Ilustrasi Grammar-Translation Method

Ilustrasi Grammar-translation Method - Untuk memperkuat pemahaman dalam memahami Grammar-translation Method, penulis hadirkan sebuah ilustrasi keadaan kelas bahasa yang memakai GTM sebagai metodenya. Berikut ini ialah ilustrasi singkatnya.

Pelajaran dimulai dengan sapaan dari guru kepada siswa, yang dilanjutkan dengan warm up wacana bahan yang akan diajarkan. Selanjutnya masing-masing siswa diminta untuk membaca sebuah teks bacaan bahasa Inggris yang lalu diminta untuk menterjemahkannya.

Sesudah siswa selesai membaca dan menterjemahkanya, guru mempersembahkan sebuah peluang kepada siswa untuk menanyakan wacana hal-hal yang belum diketahui terkena teks bacaan tersebut. Jika ada yang bertanya terkena sebuah makna dari Vocabulay baru, guru menjawaban atau menerangkannya dengan memakai bahasa aslinya (native language).

Jika sudah tidak ada pertanyaan lagi, siswa diminta untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan wacana teks bacaan tersebut dalam bahasa Inggris. Guru juga sanggup menambahkan pertanyaan yang menanyakan pendapat pembaca terkena teks bacaan ibarat 'Apa pendapat engkau wacana ....' atau 'Apakah engkau pernah ....'


Sesudah batas waktu berakhir, guru menyelidiki pekerjaan siswa. Beberapa siswa diminta untuk membaca dan menjawaban pertanyaan. Jika jawabanannya benar, guru meminta siswa lain untuk melanjutkannya. Tetapi bila jawabanannya salah, guru menentukan siswa lain untuk menjawabannya atau menjawabannya sendiri.

Aktifitas selanjutnya, guru pertanda unsur grammar yang ada di teks bacaan tersebut. Misalkan teks yang dibaca meliputi unsur grammar wacana past tense, guru pertanda dan pertanda apa itu past tense, bagaimana cara membuat kalimat past tense, ciri-cirinya dan di perkuat dengan contoh.

Selanjutnya, siswa diminta untuk memakai peraturan grammar yang sudah dipelajari dengan membuat beberapa kalimat yang serupa dengan teladan yang didiberikan oleh guru tapi tidak sama kata atau diksi. Misalkan guru mempersembahkan teladan penerapan past tense ibarat ini 'I went to the supermarket last night', lalu siswa menggantinya dengan 'I went to the hospital last night'.

Sebagai penutup, siswa didiberikan beberapa soal terkena vocabulay dan penerapan peratuaran grammar yang gres dipelajari. Soal didiberikan dengan bentuk tulis untuk mengukur kepahaman siswa terhadap bahan yang didiberikan.
LihatTutupKomentar