Pengertian, Teladan Syllable Pakai Notasi Lagu Do Re Mi Fa Sol La Si Dooo

Teman, dalam postingan ini saya akan mengambarkan pengertian syllable dan akan menghubungkannya dengan notasi music. Saya percaya kalian sering mendengarkan music, jadi berdasarkan saya ini akan lebih sanggup dimengerti. Apalagi yang suka main music, nggak usah pakai mikirlah.

Apa itu syllable?


Syllable, dalam bahasa Indonesia suku kata, yaitu elemen bahasa yang berperan membentuk sebuah kata. Sebuah kata mungkin akan terbentuk dari 1, 2, 3, 4, 5 syllable, bahkan sanggup lebih.

Sebelum menghubungkan dengan not, kita lihat dulu tabel sbb, bagaimana syllable membentuk sebuah kata utuh.

Kata Syllable Jml Syllable
Teh teh 1
Susu su + su 2
Martabak mar + ta + kolam 3
Kelezatan ke + le + za + tan 4

Kesimpulan dari tabel di atas yaitu bahwa sebuah kata terbentuk dari pecahan-pecahan syllable. Lalu apa hubungannya syllable dengan not music?

Not / notasi musik do, re, mi, fa, sol, la, si atau dalam bentuk angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 kenyataannya sanggup dipakai untuk menghitung dan memilih syllable yang ada dalam sebuah kata. Ketika kita menekan satu not pada piano misalnya, itu sama dengan satu syllable, dan bila dalam sebuah lagu yang kita mainkan ada 300 not, maka syllable sanggup dipastikan juga berjumlah 300.

Kita ambil teladan lirik dari lagu naik-naik ke puncak pegunungan sbb:

Naik-Naik ke puncak pegunungan, tinggi tinggi sekali

Maka not yang ditekan yaitu: 5 1 1 1 2 3 3 2 1 3 2 1 7 1 2 1 (5 dan 7 pakai oktaf ketiga, dan 1, 2, 3 pakai oktaf ke empat ya)

not-not tersebut yaitu representasi dari syllable-syllable sbb:

na(5) ik(1) na(1) ik(1) ke(2) pun(3) cak(3) gu(2) nung(1) ting(3) gi(2) ting(1) gi(7) se(1) ka(2) li(1). Jumlah keseluruhan not dan syllable sama.

Ketika dalam bahasa Indo kita simpel menghitung dan memilih syllable-nya, akan tidak sama halnya bila kita memilih syllable bahasa Inggris, itu alasannya yaitu dlm bahasa Indo apa yang kita ucapkan sesuai dengan apa yang kita lihat ditulisan, sedangkan dlm bahasa Inggris kebanyakan pengucapannya tidak sama dengan tulisannya. Ini salah satu alasan mengapa saya menghubungkan syllable dengan notasi- alasannya yaitu menentukannya berdasar apa yang kita dengar bukan apa yang kita baca ditulisan.

Seperti kata "love" bukanlah terdiri dari 2 syllable lo + ve tetapi spesialuntuk 1 syllable alasannya yaitu mengucapkannya spesialuntuk "lov" ləv , begitu juga kata "please" spesialuntuk 1 syllable alasannya yaitu mengucapkannya "plis" plēz . Dalam lagu, kata2 tersebut akan dihitung 1 not saja.

Untuk lebih memperjelas, kita ganti piano dengan tangan dan meja aja. Setiap kalian mengetukkan tangan ke meja, itu 1 syllable. Coba kalian mengucapkan kata2 ini dibarengi dengan ketukan tangan ke meja: juice, drink, rice cooker, berapa ketukan?

Juice 1 ketukan, drink 1 ketukan, rice cooker 3 ketukan? Itu berarti kata juice 1 syllable, drink 1 syllable dan rice cooker 3 syllable.

Sekarang kalian sanggup mencoba sendiri dengan mengucapkan kata2 di bawah ini sambil mengetukkan tangan kalian ke meja, dan setiap 1 ketukan tangan kalian yaitu 1 syllable:

1. Eat
2. Vegetable
3. Ice cream
4. Orange
5. Peanut

Sekian dulu ya dari aku. Kalo ada yang ditanyakan boleh nulisin di komentar, ok? Semoga postingan ini bermanfaa dan selamat berjuang untuk terus belajar.
LihatTutupKomentar