5 Tips Teknik Menulis Email dalam Bahasa Inggris YangBaik Beserta misalnya – Sobat englishiana.com, Emai atau E-mail yaitu abreviasi dari Electronic Mail yang kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maknanya yaitu Surat Elektronik. Email umumnya berfungsi sebagai masukana mengirim surat, foto, atau file-file yang lainnya melalui jaenteng Intenet. Di dunia global, Email berbahasa Inggris menjadi salah satu elemen penunjang komunikasi yang sangat efektif. Nah, Jika pada posting sebelumnya englishiana.com sudah menyajikan 10 pola email bahasa Inggris, biar pemahaman kita ihwal email bahasa Inggris lebih mantap dan lengkap, diberikut saya sajikan 5 tips penting dalam menulis email dalam bahasa Inggris.
5 Tips Menulis Email dalam Bahasa Inggris Yang Baik Beserta misalnya
1. Gunakanlah greeting (salam pembuka) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Selalu buka email Anda dengan salam (salam pembuka), ibarat "Dear John" . Jika relasi Anda dengan pembaca yaitu relasi yang formal, gunakanlah nama keluarga mereka contohnya "Dear Mrs Hasibuan". Jika Anda belum tau nama pembaca Anda, dalam email resmi Anda sanggup memakai salam pembuka yang umum ibarat “Dear sir/madam” atau “To whom it may concern”. Jika relasi Anda dan pembaca yaitu relasi yang lebih santai, Anda spesialuntuk boleh saja mengatakan, "Hi Kelly".
2. Jangan lupa ucapkanlah terimakasih pada akseptor emai untuk email balasan
Jika Anda membalas sebuah pertanyaan dari klien, Anda sebaiknya memulai dengan ucapan terima kasih atas pertanyaan tersebut. Sebagai contoh, kalau seseorang mempunyai pertanyaan ihwal perusahaan Anda, Anda bisa mengatakan, “Thank you for contacting Company”. Jika seseorang sudah menjawaban salah satu email Anda, pastikan Anda mengatakan, “Thank you for your prompt reply” or “Thanks for getting back to me”. Berterimakasih pada pembaca m membuat Anda tampil lebih sopan dan memdiberi kesan yang lebih dekat ke pada pembaca.
Jika Anda yang memulai komunikasi lewat email, namun keadaanya tidak memungkinkan / tidak mengharuskan anda mengucapkan terima kasih, mulailah membuka tubuh email dengan menyatakan tujuan Anda menulis email tersebut. Misalnya, “I am writing to enquire about …” or “I am writing in reference to …”.
Buatlah tujuan Anda terperinci semenjak awal dalam email, dan kemudian pindah ke teks utama email Anda. Ingat, orang ingin membaca email dengan cepat, sehingga membuat kalimat Anda singkat dan terperinci yaitu hal yang sangat penting. Anda juga harus memperhatian tata bahasa, ejaan, dan tanda baca sehingga Anda mempersembahkan kesan profesional dari diri Anda dan perusahaan Anda ke pada pembaca.
4. Buatlah closing yang meliputi ucapan terimakasih dan harapan
Sebelum Anda mengakhiri email Anda, dimasukankan Anda mengucapkan terima kasih kepada pembaca Anda sekali lagi dan menambahkan penutupan yang sopan. Anda sanggup mengungkapkannya dengan menuliskan “Thank you for your patience and cooperation” or “Thank you for your consideration” “If you have any questions or concerns, don’t hesitate to let me know” and “I look forward to hearing from you”.
5. Akhirilah dengan sebuah salam penutup
Langkah terakhir yaitu untuk membuat penutupan disertai dengan nama Anda. “Best regards”, “Sincerely”, and “Thank you” untuk email resmi. Hindari penutupan ibarat “Best wishes” or “Cheers” kecuali kalau Anda berkawan baik dengan pembaca. Akhirnya, sebelum anda menekan tombol kirim, tinjaulah dan periksa ejaan email Anda sekali lagi untuk memastikan bahwa email Anda benar-benar sempurna!
Sobat englishiana.com, demikianlah 5 tips menulis email dalam bahasa inggris yang baik beserta contohnya. Semoga setelah mempelajari tips-tips tersebut kita kemudian menjadi bisa menjalin komunikasi yang sangat efektif melalui Email di dunia internasional.
5 Tips Teknik Menulis Email dalam Bahasa Inggris |
Jika anda ingin melihat pola email bahasa Inggris yang lainnya, silahkan klik di sini. Jika anda ingin memperluas pemahaman ihwal email bahasa Inggris baik email formal maupun informal dan langkah-langkah menulis email dalam bahasa Inggris yang baik, silahkan klik di sini.