Contoh News Item Text Terbaru (Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Dan Pola Soalnya)

misal News Item Text Terbaru (Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan misal Soalnya) – Sobat pencinta englishiana.com, pada posting kali ini saya akan mencoba menyajikan pola news item beserta purpose, generic structure, dan contohnya. News item text in English, atau sering kita kenal juga dengan “teks diberita” dalam bahasa Indonesia. Teks diberita bahasa Inggris pada prinsipnya juga tidak tidak sama jauh dengan teks diberita dalam bahasa Indonesia. Untuk sanggup membuat teks diberita dalam bahasa Inggris yang baik, kita harus terlebih lampau memahami pengertian, purpose, generic structure, dan language featurenya sebagai diberikut:
misal News Item Text Terbaru

Pengertian News Item Text

News item text yaitu salah satu text dalam bahasa Inggris yang ditulis untuk tujuan mempersembahkan suatu diberita atau informasi tentang sebuah insiden yang patut didiberitakan kepada para pembacanya.

Tujuan / Purpose dari News Item Text

Tujuan penulisan dari Sebuah news item text yaitu untuk mengimformasikan suatu insiden yang patut didiberitakan kepada para pembacanya. (To inform the readers about a newsworthy event)

Generic Structure of the text

Dalam menulis News Item Text, ada tiga elemen umum yang harus ada yaitu:
1. Newsworthy Event
Newsworthy Event yaitu bab awal text yang biasanya meliputi rangkuman singkat tentang insiden yang akan diinformasikan kepada para pembaca. Perlu diingat bahwa insiden yang ditulis haruslah insiden yang penting dan bernilai diberita untuk masyarakat luas.
2. Background of Event
Background of Event yaitu klarifikasi lebih lanjut berupa latar belakang terjadinya insiden tersebut, siapa yang terlibat, waktu dan tanggal terjadinya insiden tersebut, serta dimana insiden tersebut terjadi. Pada bab ini penulis dituntut untuk mempersembahkan detail informasi terkait dengan insiden yang menjawaban 5w dan 1 h.
3. Resource of information
Resource of information yaitu narasumber dari diberita terebut. Karena news item yaitu text yang bersifat mediberikan informasi tentang sebuah insiden yang bernilai diberita, maka perlu adanya narasumber yang terpercaya semoga para pembaca yakin dengan diberita yang mereka baca dan menghilangkan keraguan akan adanya hoax.

Language Feature of News Item Text

1. Bahasa yang digunakan to the point dan informative.
2. Menggunakan simple past tense
3. Menggunakan action verbs (Kata kerja yang bermakna melaksanakan sesuatu).
4. Penyajian wangsit insiden secara kronologis
6. Sering memakai adverb of time, place & manner.
7. Sering memakai indirect speech

misal News Item Text dan Terjemahannya

ANCIENT ARTIFACT TO BE RETURNED TO INDONESIA Sanggurah Stone,  or more commonly the Minto stone,  is expected to be returned to its home in Indonesia from Scotland. 
The historical artifack,  which originated from Malang,  East java weighs around three tons and is two meters tall. It is held in Roxburghshire, Scotland. It has been part of a family collection belonging to the former British Governor General of india,  Lord Minto,  after being presented to him by british Governor Sir Thomas Stamford Raffles. The stone tablet bears an ancient inscription dated 982 AD along with the name of a Javguase king,  Sri Maharaja Rakai Pangkaja.
"This stone is an important historical artifact and crucial source of information.  It contains the history of the Mataram kingdom,"  Culture and Tourism Ministry director general of history and archeology Hari Untoro Drajat announced at a media. The return of the artifact was facilitated by the hasyim Djojohadikusumo Foundation(YKHD).  The stone will be placed the National Museum.
Artinya:

ARTEFAK KUNO DIHARAPKAN DIKEMBALIKAN KE INDONESIA Batu Sanggurah, atau lebih umum dikenal dengan kerikil Minto, diperlukan dikembalikan ke “rumahnya” di Indonesia dari Skotlandia.
Artefak bersejarah, yang berasal dari Malang, Jawa Timur beratnya yaitu sekitar tiga ton dan dua meter. Benda ini disimpan di Roxburghshire, Skotlandia. Benda Ini sudah menjadi bab dari koleksi keluarga milik mantan Gubernur Jenderal Inggris untuk India, Lord Minto, setelah diperlihatkan kepadanya oleh Gubernur Inggris Sir Thomas Stamford Raffles. Batu pipih itu mempunyai prasasti kuno tertanggal 982 AD dilengkapi dengan nama raja Jawa, Sri Maharaja Rakai Pangkaja.
"Batu ini yaitu artefak sejarah yang penting dan sumber informasi penting. Batu Ini meliputi sejarah kerajaan Mataram," eksekutif umum sejarah dan arkeologi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Hari Untoro Drajat mengumumkan di media. Kembalinya artefak ini difasilitasi oleh hasyim Djojohadikusumo Foundation (YKHD). Batu ini akan ditempatkan Museum Nasional.
Tinjauan Generic Structure
Paragraf 1 yaitu Newsworthy Event
Paragraf 2 adalah Bacground of Event
Paragraf 3 yaitu Source

misal Soal tentang News Item Text

ANCIENT ARTIFACT TO BE RETURNED TO INDONESIA Sanggurah Stone,  or more commonly the Minto stone,  is expected to be returned to its home in Indonesia from Scotland. 
The historical artifack,  which originated from Malang,  East java weighs around three tons and is two meters tall. It is held in Roxburghshire, Scotland. It has been part of a family collection belonging to the former British Governor General of india,  Lord Minto,  after being presented to him by british Governor Sir Thomas Stamford Raffles,  The stone tablet bears an ancient inscription dated 982 AD along with the name of a Javguase king,  Sri Maharaja Rakai Pangkaja.
"This stone is an important historical artifact and crucial source of information.  It contains the history of the Mataram kingdom,"  Culture and Tourism Ministry director general of history and archeology Hari Untoro Drajat announced at a media. The return of the artifact was facilitated by the hasyim Djojohadikusumo Foundation(YKHD).  The stone will be placed the National Museum. 
8.  Why is the Minto stone an important artifact?  Because... 
A.  It was a Sanggurah Stone
B. It held in Roxburghsire
C. It has been a part of an important famili collection
D. It is a crucial source of historicel information
E. It is facilitated by YKHD
9.  Who facilitated the artifacts return to Indonesia? 
A. Lord Minto
B. Indonesian government
C. British Governor general of India
D. Hasyim Djojohadikusumo Foundation
E. British Governor Sir Thomas Stamford Raffles
10. Who announced about Sanggurah stone at a media? 
A. Hari Untoro Drajat
B. Sri Maharaja Rakai Pangkaja
C. Hasyim Djojohadikusumo Foundation
D. Culture and Tourism Ministry of British
E.  The Director general of History and Artifact
11.  Where was sanggurah placed before? 
A. Scotland
B. ndia
C. Surakarta Museum
D. National Museum
E. Malang East Java
12.  How did Lord Minto get the Minto stone? 
A. The Governor send it to him
B. From The Scotland museum
C. Sri Maharaja Rakai was his family
D. He got it by following the sale in Scotland
E. It was a gift from Sir Thomas Stamford
US/BING IPA/IPSITP. 2015/2016
Nah, demikianlah pembahasan awal terkait fungsi sosial, susunan elemnt teks, dan ragam bahasa yang digunakan dalam teks diberita dalam bahasa Inggris. Untuk melihat lebih banyak pola news item teks, klik di sini.
LihatTutupKomentar