Belajar Bahasa Inggris Cepat Dengan Metode Silent Way

Belajar Bahasa Inggris Cepat dengan Metode Silent Way Belajar Bahasa Inggris Cepat dengan Metode Silent Way

Teknik simpel mencar ilmu bahasa Inggris - Silent way yaitu sebuah metode mencar ilmu bahasa Inggris cepat yang patut untuk dicoba. Tetapi, pernahkah Anda mendengar metode silent way dalam pembelajaran bahasa Inggris? Bisa ya dan bisa tidak. Kami menemukan wangsit untuk membuat artikel ini melalui buku yang ditulis oleh Ag. Bambang Setiyadi, seorang professor yang ketika ini bekerja di Universitas Lampung. Buku tersebut berjudul Teaching English as A Foreign Language dengan salah satu belahan berjudul Silent Way.

Silent way ialah sebuah metode yang dirancang oleh Caleb Cattegno. Dia memakai metode ini untuk dilibatkan ke dalam kelas Matematika. Silent way yaitu sebuah metode yang memiliki beberapa alat utama yaitu rod. Rod atau batang yang dipakai memiliki bentuk menyerupai crayon berbentuk balok. Setiap batang memiliki warna yang tidak sama dan memiliki panjang yang juga tidak sama. Batang atau rod tersebut dipakai untuk mewakili sesuatu yang nantinya dilibatkan dalam pembelajaran bahasa memakai silent way. Batang tersebut sanggup mewakili sesuatu hal menyerupai sebuah pensil, pulpen, penghapus, bahkan benda yang lebih besar lagi. Kami akan mengambarkan penerapan metode silent way pada poin diberikutnya.

Rods

Sesuai dengan namanya, silent way yaitu metode yang memiliki keheningan atau kesunyian (silence). Di dalam metode ini, seorang guru spesialuntuk membisu dan spesialuntuk mempersembahkan instruksi dalam periode waktu yang singkat. Ia spesialuntuk berperan sebagai pemandu, pengorganisir, dan pengevaluasi kasalahan siswa. Sebaliknya, setiap siswa yang terlibat dalam pembelajaran akan berpikir aktif untuk mengikuti detail demi detail bahan yang didiberikan oleh guru mereka.

3 Prinsip penting dari metode silent way


Setiap metode memiliki prinsip yang dijadikan pijakan dalam bergerak dan berperilaku. Metode yang satu ini juga memiliki prinsip yang harus diketahui serta dilaksanakan dengan baik oleh seorang guru bahasa Inggris. Berikut ini yaitu 3 prinsip dalam mencar ilmu bahasa Inggris cepat melalui silent way?

1. Bahasa tidak dipelajari dengan cara mengikuti sebuah perintah secara terus-menerus. Namun, sebuah bahasa dipelajari dengan cara membangun sense dari dalam pikiran seorang siswa. Sense tersebut juga dinamakan sebagai inner criteria.  Artinya, siswa mengetahui menurut perasaan, dan pembangunan piirannya sendiri. Ketika sebuah inner criteria sudah terbentuk dengan baik maka mereka bisa berpikir jauh lebih jago dari sebelumnya. Juga, sense mereka bekerja lebih efektif dan kuat. Hal ini terjadi alasannya siswa tidak terus-terusan didiberikan isyarat oleh guru mereka. Siswa harus bisa membangun pikiran dan mengevaluasi kesalahan dengan modal sense yang mereka miliki.

2. Arti sebuah bahasa didapatkan siswa dengan cara membangun persepsi dan bukan melalui alih bahasa atau translate yang dilakukan oleh guru. Mereka sanggup membedakan Red yaitu merah, Blue yaitu biru, dan Green yaitu hijau yaitu alasannya persepsi mereka sendiri serta bukan melalui alih bahasa.

3. Membaca yaitu sebuah tindakan yang dilakukan menurut pengetahuan dari siswa. Para siswa sudah mencar ilmu untuk mengucapkan kata-kata dan ketika mereka membaca, sudah ada sebuah pengetahuan dasar alasannya pengucapan pada awal waktu tadi. Kaprikornus prosesnya dimulai dengan cara berbicara terlebih lampau gres kemudian membaca kata tersebut.

Prosedur metode silent way di dalam kelas


Sebelum mengambarkan secara teknis, kami akan mempersembahkan pemahaman secara menyeluruh kepada Anda terkena penerapan metode silent way di dalam sebuah kelas. Pada tahap pertama, guru mengucapkan sesuatu dengan batang atau rod tadi sebagai perwakilan. Setiap rod mewakili sebuah benda yang tidak sama. Misalkan, sebuah batang merah mewakili red pencil, batang biru mewakili blue pencil, dan batang hijau mewakili green pencil.

Guru spesialuntuk mengucapkan tiruana hal tersebut spesialuntuk di awal waktu dan siswa mengikutinya. Pada tahap selanjutnya, guru menunjuk sebuah batang atau rod kepada siswa dan mereka harus sebut sesuatu yang diucapkan oleh guru tadi. Misal batang tersebut mewakili blue pencil, maka siswa harus mengucapkan blue pencil

Secara teknis, penerapan metode mencar ilmu bahasa inggris dengan slent way yaitu sebagai diberikut. “T” yaitu guru sedangkan “S” yaitu siswa, sedangkan “SS” yaitu tiruana siswa. Disini setiap rod mewakili “a pencil”.

Guru menginformasikan sebuah benda berjulukan : a pencil


T : mengambil sebanyak mungkin rod yang ada di depannya.

T : menyampaikan rod dalam panjang dan warna yang tidak sama satu sama lain. Kemdian dengan lantang ia mengatakan, “a pencil”.

T : meminta setiap siswa untuk mengambil salah satu rod untuk menyampaikan “a pencil”.

T : Menunjukkan sebuah rod dan meminta siswa untuk menyampaikan “a pencil”.

SS: berkata “a pencil”

Guru mengajarkan terkena warna


T : melaluiataubersamaini spesialuntuk diam, guru mengambil rod berwarna biru. Menunjukkan kepada siswa, dan berkata “a blue pencil”.

T : mengambil rod berwarna merah. Menunjukkan kepada siswa dan menyampaikan “a red pencil”.

T : mengambil rod berwarna biru, dan mempersembahkan sinyal siswa untuk menebak.

SS : berkata “a blue pencil”

T : mengambil rod berwarna merah dan mempersembahkan sinyal kepada siswa untuk menebak.

SS: berkata “a red pencil”

T : mengambil rod berwarna hitam, kemudian berkata “a black pencil”.

SS: siswa mengikuti dan berkata “a black pencil”.

T : mengambil rod berwarna biru dan mempersembahkan sinyal kepada siswa untuk menebak.

SS: siswa berkata “a blue pencil”

T : mengambil rod warna hitam.

SS: berkata “a black pencil”

T : mengambil rod berwarna merah.

SS : berkata “a red pencil”

Apa yang siswa pelajari dari metode mencar ilmu bahasa inggris di atas? Mereka mempelajari sebuah penerapan kata sifat, administrasi peletakan kata, kosa kata baru, penerapan article “a” di dalam sebuah frase, serta mereka bisa membuat perbedaan arti tanpa harus melalukan alih bahasa. melaluiataubersamaini cara tersebut, mereka bisa mengerti bahwa red yaitu merah, blue yaitu biru, dan black yaitu hitam alasannya persepsi mereka sendiri dan bukan hasil translate dari seorang guru.

Sebagai guru, Anda juga bisa memperluas dengan mengajarkan angka (a red pencil, two blue pencils, three green pencils), pronoun (that pencil, these pencils, this pencil), comparative (blue pencils are bigger than black pencils), serta masih banyak lagi.

2 Tips sukses dalam metode silent way


  1. Terapkan di dalam kelas kecil dan tunjuk setiap siswa. Kaprikornus tidak secara bersama-sama. Ini lebih efektif dan membuat siswa bisa berpikir sendiri.
  2. Coba dari yang sederhana dan bertahap mulai ajarkan yang rumit. Dari konsep tadi, guru mengajarkan terkena pencil, kemudian warna, angka, dan sampai ke kalimat comparative.

Itulah cara mencar ilmu bahasa inggris cepat dengan metode silent way. Sebuah  metode mencar ilmu bahasa inggris yang dipakai untuk matematika pada awalnya, namun ketika ini juga populer sebagai metode yang berdampak signifikan terhadap kemampuan berbahasa siswa. Semoga bisa diterapkan dan berhasil di kelas Anda.
LihatTutupKomentar