Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)

Surat Resmi Bahasa Inggris Surat ialah salah satu media kumunikasi yang bertujuan memberikan warta terkena sesuatu kepada pihak/instansi/orang lain melalui media kertas. Terdapat juga media surat lainnya yaitu dengan melalui internet atau yang sering kita kenal dengan email (surat elektronik). Surat mempunyai aneka macam jenis namun pada dasarnya ada dua macam; yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Nah, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan klarifikasi tentang Surat Resmi dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 Surat ialah salah satu media kumunikasi yang bertujuan memberikan warta mengena Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)
Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)

A. Pengertian Surat Resmi Bahasa Inggris

Secara sederhana, surat resmi sanggup diartikan sebagai surat yang dipakai untuk memberikan warta yang bersifat resmi kepada suatu instansi, perusahaan, maupun perseorangan. Surat resmi dibentuk dengan tujuan untuk memberikan infromasi yang bersifat formal kepada suatu instansi, perusahaan, maupun perseorangan.

B. Fungsi Surat Resmi Bahasa Inggris

Surat resmi biasanya dipakai untuk beberapa keperluan, antara lain sebagai diberikut:
1. Untuk melamar pekerjaan
2. Untuk mempersembahkan komplain
3. Untuk memesan barang
4. Untuk meminta sesuatu; pertemuan .
5. Untuk meminta informasi
6. Untuk mengundang seseorang

C. Format Penulisan Surat Resmi Bahasa Inggris

Untuk format penulisan surat resmi bahasa Inggris, perhatikan gambar diberikut:

 Surat ialah salah satu media kumunikasi yang bertujuan memberikan warta mengena Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)
Format Penulisan Surat Resmi Bahasa Inggris

Umumnya, Surat resmi memakai format menyerupai tertera pada gambar di atas. Dimana:

1. Your Address (Alamat Penulis)
Ini ialah bab alamat penulis. Penerima sanggup lebih muda untuk menemukan alamt penulis kalau mengirim surat balasan.

2. Date (Tanggal) 
Ini ialah bab tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal ialah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012

3. Inside Address (Alamat Tujuan)
Bagian ini meliputi nama peneriam surat (perusahaan atau perseorangan) dengan disertai alamatnya. 

4. Salutation (Salam Pembuka)
Dalam bab ini, istilah yang dipakai ialah “Dear Mr./Mrs./Ms. (nama terakhir peneriam)”, misalkan “Dear Mr. Fathoni”. Tetapi kalau nama penerimanya tidak dikethui, tulis nama departementnya, misalkan “Dear Director of Department of Human Resource”. Beri jarak antara salam pembuka dengan isi.

5. Body (Isi Surat)
Isi surat ialah daerah dimana engkau menuliskan hal yang ingin disampaikan. Paragraph di isi surat harus memakai spasi tunggal (single space) dan tanpa adanya jarak pemisah antara masing-masing paragrap. Beri jarak antara bab selesai isi dengan penutup.

Isi surat biasanya terdiri dari tiga paragraf, yang tiap-tiap paragrafnya mempunyai fungsi masing-masing.
  • Paragraf 1 (paragraf pembuka) bisanya meliputi dengan alasan mengapa engkau menulis surat resmi tersebut.
  • Paragraf 2 (paragraf isi) meliputi tentang poin utama dari surat tersebut.
  • Paragraf 3 (Paragraf penutup) meliputi tentang ucapan terima kasih.


6.  Closing (Penutup)
Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda sudah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebaginya. Catat, Terdapat sebuah koma di selesai epilog dan spesialuntuk abjad pertama yang memakai abjad kapital. Beri jarak 3-4 baris antara epilog dengan nama, yang nantinya diguankan untuk daerah tanda tangan.

7. Signature (Tanda Tangan)
Bagian ini ialah tanda tangan penulis, biasanya mengunakan tinta warna hitam atu biru.

8. Printed Name (Nama Pengirim)
Bagian ini ialah nama penulis surat tersebut, dan kalau anda menginginkan, anda sanggup mempersembahkan jabatan atau posisi dibagian bahwah setelah penulisan nama. Beri jarak antara penulisan nama dengan lampiran.

BACA JUGA:

Demikian klarifikasi tentang Surat Resmi Bahasa Inggris (Business Letter) baik dari segi penulisan, tujuan, fungsi, dan format penulisan. Semoga dari apa yang dijelaskan di atas sanggup bermanfaa dan berkhasiat bagi pengunjung sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi klarifikasi dari artikel ini, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke lainnya juga ya. Terima kasih...
LihatTutupKomentar