Preposition: Instead Of (Penggunaan & Contoh)

Preposition Instead of sepertiyang dijelaskan di artikel sebelumnya tentang apa itu preposition (Baca di sini), terdapat dua jenis preposition; common dan compound preposition. Nah, pada peluang kali ini Belajar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan klarifikasi salah satu compound preposition yaitu instead of baik penerapanny maupun perbedaanya dengan without. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 sepertiyang dijelaskan di artikel sebelumnya tentang apa itu preposition  Preposition: Instead Of (Penggunaan & misal)
Preposition: Instead Of (Penggunaan & misal) | belajarbahasainggris.us

A. Penggunaan Instead of

Instead of dipakai dikala orang/benda/tindakan digantikan dengan yang lainnya. Instead of diterjemahkan dalam bahasa Inggris biasanya dengan padaan 'dari pada'. Perhatikan contoh-contoh diberikut ini:
  1. Can you work with Budi instead of me today, please? (Bisakah engkau bekerja dengan Budi daripada saya hari ini, ku mohon?)
  2. I will have tea instead of coffee, please. (Saya akan minta teh daripada kopi, ku mohon.)
  3. I stayed in bed all day instead of going to work. (Saya pulasan seharian alih-alih pergi bekerja.)

Dari pola di atas kita sanggup lihat penerapan preposition instead of yang dipakai untuk menggantikan orang/benda/tindakan pada pola 1/2/3 di atas.

B. Instead of atau Without?

Ada yang sering keliru dalam memakai instead of dengan without. sepertiyang diketahui, instead of dipakai dikala menggantikan orang/benda/tindakan dengan lainnya. Sedagnkan without dipakai untuk mengungkapan suatu orang/benda/tindakan tidak bersama dengan yang lainnya. Bandingkan contoh-contoh diberikut

Instead of
  1. My father was invited to the reception, but he was ill. So my brother went instead of him. 
  2. Rani often goes swimming instead of going to school.

Without
  1. My father and my brother were invited, but my father was ill. So my brother went without him.
  2. Rani often goes swimming without telling her mother.


Bandingkan pola pertama. misal penerapan Instead of terperinci bahwa my brother menggantikan my father dalam menghadiri respesi. Artinya, spesialuntuk satu orang yang diundang di resepesi. Bandingkan dengan pola penerapan without di kolom diberikutnya. My father dan my brother sudah sedari awal diundang ke resepsi, namun pada perjalannya spesialuntuk my brother yang sanggup hadir. Makara my brother tidak mengantikan my father pada pola penerapan without tersebut.

C. Instead of vs. Instead

Instead (tanpa of) ternyata ialah adverb (kata keterangan). Instead sering dipakai di awal atau di final klausa. Instead dipakai untuk menggantikan kalimat/klasua/phrasa/kata yang disebutkan sebelumnya. Perhatikan pola diberikut:
  1. Lanny didn't go to Bandung after all. Instead, she went to Jogjakarta. (Lanny tidak pergi ke Bandung. Malahan, ia pergi ke Jogjakarta.)
  2. Don't love Alex. Love me instead. (Jangan cintai Alex. Cintai saja aku.)

Dari dua pola kalimat penerapan instead di atas, kita sanggup melihat bahwa kalimat ke dua dimana terdapat kata instead menggantikan kalimat sebelumnya.
Demikianlah klarifikasi tentang penerapan Instead of sebagai preposition dalam bahasa Inggris. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan mupun isi penjelasan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih..
LihatTutupKomentar