Kalimat Preferences: Jenis-Jenis & Contoh

Kalimat Preferences Hidup itu penuh dengan pilihan dan tentunya kita sering sekali dituntut untuk menentukan pilihan, dan terkadang itu susah. Kaitanya dengan berguru bahasa, dikala kita didiberikan pilihan, kita bisa mengungkapkan pilihan mana yang kita pilih. Dalam bahasa Indonesia, kita sanggup memakai ungkapan ‘Saya lebih menentukan A dibanding B.’ Begitu juga dalam bahasa Inggris, terdapat juga ungkapan untuk menentukan yang disebut dengan ‘Preferences’ (kesukaan). Nah, Pintar Bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mencoba mengambarkan wacana penerapan dan jenis-jenis kalimat preferences dalam bahasa Inggris yang tentunya disertai juga dengan contohnya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 Hidup itu penuh dengan pilihan dan tentunya kita sering sekali dituntut untuk menentukan  Kalimat Preferences: Jenis-jenis & misal
Kalimat Preferences: Jenis-jenis & misal

Kalimat Preferences dalam bahasa Inggris mempunyai bermacam-macam jenis dan pola. Keberagaman jenis dan pola kalimat preferences dalam bahasa Inggris tersebut diadaptasi dengan pilihan yang ditanyakan; apa kah itu berbentuk kata benda (nouns) atau berbentuk kata kerja (verbs). Langsung saja kita bahasa jenis dan pola kalimat preferences diberikut:

1. Prefer

Jika kita dihadapkan pada dua pilihan yang berbentuk kata benda/noun (misalnya: apples, mangoes, English, Mathematics, etc) atau pun kata ganti/pronoun (misalnya: them, us, he, she, etc), guankan pola kalimat prefer ibarat pada rumus 1 diberikut:

Rumus 1:
Subject + Prefer + Noun/Pronoun + To + Noun/Pronoun

misal:
  • I prefer apples to mangoes. (= Saya lebih menentukan apel daripanda mangga.)
  • They prefer English to Mathematics. (= Mereka lebih menentukan bahasa Inggris daripada Matematika.)
  • She prefers Andi to Budi. (= Dia lebih menentukan Andi daripada Budi.)
  • John prefers them to us. (= John lebih menentukan mereka daripada kita.)

Masih ingat kah pada klarifikasi wacana Gerund (BACA: Apa itu Gerund), kata kerja (verbs) bisa dibentuk menjadi kata benda (noun) jikalau dimenambahkan akhiran –ing, misalnya: playing, watching, reading, cooking, singing, etc. Karena masih bersifat kata benda (noun), jikalau kita dihadapkan pada dua pilihan yang berbentuk gerund (kata kerja + -ing), maka kita gunakan pola kalimat prefer ibarat pada rumus 1.

misal:
  • I prefer playing football to watching TV.
  • They prefer reading novels to playing games.
  • She prefers cooking to singing.

Jika kita dihadapkan pada dua pilihan yang berbentuk kata kerja/verb (misalnya: to study, to play, to visit, etc), gunakan pola kalimat prefer ibarat pada rumus 2 diberikut:

Rumus 2:
Subject + Prefer To + Verb + Rather Than + Verb

misal:
  • I prefer to study rather than watch TV.
  • He prefers to play football rather than play games.
  • They prefer to visit museum rather than go shopping.

*Keterangan:
Ingat bahwa kata ‘prefer’ harus dimenambahkan akhiran –s untuk subjek kalimat tunggal ibarat he, she, dan it, atau subjek tunggal beruma nama orang.

2. Would Prefer

Jika pola kalimat prefer bisa dipakai untuk dua pilihan baik berupa kata benda (noun) maupun kata kerja (verb), pola kalimat would prefer mengkhususkan diri spesialuntuk dipakai untuk pilihan yang berupa kata kerja (verb) saja. Berikut ialah pola kalimat would prefer:

Rumus:
Subject + Would Prefer + To + Verb + Rather Than + Verb

misal:
  • He would prefer to play tennis rather than play basketball.
  • I would prefer to listen to music rather than play the guitar.
  • She would prefer to eat apples rather than eat bananas.


3. Would Rather

Sepertihalnya pola kalimat would prefer, pola kalimat would rather juga mengkhususkan diri spesialuntuk dipakai pada pilihan yang berbentuk kata kerja (verb) saja. Berikut ialah pola kalimat would rather:

Rumus:
Subject + Would Rather + Verb + Than + Verb

misal:
  • I would rather read a book than read a novel.
  • They would rather play football than play basketball.
  • She would rather stay at home than go to the cinema.

4. Like… Better Than…

Untuk pola kalimat preferences yang terakhir ini, spesialuntuk dipakai untuk pilihan yang berbentuk kata benda (noun), pronoun, maupun kata benda bentuk gerund (verb + ing). Berikut ialah pola kalimatnya.

Rumus:
Subject + Like + Noun + Better Than + Noun

misal:
  • I like mangoes better than oranges.
  • We like her better than him.
  • John likes playing cards better than watching Tv.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca klarifikasi terkena Kalimat Preferences yang mencakup beberapa aspek jenis-jenisnya beserta contohnya, biar bisa bermanfaa bagi kawan-kawan sekalian. Apabila dari klarifikasi di atas terdapat suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa untuk like dan share ke kawan-kawan lainnya juga ya. ^^English is Fun^^^
LihatTutupKomentar