Although Vs. In Spite Of/Despite (Perbedaan-Penggunaan-Contoh)

Although, In spite of/Despite Walupun mempunyai arti yang sama, antara Although dan In spite of/Despite mempunyai perbedaan dalam penerapannya. Although, In spite of/Despite mempunyai arti meskipun, walaupun, dan sekalipun. Dimakah letak perbedaan penerapan antara although dan in spite of/despite? Nah, untuk menjawaban pertanyaan tersebut, Pintar Bahasa Inggris kembali menghadirkan bahan grammar bahasa Inggris yang mengulas perbedaan penerapan antara although dan in spite of/despite. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

Despite mempunyai perbedaan dalam penerapannya Although Vs. In spite of/Despite (Perbedaan-Penggunaan-misal)
Although Vs. In spite of/Despite | www.belajarbahasainggris.us

A. Although

Although/though/even though mempunyai makna dan penerapan yang sama. Although/though/even though dipakai sebelum klasua (yang mengandun subjek dan kata kerja). Perhatikan pola diberikut!

  • Although it rained a lot, we enjoyed our holiday. (Meskipun banyak turun hujan, kita menikmati liburan kita.)
  • I didn’t get the job even though I had the qualification. (Saya tidak mendapat pekerjaan itu meskipun saya mempunyai kualifikasinya.)

Dari pola di atas kita dapat melihat penerapan although dan even though. Keduanya dipakai sebagai preposition (kata depan) untuk mengungkapkan makna meskipun. Keduanya juga dipakai sebeum klausa (yang mengandung subjek dan kata kerja), contohnya although diikuti oleh klausa it rained a lot; dan even though diikuti oleh klausa I had the qualificantion.

B. In spite/Despite

In spite of/despite mempunyai makna dan penerapan yang sama. Jika penerapan although diikuti oleh klausa, penerapan in spite of/despite diikuto oleh noun (kata benda)/pronoun (kata ganti)/gerund(kata kerja bentuk –ing). Perhatikan pola diberikut!

  • In spite of (despite) the traffic, I arrived on time. (Meskipun macet, saya hadir sempurna waktu.)
  • She wasn’t well, but in spite of (despite) of this she went to work. (Dia sedang tidak sehat, tetapi walaupun sedang sakit beliau pergi bekerja.)
  • In spite of (despite) having headache, I enjoyed the film. (Meskipun sedang sakit kepaka, saya masih menikmati film tersebut.)

Dari ketiga pola in spite of/despite di atas, kita dapat melihat penerapannya yang selalu di ikuti oleh noun (kata benda), preposition (kata ganti), ataupun gerund (kata kerja bentuk –ing). Perhatikan seksama perbedaanya dengan penerapan although diberikut.

  • Although it rained a lot, we enjoyed our holiday.
  • In spite of (despite) the rain, we enjoyed our holiday.
  • Although the traffic was bad, I arrived on time.
  • In spite of (despite) the traffic I arrived on time.

Demikian klarifikasi terkena perbedaan antara Although dan In spite of/Despite, agar dapat bermanfaa dan mempunyai kegunaan bagi kawan-kawan sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik beurpa penulisan maupun isi dari klarifikasi di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke kawan-kawan lainnya jua ya. Terima kasih banyak.

LihatTutupKomentar