Macam-Macam Adverb (Kata Keterangan) Untuk Basic Grammar Pemula

Pertama mengenal adverbs untuk basic grammar.

Pengertian Adverb

Adverb secara sederhana yaitu kata yang menandakan kapan, dimana, mengapa, bagaimana dan untuk apa suatu hal dilakukan. Adverb dalam bahasa Indonesia disebut kata keterangan.
Sebagai misalnya dalam kalimat:
  • Saya makan di kantin pada jam 10
Di kantin ialah keterangan daerah dan pada jam 10 ialah keterangan waktu.

Dalam bahasa Inggris, macam adverb disebut dengan istilah yang tidak sama-beda. Hal itu alasannya dalam bahasa itu sendiri ada banyak peneliti, dan mereka suka-suka memdiberi nama, meskipun intinya yang dimaksud itu sama saja alias walaupun tidak sama-beda tetapi tetap satu. Dampak positifnya, itu menambah keguakaragaman peristilahan, namun juga berdampak negatif yaitu pada kepusingan di kepala kita.

Nah, bagi yang gres mulai belajar, agar nggak berpusing dalam memahaminya, maka di sini akan saya diberikan klarifikasi dan referensi dalam kalimat macam-macam adverb paling mendasar, yaitu adverb of time, place, manner, degree dan frequency. Untuk istilah-istilah adverb yang lain sanggup kita pelajari belakangan saja- alasannya tentu kita akan berkesusahan kalo disuruh memahami berbarengan.

Adverb of Time (Waktu)

Yaitu keterangan yang menunjukkan kapan suatu kejadian terjadi. Misal: yesterday, tomorrow, next year, at 8 am, in 2018, on Sunday, on January, etc.
misal:
  1. I went to Semarang yesterday (Aku pergi ke Semarang kemarin)
  2. I will meet you tomorrow (Aku akan menemuimu besok)
  3. He may arrive at 11 am (Dia mungkin datang jam 11 siang)
  4. She was born in 2002 (Dia dilahirkan tahun 2002)

Adverb of Place (Tempat)

Yaitu keterangan yang menunjukkan dimana suatu kejadian terjadi. Misal in the class, in Jakarta, in Singapore, at home, in the school, to Hongkong, etc.
misal:
  1. I'm reading in the class (Aku sedang membaca di kelas)
  2. I was born in Japan (Aku dilahirkan di Jepang)
  3. I will go to Hongkong (Aku akan pergi ke Hongkong)

Adverb of Manner (Teknik)

Yaitu keterangan yang menunjukkan dengan cara apa dan bagaimana suatu hal dilakukan. Misal: Rapidly, slowly, carefully, differently, passionately, dan phrase yang diawaly dengan preposition by, etc.
misal:
  1. The weather changes rapidly (Cuaca berubah dengan cepat)
  2. That snail walked slowly (Keong itu berjalan lamban)
  3. I wrote by using her pen (Aku menulis memakai pennya)
  4. She listened mp3 by my laptop (Dia mendengarkan mp3 dengan laptopku)

Adverb of Degree (Derajat)

Yaitu keterangan yang menandakan tingkatan-tingkatan. Misal: very, so, really, extremely, truly, only, just, etc.
misal:
  1. She is very beautiful (Dia sangat cantik)
  2. I love you so much (Aku sangat cinta padamu)
  3. It is really confusing (Itu sangat membingungkan)
  4. The weather is extremely cold (Cuacanya luar biasa dingin)
  5. My heart is just for you (Hatiku spesialuntuklah untukmu)

Adverb of Frequency (Frekuensi)

Yaitu keterangan yang menandakan kekerapan suatu rutinitas dilakukan. Misal: often, never, always, rarely, seldom, sometimes, etc.
misal:
  1. I often chat with her (Aku sering ngobrol dengannya)
  2. I always come in time (Aku selalu hadir lebih awal)
  3. I rarely call her anymore (Aku jarang menelfonnya lagi)

Itulah macam adverbs yang perlu diketahui pada awal kita belajar. Tentu masih ada banyak istilah adverb berdasarkan pendapat para peneliti. Dan untuk melihat salah satu pendapat lain yang lebih spesifik, kawan-kawan sanggup melihat dalam link diberikut:

Demikianlah klarifikasi ihwal adverb untuk basic grammar, gampang-gampangan bermanfaa.

Baca juga:
LihatTutupKomentar