Contoh Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sd, Smp, Dan Sma


misal Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD misal Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD, SMP, dan SMA
Teknik simpel berguru bahasa Inggris - Secara khusus, kami akan mempersembahkan beberapa pola media pembelajaran bahasa Inggris SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas plus metode penerapanya. Di kurun pembelajaran bahasa Inggris modern ini, sudah seharusnya seorang guru keluar dari kebiasaan usang dimana mereka mengajar tanpa memakai media. Bahasa Inggris remaja ini sudah sedemikian diperlukan, sehingga seorang siswa haruslah mencapai kemampuan berbahasa yang baik. Kendati demikian, prestasi tersebut akan sangat susah dicapai apabila guru masih memakai cara yang sama ibarat 5 atau 10 tahun yang lalu.

Dahulu, mungkin kita masih bisa mentoleransi kemampuan berbahasa Inggris siswa SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas yang begitu rendah. Namun, dikala ini tiruana sudah tidak sama. Seorang siswa akan sangat simpel menjumpai bahasa Inggris di lingkungan sekitarnya, dan apabila mereka tidak didiberikan sistem pengajaran yang tepat, maka kemampuan mereka sangat jelek serta tertinggal. Ketertinggalan tersebut tentu saja berdampak pribadi dengan kemajuan bangsa alasannya yaitu bahasa Inggris yaitu kunci menuju dunia Internasional.

Kami mencoba menuangkan wangsit dengan cara mempersembahkan metode pengajaran memakai media pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas untuk Anda para guru.


Media pembelajaran bahasa Inggris SD – Gambar ekspresi wajah


Salah satu pola media pembelajaran bahasa Inggris SD yaitu dengan memakai bermacam-macam gambar ekspresi seseorang. Anda menyiapkan banyak gambar kartun yang mempersembahkan ekspresi wajah seseorang dalam kesehariannya. Misalkan, Anda memiliki 5 gambar wajah dimana masing-masing menampilkan ekspresi senyum, tawa, tangis, cemberut, dan marah.

Pada tahap pertama, ambillah sebuah gambar yang mempersembahkan ekspresi senyum, kemudian taruh gambar tersebut di dada Anda dan katakan “smile”, kemudian perintahkan siswa Anda untuk menyampaikan hal yang sama yaitu “smile”. Pada tahap selanjutnya, ambillah gambar dengan ekspresi tertawa dan taruh di dada Anda sembari menyampaikan “laugh”. Berikan kode kepada para siswa untuk mengikutinya. Kemudian, lakukan hal tersebut kepada gambar ekspresi lainnya.

Sesudah Anda mencoba dengan kata-kata yang Anda contohkan, beralihlah untuk membuat mereka hafal. Namun tidakboleh diberikan sebuah catatan terlebih lampau. Biarkan mereka berpikir untuk menghafal setiap ekspresi yang ada di gambar tersebut. Sesudah mereka hafal, barulah Anda mempersembahkan sebuah catatan khusus untuk kelima ekspresi tersebut.

Sejatinya metode yang ada di atas, ialah sebuah metode yang disesuaikan dari Audio Lingual Method. Anak bukan diajarkan untuk mengetahui kosakata secara langsung, tetapi ia menjadi seseorang yang memiliki nalar bahwa orang senyum yaitu “smile” dan orang yang sedang tertawa yaitu “laugh”. Mereka berpikir dengan cara menghubungkan ekspresi dengan kosakata bahasa Inggris.

Selain gambar ekspresi, Anda juga bisa mempersembahkan kosakata lain contohnya dari kartu hewan dan buah-buahan. Tetapi ingat satu hal bahwa tidakboleh doloe diberi goresan pena untuk dibaca oleh mereka. Biarkan siswa Anda berpikir secara lebih keras dalam rangka membangun nalar berbahasa.


Media pembelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama – Sepotong penggaris


misal media pembelajaran Sekolah Menengah Pertama yaitu dengan memakai sepotong penggaris. Hanya penggaris? Ya tentu saja. Kami yakin bahwa dengan sepotong penggaris, maka seorang guru bisa menunjukan sampai ke bahan yang sangat susah sekalipun. Bagaimana detail penerapan penggaris tersebut? Kita lihat klarifikasi media pembelajaran bahasa Inggris diberikut ini.

Kali ini, buat anakdidik atau siswa Anda berguru terkena pronoun. Pertama, ambil sebuah penggaris dan letakkan di dada Anda. kemudian katakan “I have a ruler”, serta perintahkan tiruana siswa Anda untuk melaksanakan hal tersebut sembari berkata “I have a ruler”. Berikan kode kepada seorang siswa perempuan untuk mengambil sebuah penggaris dan Anda berkata “she has a ruler”.

Perintahkan lagi tiruana siswa untuk menyampaikan hal yang sama. Tahap selanjutnya, diberikan kode kepada seorang siswa laki-laki untuk mengambil penggaris, kemudian Anda berkata “He has a ruler”. Berikan perintah kepada seluruh siswa untuk mengucapkan kalimat tersebut.

Ulangi metode itu sampai siswa Anda bisa membedakan bahwa laki-laki berarti He dan perempuan berarti She. Kemudian lanjutkan memakai metode tadi sampai mereka juga mengetahui arti dari they, you, it, her, his, our, his, her, them, us, sampai kata ganti kepemilikan.

melaluiataubersamaini sepotong penggaris, Anda bisa membuat nalar bagi setiap siswa biar mereka bisa berpikir bahwa He yaitu pria, She yaitu wanita, dan seterusnya. Teknik yang kami jabarkan di atas ialah penyesuaian dari sebuah metode Total physical response. Sangat simpel bukan? Cukup dengan sepotong penggaris.


Media pembelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas – Laptop/ MP3 Player/Tape Recorder


misal media pembelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas yaitu dengan memakai laptop, MP3 Player, atau Tape Recorder. Milikilah salah satu dari ketiga alat elektronik tersebut untuk dipakai dalam pelajaran mendengarkan atau listening.

Pada fase SMA, seorang siswa harus didiberikan bahan terkena bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang orisinil dari Negara Amerika atau Inggris itu sendiri. Biarkan mereka berguru terkena aksen sebuah bahasa dan bagaimana mengenali kata kalau yang sebut yaitu orang-orang orisinil dari Negara asal bahasa Inggris tersebut.

Untuk membuat siswa Anda lebih nyaman, maka perdengarkanlah lampau lagu-lagu bahasa Inggris. Kemudian, gres Anda putar dialog-dialog pendek yang diisi oleh native speakers atau pembicara asli.  

Itulah contoh metode pembelajaran bahasa Inggris SD, SMP, dan SMA yang kami jabarkan melalui uraian singkat. Semoga bisa memmenolong Anda, khususnya para guru Indonesia. 
LihatTutupKomentar