Noun (Kata Benda): Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, & Contoh

Noun (Kata Benda) - Dalam berguru Grammar Bahasa Inggris, kita tentunya sering menjumpai salah satu dari Part of Speech yaitu noun (kata benda). Sejauh mana kah anda mengenal Noun? Bagi kawan-kawan yang sedang berguru Bahasa Inggris, khususnya grammar, mengetahui seluk beluk wacana noun (kata benda) dalam bahasa Inggris merupakah hal yang penting. Untuk itu pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba membuktikan secara lengkap perihal noun (kata benda) yang mencakup beberapa aspek pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya yang tentunya disertai juga dengan bermacam-macam contoh. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Noun (kata benda)

Noun ialah salah satu unsur dari Parts of Speech yang penting kiprahnya selain Verb (kata kerja) dalam membangun sebuah kalimat. Kita tentunya tidak abnormal lagi dengan yang namanya Noun (kata benda), berdasarkan Barbara Dykes (22:2007), kata "Noun" berasal dari bahasa Latin, "nomen" yang berarti "nama". Noun (Kata Benda) ialah nama dari suatu benda. Apa pun di dunia ini yang keberadaannya mempunyai sebuah nama, baik yang sanggup rasakan (lihat, kecap, sentuh, dengar, cium) maupun yang tidak. 

Tapi Noun (kata benda) tidak spesialuntuk merujuk pada benda yang keberadaannya di dunia ini saja. Noun (kata benda) juga sanggup merujuk pada inspirasi atau anutan yang spesialuntuk ada di pikiran kita saja, misalkan freedom (kebebasan), beauty (kecantikan), hope (harapan), dll; ide/ anutan yang ada di pikiran kita tersebut, kita tidak sanggup merasakannya dengan panca indra, tetapi kita spesialuntuk sanggup merasakannya keberadaannya spesialuntuk di dalam pikiran kita saja. Benda yang keberadaannya sanggup kita rasakan dengan panca indra kita dalam bahasa Inggris disebut Concert Noun, dan benda yang keberadaannya spesialuntuk ada pikiran kita atau ialah ide/ anutan yang tidak sanggup dijamah oleh panca indra kita disebut Abstract Noun.

B. Fungsi Noun (kata benda)

Menurut bukunya Sidney Greenbaum dkk. (241:1985), dalam kalimat bahasa Inggris, Noun sanggup berfungsi sebagai Subject (Pelaku), Object (Target/samasukan), Comlement of Cluse (Pelengkap dari klausa) dan sebagai Complement of Prepositional Phrases (Pelengkap dari phrase kata depan), contoh:
  • The girl is my sister.(Subject)
  • The blonde girl is my sister. (Object)
  • The blonde who is wearing blue jeans is my sister. (Complement of Clause)
  • The blonde girl in blue jeans is my sister. (Complement of prepositional phrase)
 kita tentunya sering menjumpai salah satu dari Part of Speech yaitu noun  Noun (Kata Benda): Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, & misal
Noun (Kata Benda): Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, & misal

C. Jenis-jenis Noun (kata banda)

sepertiyang kita ketahui, terhadapa banyak jenis Noun (kata benda), baik keberadaannya sanggup dijamah oleh indera perasa maupun yang spesialuntuk ada di pikiran kita saja. Untuk mengetahui apa-apa saja yang termasuk Noun (kata benda), di bawah ini penulis hadirkan klarifikasi dan contohnya:

1. Persons' Name (Nama orang):
Jenis Noun (kata benda) yang pertama ialah nama orang. Nama orang (Persons' name) dalam bahasa Inggris harus ditulis memakai abjad kapital (huruf besar) spesialuntuk untuk abjad pertamanya saja, misalkan Ahmad Fathoni, Rini Rosyidah, dll.
  • Mark White is writing a letter for Elisabeth, his mom.
  • Andrea Hinata is the most famous writer in Indonesia.

2. Places (Nama tempat):
Untuk nama kawasan (places), sepertihalnya nama orang, abjad pertama dari nama kawasan harus dikapitalkan (dibesarkan), misalkan: Jakarta, Surabaya, dll.
  • Andrea Hiata is the most famous writer in Indonesia.
  • Jakarat is the place where I life now.

3. Geographical Appearences's Name (Nama Kenampakan geograpi):
Nama penampakan geograpi itu seprti nama pegunungan, nama sungai, nama danau, nama laut, nama selat, dll; juga harus dikapitalkan abjad awalnya, misalkan: Merapi Mountain, Hindia Ocean, Sunda Strait, Amazon river, dll.
  • I have ever visited Mount Bromo twice.
  • Amazon river is the largerst river in the world.

4. Things (Nama benda):
Things (nama benda) ialah nama-nama benda yang ada di sekitar kita dan kita sanggup menjamahnya dengan panca indera kita. Untuk nama-nama benda tersebut tidak dikapitalkan pada abjad pertamanya.
  • I bought a novel  in one of stores there.
  • Football is my kesukaane game.

5. Activities (Aktivitas):
Nama-nama acara ialah nama-nama pekerja yang biasa dikerjakan, seprtihalnya menulis, membaca, dll. Dalam bahasa Inggris, pembentukan nama-nama acara dikejakan dengan merubah Verb (kata kerja) menjadi bentuk gerund. Dan untuk nama-nama aktivitas, tidak dikaptalkan abjad pertamanya.
  • Writing is my hobby.
  • Running and running became my routine activity when I was facing race championship.

6. Concepts (Ide/pemikiran):
Nama-nama inspirasi atau anutan yang spesialuntuk ada dalam anutan kita ialah salah satu jenis Noun (kata benda), kata benda jenis ini juga tidak dikapitalkan abjad awalnya.
  • Freedom never comes to the poor.
  • Beauty that she dreams is actually false.

7. Groups (kelompok):
Berbeda dengan jenis-jenis Noun (kata benda) yang lain, untuk nama-nama kelompok (groups) mempunyai keistimewaan. Letak keistimewaan untuk nama-nama kelompok terletak pada verb agreement yang digunakan, tunggal (singular) atau jamak (plural). Karena dalam beberapa kasus terdapat banyak nama-nama kelompok yang memakai Verb Agreement yang berbentuk singular dan plural.
  • Metalica is going to make a concert in Indonesia soon. (Berbentuk tunggal (singular) alasannya memakai "is")
  • Indonesian Blogger Community was established in 1999. (Berbentuk tunggal (singular) alasannya memakai "was")
  • Metalica are deciding the title of the new album. (Berbentuk jamak (plural) alasannya memakai "are")
  • Indonesian Blogger Community were gathering to discuse about the google algoritm. (Berbentuk jamak (plural) alasannya memakai "were")

Perbedaan antara memakai Verb Agreement tunggal (singular) dan jamak (plural) terletak pada maksud penulis. Jika maksud penulis menganggap nama kelompok itu sendiri bukan anggota kelompok yang ada di dalamnya (seperti pola 1 dan 2) maka Verb Agreement yang dipakai ialah tunggal (singular). Tetapi jikalau maksud dari penulis merujuk pada anggota dari kelompok, bukan merujuk pada nama kelompok (seperti pola no 3 dan 4), maka Verb Agreement yang dipakai ialah jamak (plural).

8. Events (Acara):
Untuk nama-nama program dalam bahasa Inggris, tidak dikapitalkan untuk abjad awalnya, spesialuntuk ditulis ibarat nama kata benda yang lainnya. Birthday moment is always be waited for by every children.
  • People will enjoy the concert tonight.
  • Rini's wedding was so luxurious.

Jenis-jenis Noun (kata benda) di atas ialah klarifikasi umum terkena Noun (kata benda) itu sendiri, sedangkan pinjaman Noun (kata benda) digolongkan ke dalam banyak sekali jenis bab ibarat Concrete Noun, Abstract Noun, Countable Noun, Uncountable Noun. Untuk pembahasan terkena pinjaman Noun (kata benda) tersebut, kita bahas di artikel selanjutnya.

BACA JUGA:
1. Concrete Noun
2. Abstract Noun
3. Countable Noun dan Uncountable Noun

Referensi:
  • Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone: Practical Tools for Learning and Teaching Grammar. Victoria: ACER Press.
  • Greenbaum, Sidney. 1985. A Comprehensive Grammar of the English Language. New York: Longman.

Demikian klarifikasi terkena Noun (Kata Benda), agar sanggup bermanfaa dan berkhasiat bagi kawan-kawan sekalian yang sedang berguru Grammar Bahasa Inggris. Apabila ada suatu kesalahan baik beurpa penulisan maupun isi dari klarifikasi di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untu kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya ke kawan-kawan lainnya. Terima kasih... ^^English is Fun^^
LihatTutupKomentar