Penggunaan 'A' Dan 'An' Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Indefinite Article 'A' dan 'An' Dalam suatu phrasa atau kalimat Bahasa Inggris, tentunya kita sering menjumpai kata 'A' dan 'An'. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kata 'A' dan 'An' diartikan sebagai ‘sebuah’, ‘suatu’, atau ‘seujung’. Yup, alasannya ialah kata 'A' dan 'An' spesialuntuk dipakai untuk menunjukan kata benda (noun) yang spesialuntuk berjumlah satu (tunggal). Hanya dipakai untuk kata benda (noun) tunggal ialah salah satu ciri penerapan kata 'A' dan 'An'. Nah, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba menerangkan tentang kapan kita memakai kata 'A' dan 'An' dan kapan kita seharusnya tidak menggunakannya tentunya disertai dengan contoh. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 Dalam suatu phrasa atau kalimat Bahasa Inggris Penggunaan 'A' dan 'An' dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan “A” dan “An” dalam Kalimat Bahasa Inggris

A. Pengertian 'A' dan 'An'

Dalam bahasa Inggris 'A' dan 'An' termasuk kedalam Indefinite Article, indefinite berarti tidak tentu, belum jelas, sedangkan article berarti kata sandang. 'A' dan 'An' sebagai indefinite article dapat diartikan sebagai kata sandang yang dipakai pada kata benda tunggal yang belum tentu atau belum jelas. Perhatikan kedua pola diberikut:
  • I need a pen and a book to write.
  • The pen and the book on the table are mine.

‘A pen’ dan ‘a book’ pada pola pertama ialah pola penerapan indefinite article 'A' dan 'An'. Pada contoh tersebut ‘a pen’ dan ‘a book’ masih belum terang pulpen atau buku yang mana, milik siapa, dan yang berada dimana. Karena ketidak tentuan dan kebelum jelasan pulpen atau buku tersebut, indefinite article “A” dan “An” pun digunakana.

Bandingkan dengan ‘the pen’ dan ‘the book’ pada pola kedua. ‘The pen’ dan ‘the book’ pada pola kedua merujuk pada kata benda yaitu pulpen atau buku yang sudah tentu dan sudah terang baik keberadaan dan kepemilikannya. ‘The pen’ dan ‘the book’ pada pola kedua merujuk pada pulpen dan buku yang berada di atas meja dan ialah milik dari aku.

BACA JUGA:
  1. Penggunaan 'The'
  2. Jenis-jenis Noun (Kata Benda)

B. Kapan Menggunakan 'A' dan 'An'

1. 'A' dipakai di depan kata benda yang dapat dihitung (countable noun) yang diawali dengan abjad konsonan dan abjad vokal yang berbunyi konsonan, misalnya: a book, a girl, a man, a car, a pen, a boy, a knife, a woman, a university, etc. ‘Book’ ialah kata benda yang diawali dengan abjad konsonan (huruf mati) yaitu ‘B’, oleh alasannya ialah itu 'A' digunakan. Sedangkan kata ‘university’ ialah kata benda yang diawali dengan abjad vokal (huruf hidup) yaitu ‘U’ tetapi berbunyi konsonan yaitu ‘Ju:nivesiti’, oleh alasannya ialah itu 'A' digunakan.

2. 'An' dipakai di depan kata benda yang dapat dihitung (countable noun) yang diawali dengan abjad vocal dan abjad konsonan yang berbunyi vokal, misalnya: an apple, an umbrella, an avocado, an actor, an island, an elephant, an onion, an hour, etc. ‘Apple’ ialah kata benda yang diawali dengan abjad vokal (huruf hidup) yaitu ‘A’, oleh alasannya ialah itu 'An' digunakan. Sedangkan kata ‘hour’ ialah kata benda dengan abjad konsonan (huruf mati) yaitu ‘H’ tetapi berbunyi vokal yaitu ‘auer’, oleh alasannya ialah itu'An' digunakan.

3. 'A' atau 'An' digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak merujuk pada orang atau benda tertenu. Misalnya:
  • I met a girl yesterday.
  • We live in an apartment.

4. 'A' atau 'An' digunakan untuk orang atau benda yang belum terang orang atau benda mana yang dimaksud. Misalnya:
  • I met a Japguase girl yesterday. (Seorang gadis Jepang, tapi tidak terang gadis Jepang yang mana)
  • We need to take a bus to get there. (Sebuah bus, tapi belum terang bus yang mana)

5. 'A' atau 'An' digunakan untuk menyatakan harga, kecepatan, dan rasio. Misalnya:
  • Oranges are Rp. 10.000 a kilo.
  • He can run ten miles an hour.
  • I go to school five times a week.

C. Kapan Tidak Menggunakan 'A' dan 'An'

1. 'A' atau 'An' tidak dipakai di depan kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) ibarat water, wine, ink, sugar, tea, sands, dll. Misalnya:
  • I need water. Bukan I need a water.
  • I want to buy sugar. Bukan I want to buy a sugar.

2. 'A' atau 'An' tidak dipakai di depan kata benda jamak (berjumlah lebih dari satu/banyak). Misalnya:
  • I need bananas. Bukan I need a bananas.
  • I want to buy oranges. Bukan I want to buy an oranges.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Grammar di atas tentang Penggunaan 'A' dan 'An' dalam Bahasa Inggris, supaya dapat bermanfaa dan . Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari goresan pena di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa untuk like dan share ke kawan-kawan lainnya juga ya. ^^English is Fun^^
LihatTutupKomentar