Menulis Business Letter (Surat Bisnis Bahasa Inggris)

Menulis Business Letter (Surat bisnis bahasa Inggris) - Pada peluang kali ini, penulis menampilkan bagai mana menulis surat bisnis (Business Letter) dalam bahasa Inggris.

Tujuan dari sebuah Business Letter
Business Letter yaitu jenis surat resmi (formal letter) yang berfungsi sebagai cara berkomunikasi antara dua atau lebih perusahaan. Terdapat banyak perbedaan penerapan dalam Business Letter. Business Letter sanggup bersifat memberikan gosip (informational), bujukan (persuasive), motivasi (motivational), atau promosi (promotional). Business Letter harus diketik dan diprint-out pada kertas putih standard berukuran 8,5 x 11.

Unsur-unsur dari sebuah surat yang baik
Unsur terpenting dari menulis surat yang baik yaitu kemampuan penulis mengindentifikasi untuk siapa surat itu ditujukan. Jika penulis mengrimkan suratnya ke departement sumberdaya manusia, hindari penerapan istilah-istilah tehnik tinggi yang spesialuntuk makenik yang bisa memahaminya.

Unsur selanjutnya yaitu yakinkan bahwa tujuan yang dari penulisan surat haruslah terang dan ringkas. Jangan buat tujuan dari surat tersebut tidak jelas, kebanyakan orang menulis surat dengan unsur yang tidak diharapkan secara ditail, seharusnya surat ditulis spesialuntuk denga point yang akan disampaikan tanpa adanya basa-basi yang terlalu.

Unsur penting yang lainnya yaitu bersikap prefossional dalam penulisan surat, perilaku prefossional disini bermakna sopan, halus, hindari bahaya dan fitnah, tempatkan persoalan dengan gosip yang relevan bahkan bila itu yaitu surat keluhan.

Untuk lebih jelasnya, lihat Format Penulisan Business Letter (Surat Bisnis Bahasa Inggris) dan misal Business Letter (Surat Bisnis Bahasa Inggris).

Lihat juga artikel lain yang berkaitan dengan Surat Bahasa Inggris.
LihatTutupKomentar