di atas tentang penjelasan Questions Tag bisa bermanfaa dan bisa memmenolong kawan-kawan sekalian dalam berguru Bahasa Inggris. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi klarifikasi dari artikel di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel di atas ke kawan-kawan lainnya juga ya. Terima kasih… ^^English is Fun^^
LihatTutupKomentar