Mengenal Parts Of Speech: Verb, Noun, Pronoun, Adjective, Adverb, Preposition, & Conjunction

Mengenal Parts of Speech - Seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya ihwal Belajar Grammar dari Dasar, pada peluang kali ini saya mencoba memberikan kepada mitra sekalian apa itu parts of speech. Apa sih parts of speech itu??? Nah, Pintar Bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mencoba mengjelaskan apa itu parts of speech dan apa saja yang termasuk kedalamnya. Tentunya, klarifikasi yang dihadirkan disertai dengan banyak sekali rujukan untuk mempergampang pemahaman. Semoga bermanfaa. Check this out!!!


 Seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya ihwal Belajar Grammar dari Dasar Mengenal Parts of Speech: Verb, Noun, Pronoun, Adjective, Adverb, Preposition, & Conjunction

Sebelum menunjukan apa itu parts of speech mari kita lihat rujukan kalimat di bawah ini:

'The big boy threw quickly the ball into the water after he kicked it.'
  • Boy, ball, dan water yakni nouns. 
  • Threw yakni verbs. 
  • Big, small yakni adjectives.  
  • Quickly yakni adverbs. 
  • After yakni conjunctions. 
  • Into yakni Prepositions. 
  • He, it yakni Pronouns.
Nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjuctions, prepositions,dan pronouns yakni parts of speech. Jadi??? Ya.. Parts of speech yakni bagian-bagian pembentuk kalimat, phrase atau klausa yang terbagi ke dalam jenis kata-kata di atas.

Sebuah kalimat dikatakan kalimat jikalau terdapat dua unsur penting yang disebut 'Central Core' yaitu verbs dan nouns. Peran VERBS dalam sebuah kalimat mengungkapkan actions, dimana tugas verb sebagai predicating words, yang sering diikuti oleh kata lain yang melengkapinya yang disebut object dan mengungkapkan conditions dan states, dimana tugas verbs sebagai linking words, yang diikuti oleh subjective complement. Baik actions, conditions atau state biasanya dilampaui oleh jenis kata yang disebut subject. Perhatikan rujukan diberikut.

1. Verbs sebagai predicating words:
'Adrew threw the ball.'
  • Adrew yakni subject.
  • Threw yakni predicating word.
  • The ball yakni object.

2. Verbs sebagai linking words:
'Andrew is a big boy.'
  • Adrew yakni subject.
  • Is yakni linking word.
  • Boy yakni subjective complement.

Subject, object and subjective complement pada kalimat di atas ialah NOUNS. Terkadang untuk menghindari penulisan ulang nouns yang sama maka nouns tersebut sanggup digantikan dengan kata pengganti atau PRONOUNS. Seperti pada rujukan diberikut:

'Andrw threw the ball. He is a big boy.'

Verbs dan nouns di atas sanggup juga mendapat modifiers atau kata yang memilih sifat atau keterangan yang biasa disebut ADJECTIVES dan ADVERBS. Peran adjectives yakni menunjukan nouns dan tugas adverbs yakni menunjukan verbs. Seperti pada rujukan diberikut:

'The Big boy threw quickly the ball.'
  • Big yakni adjective yang menunjukan noun, boy.
  • Quickly yakni adverbs yang menunjukan verb, threw.
Dalam sebuah kalimat juga sering terdapat jenis kata lain yang kiprahnya sebagai kata penghubung yang berupa Preposition dan Conjuctions ibarat pada kalimat di bawah ini:

'The big boy threw quickly the ball into the water after he kicked it.'
  • Into yakni preposition yang menghubungkan antara verb, quickly dengan noun, water.
  • After yakni conjunction yang menghubungkan dua klausa tersebut.

Jadi kita sanggup tarik keseimpulan bahwa Parts of Speech terdiri dari Verbs, Nouns Pronouns, Adjectives, Adverbs, Prpositons dan Conjuctions. Para andal grammar sering menambahkan INTERJECTIONS sebagai salah satu bab dari parts of speech yang mengungkapkan letupan emosi atau perasaan seprti Owch, hurrah, Owh dan lain-lain. Tetapi alasannya yakni Interjections tidak memerankan fungsi grammatical dalam sebuah kalimat, untuk itu saya tidak akan mengulas lebih dalam terkena interjections.

Semoga artikel tersebut di atas ihwal Mengenal Parts of Speech bisa bermanfaa bagi kawan-kawan sekalian. Tidak lupa, apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke kawan-kawan lainnya juga ya. Terima kasih... ^^English is Fun^^

*Reference
Frank, Marcella. 1972. Modern English : A Practical Reference Guide. Prentice-hall, Inc: New Jeresy.

LihatTutupKomentar