4 Perbedaan Must Dan Have To Bahasa Inggris

Apa saja 4 perbedaan must dan have-to? Yuk pribadi saja kita simak penjelasannya di bawah



Must ialah modal auxiliary yang dipakai untuk mengekpresikan sebuah keharusan (obligation), yang dapat berupa rekomendasi dari orang lain ataupun atas impian diri sendiri / menurut perasaan / feeling.

contoh, nmr 1 ialah berdasar rekomendasi dan nmr 2 menurut atas impian diri sendiri:

  1. You must work hard (engkau harus bekerja keras)
  2. I must call him now (aku harus menelfon ia sekarang)

sedangkan have-to bukan ialah modal auxiliary, namun ini ibarat adjective dan lebih cenderung dipakai untuk mengekkpresikan keperluan (necessity). Artinya suatu hal dilakukan bukan atas dasar impian sendiri tetapi alasannya ialah ada faktor lain / alasan yang memaksa dan apabila tidak dilakukan mungkin akan ada dampaknya.

contoh:

  1. I have to submit my assignment or my teacher will be angry (aku harus menyerahkan tugasku atau guruku akan marah); dampaknya guru akan marah.
  2. I have to pay my debts even though I don't have money (aku harus membayar pinjaman-pinjamanku meskipun saya tak punya uang); dampaknya mungkin rumahku akan disita kalau tak membayar.



Must spesialuntuk dipakai dalam bentuk present / masa sekarang, baik untuk ketika ini atau nanti / waktu diberikutnya, tidak untuk past / masa lampau.

contoh, nmr 1 waktunya ketika ini juga dan nmr 2 waktu diberikutnya / future:

  1. I must visit my friend now (aku harus mengunjungi kawanku sekarang)
  2. I must visit my friend tomorrow (aku harus mengunjungi kawanku besok)

sedangkan have-to dapat dipakai dalam bentuk present dan past, dan akan mengalami perubahan bentuk kalau tenses atau subjeknya berubah.

misal, nmr 1 bentuk present dgn subjek plural memakai 'have', nmr 2 bentuk present dgn subjek 3rd singular memakai 'has' dan nmr 3 bentuk past memakai 'had' :

  1. They have to use eyeglasses if want to see solar eclipse (mereka harus memakai beling mata kalau ingin melihat gerhana matahari)
  2. The weather is cold, she has to wear a jacket (cuacanya dingin, ia harus pakai jaket)
  3. I had to sweep the floors because it was very dirty (aku harus menyapu lantainya alasannya ialah sangat kotor)



Untuk bentuk negative, must diartikan agak tidak sama dari bentuk positifnya, bukan 'tidak harus' tapi 'tidak seharusnya' atau 'tidak boleh', ini lebih berfungsi utk mengekpresikan larangan (prohibition), rumus ibarat biasa (S+must+not+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Your car must not park at the sidewalk (mobilmu tdk seharusnya / tdk boleh parkir di trotoar)

sedangkan have-to diartikan sama dgn bentuk positifnya 'tidak harus' namun dgn rumus tidak sama (S+do/does/did+not+have to+verb1+O/Adv) ini alasannya ialah have-to bukan ialah modal auxiliary, ibarat yang sudah saya jelaskan di atas, jadi memerlukan auxiliary lain yaitu do/does/did.

contoh:

  • You didn't have to ask permission to me to read this article (kalian tdk harus meminta izin ke saya utk membaca artikel ini)



Untuk bentuk interrogative, must memakai susunan rumus ibarat biasa (must+S+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Must I come to your house now? (haruskah saya hadir ke rumahmu sekarang?)

sedangkan have-to memerlukan auxiliary lain 'do/does/did' sama ibarat pada bentuk negatifnya, dgn susunan rumus (do/does/did+S+have to+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Does he have to work hard? (apakah ia harus bekerja keras?)



Lihat juga:

Sekian pembahasan tentang perbedaan antara must dan have-to, agar bermanfaa.
LihatTutupKomentar