Arti Girlfriend, Girl Friend, Boyfriend, Boy Friend, Darling Dan Sweetheart- Klarifikasi Lengkap

7 jam sebelum artikel ini saya tulis, mitra pria aku, sebut saja Agus, bertanya; pacar itu B. Inggrisnya apa? kemudian saya jawaban; kalo engkau menyebut pacarmu girlfriend. Dia tanya lagi; kalo pacarku nyebut saya apa? saya balasan lagi; boyfriend. Dia ternyata protes; bukannya girlfriend itu mitra perempuan, boyfriend itu mitra laki-laki?... singkat cerita, dialog kami pun berlanjut kesana-kemari.

Dari dialog kami semalam, baik dengan Agus dan lainnya, ternyata banyak di antara mereka yang masih belum begitu paham arti girlfriend, girl friend, boyfriend dan boyfriend. Setahu mereka girlfriend dan boyfriend ialah mitra wanita dan laki-laki, sedang pacar mereka menyebut darling. Mungkin isi dialog kami 7 jam kemudian ini kurang penting, nggak penting bahkan sangat nggak penting untuk dibaca, namun alasannya ialah si Agus, maka saya alhasil ingin menyampaikannya juga di sini biar yang 'belum tahu' juga dapat ikut-ikutan tahu, khususnya bagi yang masih 'muda'.

girlfriend dan girl friend, boyfriend dan boy friend ternyata mempunyai makna yang tidak sama. Berdasar catatan sejarah, sebelum thn 1990-an girlfriend digunakan utk menunjuk pada mitra wanita dari seorang perempuan, misal Fina menyebut Niken ialah girlfriend-nya, dan sebaliknya. begitu juga boyfriend yang digunakan utk menunjuk ke mitra -laki-laki dari seorang laki-laki. Namun, pada sekitar awal thn 1990-an, oleh muda-mudi AS dilakukanlah sedikit pergeseran makna dari girlfriend dan boyfriend yang artinya mitra wanita dan pria menjadi pacar. Sementara untuk menyebut mitra wanita dan mitra pria secara umum, didiberi jarak spasi; girlfriend menjadi girl friend, boyfriend menjadi boy friend. Misal Doni menyebut Ana ialah girl friend-nya, begitu juga Sinta menyebut Ana girl friend-nya. Untuk boy friend aturannya juga begitu. Kini dlm bahasa Slang, mereka disingkat GF dan BF.

Lain lagi dgn darling dan sweetheart, meskipun mereka juga merujuk ke seseorang yang punya kekerabatan erat dengan kita, namun secara harfiah darling berarti orang yang kita akungi dan sweetheart orang yang kita kasihi; my darling = akungku, my sweetheart = kekasihku.

2 kata ini tidak spesialuntuk dapat digunakan untuk mengekpresikan rasa kasih dan akung kita kepada pacar, tapi dapat juga untuk mengekpresikan rasa kasih akung kita misal terhadap ibu, bapak, suami, istri, anak, teman dekat, dll.



Doni's girlfriend = pacarnya Doni
Doni's girl friend = mitra perempuannya Doni
Fina's boyfriend = pacarnya Fina
Fina's boy friend = mitra laki-lakinya Fina
My darling = akunggku
My sweetheart = kekasihku

Untuk menyampaikan 'mantan pacar' cukup menambahkan 'ex' di depannya

ex boyfriend
ex girlfriend



Mungkin dlm bahasa goresan pena praktis dibedakan antara girlfriend dan girl friend, boyfriend dan boy friend alasannya ialah dapat dibaca, namun gimana kalo itu ada dlm bahasa lesan, maksudnya spesialuntuk berupa ucapan dari seseorang?. Kalo ibarat itu, kita harus mengetahui kontek obrolannya dulu, apa sih yang sedang kita bicarakan?, wacana mitra / pacar.



Cukup sekian penjelasannya, semoga bermanfaa khususnya utk yang belum tahu. Terima kasih sudah membaca :)
LihatTutupKomentar