Apa Itu Preposition? Pengertian & Jenis-Jenis

PREPOSITION Dalam berguru bahasa Inggris, khususnya grammar, kita mengal istilah 'Parts of Speech'. Parts of Speech ialah bagian-bagian pembentuk kalimat, phrase, atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis. Kita tentunya masih ingat dengan artikel Apa itu Parts of Speech' bukan? (Jika belum, baca di sini). Ada beberapa jenis parts of speech; Nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjuctions, prepositions, dan pronouns. Nah, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris mencoba mengulas apa itu preposition. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Preposition

Sepertihalnya conjuction, preposition (atau dalam bahasa Indonesia disebut Kata Depan) ialah jenis kata penghubung. Conjunction dipakai menghubungkan kata/phrasa/klausa dengan sifat menambahkan, kontras, pilihan, dan sebab-akibat (BACA: Apa itu Conjuction?). Preposition juga dipakai untuk menghubungkan kata. Letak perbedaannya yakni preposition dipakai untuk menghubungkan antara noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) dengan jenis kata lainnya yang terbatas spesialuntuk untuk mendeskripsikan hubungan kawasan (time) dan waktu (time). Jadi, sanggup disimpulkan Preposition yakni salah satu jenis Parts of Speech yang dipakai untuk menghubungkan antara nouns (kata benda) atau pronouns (kata ganti) dengan kata lainnya dalam satu kalimat untuk menggambarkan kawasan (place) dan waktu (time).

Untuk lebih jelasnya, perhatikan pola diberikut!

  1. The cat was under the chair. (Kucing itu ada di bawah kursi.)
  2. We only stay here for a month. (Kita spesialuntuk tinggal di sini untuk satu bulan.)
  3. I sat beside her. (Saya duduk disampingnya.)

Dari pola no. 1 kita sanggup melihat preposition 'under' menghubungkan kata benda 'the chair' dengan kata lain dalam satu kalimat untuk menggambarkan keterangan posisi atau tempat. Di pola no. 2 kita sanggup melihat preposition 'for' yang menghubungkan antara kata benda 'a month' dengan sisa kalimat tersebut untuk mendeskripsikan keterangan waktu.

B. Jenis-jenis Preposition

Secara garis besar, terdapat dua jenis preposition; common and compound.

Common preposition ialah jenis preposition yang terdiri dari satu kata. Beberapa dari jenis preposition ini yakni sebagai diberikut:

 atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis Apa itu Preposition? Pengertian & Jenis-jenis

Compound preposition yakni beberapa kata (2-3 kata) yang tergabung menjadi satu dan berfungsi sebagai preposition. Berikut yakni beberapa contohnya:

 atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis Apa itu Preposition? Pengertian & Jenis-jenis

C. Masalah dalam Belajar Preposition

Bagi English foreign language learner menyerupai kita, berguru preposition ialah hal yang tergolong susah. Kenapa? Pertama, satu preposition sanggup dipakai dalam beberapa fungsi, misalkan saja preposition 'at'. Preposition 'at' sanggup dipakai untuk menggambarkan waktu dan tempat. Kedua, beberapa preposition juga mempunyai fungsi yang hampir sama dan susah dibedakan, contohnya antara preposition in, on, dan at (in the morning, on Monday morning, at nigt). Ketiga, banyak nouns, verbs, dan adjectives yang memakai preposition tertentu saja, misalnya; reason for, arrive at, angry with, dan lain sebagainya (bisa dilihat di engkaus).

Demikian klarifikasi wacana Apa itu Preposition, supaya sanggup bermanfaa dan menambah pengetahuan pembaca sekalian wacana Grammar Bahasa Inggris. Apabila dari klarifikasi di atas terdapat suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa bagikan (share) artikel ini ke kawan-kawan lainnya juga ya. Terima kasih banyak...
LihatTutupKomentar