Rumus Tenses Yang Verb-Nya Suka Berubah Mengikuti Subjek Dan Objek

Teman, di postingan kali ini saya akan mengulas wacana rumus-rumus tenses yang verb alias kata kerjanya berubah menyesuaikan dengan subjek atau objeknya. Ini yakni pengetahuan dasar yang perlu kalian mengerti sebelum kalian mulai menghafal rumus tenses satu persatu. melaluiataubersamaini mengerti konsep menyerupai ini, tujuan saya yakni semoga kalian lebih cepat menghafal dan memahami rumus tenses.

Ketika mencar ilmu rumus tenses baik yang lisan nominal maupun yang active passive voice kalian pastinya akan menjumpai beberapa tenses dengan rumus yang disertai keterangan menyerupai pada teladan rumus present perfect tense diberikut ini:
  • Have untuk 1st person, 2nd person dan plural
  • Has untuk 3rd person
Namun pada kenyataannya tidak tiruana tenses mempunyai hukum penerapan verb menyerupai itu. Dari 16 tenses, spesialuntuk ada beberapa saja yang verb-nya berubah kalau subjek atau objek-nya berubah, sedangkan yang lainnya tidak.

Lalu. Tenses apa saja itu??? Yuk eksklusif kita simak klarifikasi di bawah ini:


Sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu 1st person, 2nd person dan 3rd person yang dapat kalian lihat klik di sini serta mengetahui kalau jumlah tenses itu ada 16 buah, 8 yakni bentuk present dan 8 lainnya bentuk past. Ini juga tolong diingat ya :)

Dari 16 tenses tersebut sebetulnya spesialuntuk ada 6 yang verb-nya suka berubah. Tapi rumusnya tidak saya tuliskan di sini ya, sebab postingan ini spesialuntuk untuk mengatakan tenses apa saja yang verb-nya berubah, dan biar nggak kepantidakboleh ngejelasinnya. Sebagai gantinya, kalian dapat eksklusif mengklik nama tenses di bawah ini dan melihat rumus beserta keterangannya yang sudah saya jelaskan di sana.

Rumus tenses yang verb-nya berubah mengikuti subjek atau objeknya (tidakboleh lupa dibaca juga yang rumus active passive voice nya ya):
1. simple present tense
2. present continuous tense
3. simple past tense
4. past continuous tense
5. present perfect tense
6. present perfect continuous tense

Notes: Pada 2 rumus tenses lain, yaitu simple future tense dan past future tense akan ada 2 rumus, yaitu dengan memakai will dan be going to. Untuk be going to penerapan verb-nya juga mengikuti perubahan subjeknya sebab rumus hampir sama dengan present atau past continuous tense. Kenapa harus pakai will? kenapa harus pakai be going to? silahkan dilihat perbedaannya di link ini:
rumus will dan be going to biar smakin paham.

Demikianlah rumus-rumus tenses yang verb-nya suka berubah mengikuti subjek dan objeknya. Semoga klarifikasi ini bermanfaa untuk mengawali mencar ilmu kalian. Jangan lupa untuk membaca related articles diberikut untuk mempercepat mencar ilmu kalian:
tips menghafal 16 tenses ekonomis waktu 50%
perbedaan linking verb dan auxiliary verb
5 pola unik irregular verb yang tak disadari pembelajar
LihatTutupKomentar