Relative Pronouns: Pengertian, Penjelasan, & Contoh

Relative Pronoun  Pernahkah teman bersahabat mendengar dan mengulas salah satu jenis pronoun (kata ganti) ini. Sesudah berhasil menuntaskan beberapa artikel terkena pronoun, pada peluang kali ini, Pintar Bahasa Inggris akan mencoba untuk melengkapinya dengan mengulas Relative Pronouns. Bagi mitra yang sudah mengijak jenjang pendidikan menengah keatas, pastinya sudah lumanyan sering mendengarkan istilah Relative Pronouns. Tapi apa itu Relative Pronoun? Semoga bermanfaa. Check this out yoo!!!

Sebelum mengulas apa itu relative pronouns, jenis, dan pola penerapanya, mari kita lihat pola di bawah ini:
a. He has got a new girlfriend who works in a garage.
b. This is Mr. Rogers whom you met last year.
c. I saw a girl whose hair came down to her waist.
d. This is the key that opens the garage.
e. I foget most of the films which I see.

A. Apa itu Relative Pronouns

Jika kita perhatikan, klausa sehabis 'who', 'whom', 'whose', 'which' dan 'that' selalu menandakan atau mendeskripsikan Noun (kata benda) di klausa sebelumnya. Seperti pada pola a. di mana klausa 'who works at a garage' menandakan atau mendeskripsikan 'a new girlfriend' yang ialah noun (kata benda) di klausa sebelumnya. Yup, memang itu lah relative pronoun. Relative pronouns yakni klausa yang diawali oleh kata tanya (who, which, where, dsb.) yang dipakai untuk menerangkan, memdiberi gosip lebih atau mendeskripsikan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti).

Pernahkah teman bersahabat mendengar dan mengulas salah satu jenis pronoun  Relative Pronouns: Pengertian, Penjelasan, & misal
Relative Pronouns: Pengertian, Penjelasan, & misal | https://duniainformasisemasa346.blogspot.com/

B. Jenis Relative Pronouns

Ke lima pola di atas mewakili lima dari beberapa jenis Relative Pronoun yaitu 'who', 'whom', 'whose', 'which' dan 'that'. Ke lima jenis relative pronoun tersebut akan penulis jelaskan di bawah ini:

1. Who

Who ialah jenis relative pronoun yang dipakai untuk menerangkan, memdiberi gosip atau mendeskripsikan ORANG yang terdapat di klausa sebelumnya. Seperti pada pola a. di mana 'who works in a garage' menandakan 'a new girlfriend'. Who sanggup dipakai untuk sebagai subject atau object.

Coba kita perhatikan lagi pola a. di atas. Sebenarnya kalimat 'He has got a new grilfriend who works in a garage' mulanya terdiri dari dua kalimat, yaitu:

He has got a new grilfriend.
[She] works in a garage.

Kemudian kedua kalimat tersebut digabungkan dengan mengganti subject kalimat kedua (she) dengan 'who'. Pada kasus ini posisi who berupa subject yang menggantikan posisi subject sebelumnya, she. Relative pronoun who sebagai subject selalu menggantikan subject menyerupai she, he, they, we, dll.

Sedangkan pada pola kalimat ini 'His girlfriend who I met yesterday is on vacation.' yang sebetulnya terdiri dari dua kalimat tidak sama yaitu:

His girlfriend is on vacation.
I met [her] last night.

Menjelaskan posisi who sebagai object sebab mengganti posisi object pada kalimat kedua (her) dengan menabahkan gosip 'is on vacation'. Relative pronoun who sebagai object selalu menggantikan object menyerupai his, her, them, you, dll.

2. Whom

Sebenarnya penerapan whom tidak biasa dalam komunikasi sehari-hari dan lebih condong ke infromal. Tapi tidak ada salahnya bila kita tahu dan menggunakannya dalam komunikasi kita. Whom sebetulnya alternatif dari penerapan who sebagai object. Perhatikan pola di bawah ini:

His girlfriend who I met last night is on vacation.
His girlfriend whom I met last night is on vacation.

Makna dari kedua pola di atas sebetulnya sama. Tetapi penerapan who pada pola pertama lebih biasa dan formal sedangkan whom pada kalimat kedua tidak biasa dipakai dan informal.

3. Whose

Jika who dan whom menggantikan subject (she, he, they, dll) dan object (her, his, their, dll), relative pronoun 'whose' menggantikan possesive pronouns (her, his, your, their, dll). Coba kita perhatikan pola c. di atas 'I saw a girl whose hair came down to her waist.' sebetulnya terdiri dari dua kalimat yaitu:

I saw a girl.
[Her] hair came down to her waist.

Relative pronoun 'whose' beperan menggambungkan kedua kalimat tersebut dengan menggantikan fungsi possesion (kepemilikan) dari possesive pronoun (my) dengan 'whose'.

4. That/ Whcih

Relative pronoun That/ Which dipakai untuk menggantikan benda pada relative clause. Seperti pada pola d. dan e. di atas:

This is the key.
[The key] opens the garage. 
Menjadi :
This is the key that opens the garage.

I forget most of the films.
I see [films].
Menjadi :
I forget most of the films which I see.

5. Where/When/Why


Selain kelima realtive pronoun di atas, terdapat pula tiga jenis lain yaitu Where, When dan Why. Where dan When sanggup menandakan relative clauses sehabis noun (kata kerja) yang merujuk pada daerah dan waktu. Seperti pada pola diberikut:

I live in a town.
[There]I was born.
Menjadi :
I live in a town where I was born.
 
I will never forget the day.
[The day] I first meet you. 
Menjadi :
I will never forget the day when I first met you.

Sedangkan relative pronoun why dipakai untuk untuk alasan. misal:
 
I know ther reason.
[The reason] you love her. 
Menjadi :
I know the reason why you love her.

BACA JUGA:

- Pengertian dan Jenis-jenis Pronouns
- Personal Pronouns
- Demonstrative Pronouns

Semoga klarifikasi di atas perihal Relative Pronoun sanggup berkhasiat bagi kawan-kawan tiruana. Jika mitra menemukan suatu kesalahan baik goresan pena maupun isi, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya ke kawan-kawan lainnya. Terima kasih. ^^English is Fun^^
LihatTutupKomentar