Surat Langsung Dalam Bahasa Inggris: Klarifikasi & Contoh

Surat Pribadi Bahasa Inggris Surat secara umum dibagi menjadi dua, yaitu surat resmi (surat bisnis) dan surat langsung (surat tidak resmi). Sesudah pada peluang sebelumnya kita sudah membas secara rinci wacana apa itu surat resmi, baik format penulisan dan contohnya, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan klarifikasi wacana surat langsung dalam bahasa Inggris. Pada klarifikasi diberikut akan dibahas wacana pengertian, ciri-ciri, format surat, dan teladan surat langsung dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 Sesudah pada peluang sebelumnya kita sudah membas secara rinci wacana apa itu surat r Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan & misal
Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan & misal

A. Apa itu Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris?

Surat langsung sanggup diartikan sebuah cara berkomunikasi antara dua orang atau lebih yang sudah mengenal erat satu sama lain yang biasanya memakai media kertas dengan goresan pena tangan atau print-out. 

B. Ciri-ciri Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa ciri yang membedakan surat langsung dalam bahasa Inggris dengan surat lain yang sifatnya formal. Ciri-ciri surat langsung dalam bahasa Inggris antara lain:

  • Surat langsung ditujukan untuk orang yang kita ketahui; keluarga, kawan, kerabat, kolega, dan lain sebagainya.
  • Surat langsung harusnya bersifat pribadi, artinya memakai bahasa yang cenderung santai dan tidak kaku.
  • Surat langsung biasanya terdiri dari topik-topik yang mengulas wacana duduk kasus pada tingkat personal atau pribadi, seperti; memdiberi kabar, menanyakan kabar, dan lain sebagainya.
  • Walaupun bersifat pribadi, surat langsung dalam bahasa Inggris juga terikat format penulisan sepertihalnya pada jenis surat lainnya.


C. Format dan misal Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Untuk menulis surat langsung dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, diberikut yakni format surat langsung dalam bahasa Inggris dan penjelasannya. Perhatikan gambar diberikut sebagai salah satu teladan surat langsung bahasa Inggris!

 Sesudah pada peluang sebelumnya kita sudah membas secara rinci wacana apa itu surat r Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan & misal
Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan & misal

Dalam format surat pribadi; alamat dan tanggal berada di sisi kanan dari kertas (seberapa jauh letak dan posisinya itu terserah, asalkan kepala surta dan epilog sejajar, gunakan ketentuan engkau sendiri dan yakinkan untuk telihat rapih.


  1. Your Address atau alamat pengirim, yang diharapkan pada baris ini yakni nama dan nomor alamat pengirim di baris pertama, nama kota dan nomor isyarat pos di baris ke-dua. 
  2. The Date. Letakan tanggal sejajar di bawah baris alamat pengirim, gunakan format penulisan tanggal Day-Month-Year misalkan 16th Novemver  2011. Beri satu baris jarak pemisah antara tanggal dan salutation (salam pembuka/opening greeting). 
  3. Salutation atau salam pembuka biasanya dimulai dengan penulisan Dear + nama penerima. Catatan: terdapat tanda koma pada selesai salam pembuka.
  4. Body atau badan surat yakni daerah dimana engkau menuliskan isi surat; paragraph harus berspasi tunggal dengan didiberi satu baris jarak pemisah antar paragraph. Dan diberi dua baris jarak pemisah antara selesai dari isi surat dengan penutup.
  5. Closing. Dalam Friendly Letter, biasanya ditutup denga Sincerely, Sincerely yours, Thank you, Love, dan lain sebagaina. Catatan: terdapat tanda koma sehabis selesai dari epilog dan spesialuntuk aksara pertama dari kata pertama saja yang dikapitalkan.
  6. Signature. Biasanya tanda tangan memakai tinta hitam dan biru. Beri satu baris jarak peisah sehabis tanda tanga dan P.S.

Demikian klarifikasi wacana Surat Pribadi Bahasa Inggris baik cara menulis dan contohnya. Semoga sanggup bermanfaa dan berkhasiat bagi kawan-kawan sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke kawan-kawan lainnya juga ya. Terima kasih…
LihatTutupKomentar