Contoh Explanation Text : Tsunami

Explanation Text Bagi masyarakat Indonesia, kata Tsunami tidaklah gila di telinga. Teringat pada tahun 2004 saat tragedi terbesar yang dialami oleh bangsa kita, saat gelombang tsunami menghantam tempat sumatra utara dan sekitarnya. Peristiwa yang meluluhlantakkan Sumatra Utara khususnya Aceh tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh bangsa kita. Tapi bagaimana kah tsunami sanggup terjadi? Untuk menjawaban pertanyaan, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba menghadirkan sebuah referensi explanation text wacana bagiamana Tsunami terjadi, tentunya beserta terjemahannya juga. Semoga bermanfaa... Check this out!!!


Tsunami

The term of “tsunami” comes from the Japguase which means harbor ("tsu") and wave ("nami"). A tsunami is a series of waves generated when water in a lake or the sea is rapidly displaced on a massive scale.

A tsunami can be generated when the sea floor abruptly deforms and vertically displaces the overlying water. Such large vertical movements of the earth's crust can occur at plate boundaries. Subduction of earthquakes are particularly effective in generating tsunamis, and occur where denser oceanic plates slip under continental plates. 

Tsunami always bring great damage. Most of the damage is caused by the huge mass of water behind the initial wave front, as the height of the sea keeps rising fast and floods powerfully into the coastal area.

 saat tragedi terbesar yang dialami oleh bangsa kita misal Explanation Text : Tsunami

Terjemahan:

Tsunami

Istilah "tsunami" berasal dari Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami"). Tsunami yakni serangkaian gelombang yang dihasilkan saat air di danau atau bahari dengan cepat berpindah dalam skala besar.

Tsunami sanggup dihasilkan saat dasar bahari tiba-tiba berdeformasi dan secara vertikal memindahkan air di atasnya. Gerakan vertikal yang begitu besar pada kerak bumi sanggup terjadi pada batas lempeng. Subduksi gempa bumi sangat efektif dalam menghasilkan tsunami, dan terjadi di mana lempeng samudera yang lebih padat menyelinap di bawah lempeng benua.

Tsunami selalu membawa kerusakan besar. Sebagian besar kerusakan disebabkan oleh massa besar air di belakang depan gelombang awal, saat ketinggian bahari terus naik dengan cepat dan banjir besar lengan berkuasa bergerak kedalam area pesisir.

Semoga misal Explanation Text di atas wacana "Tsunami" sanggup menambah pemahaman sobat bersahabat sekalian wacana apa itu Explanation Text dan bagaimana cara menciptakannya. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan, isi, maupun terjemahan dari referensi explanation text di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat dekat. Terima kasih... ^^English is Fun^^

Lihat juga misal Explanation Text lainnya, di sini.

LihatTutupKomentar