Spoof Text, Klarifikasi + Pola Lengkap

Spoof Text, Penjelasan + misal Lengkap - Pernahkah kalian melihat salah satu kegiatan lawakan, Seketsa? Pastinya kalian tidak gila kan. Jalan dongeng di Seketsa itu lah yang dinamakan Spoof Text. Awal dongeng dimulai dengan adegan atau insiden yang biasa kemudian menjelang final ada adegan atau insiden yang tidak dikira yang membuat dongeng tersebut lucu.

Untuk melengkapi klarifikasi terkena Jenis Teks Bahasa Inggris (Types of Text), pada peluang kali ini penulis hadirkan klarifikasi dan teladan Spoof Text lengkap.

A. Pengertian Spoof Text

Selain Narrative Text, Recount Text, dan Anecdote Text, Spoof Text juga termasuk ke dalam golongan Narration (lihat Jenis Teks Bahasa Inggris, Types of Text), yang tentunya menceritakan insiden di masa lampau dengan final yang lucu dan tidak disangka-sangka.

B. Tujuan Komunikatif Spoof Text

Tentunya tiruana jenis teks yang tergolong Narration mempunyai tujuan komunikatif yang sama, begitu juga pada Spoof Text, yaitu untuk menghibur pembaca atau pendengar dari dongeng yang dibacakan.

C. Struktur Kebahasaan Spoof Text

Terdapat tiga jenis struktur kebahasaan yang dimiliki oleh Spoof Text, yaitu:

1. Orientation

Seperti halnya jenis teks Narration yang lain, selalu diawali dengan orientation. Orientation yaitu bab di mana penulis memulai memperkenalkan cerita.

2. Events

Sedangkan pada bab Events yaitu bab di mana penulis menceritakan kejadian-kejadian dalam dongeng tersebut tetapi insiden yang diceritakan masih insiden yang wajar.

3. Twist

Dan bab dari Spoof Text yang terakhir yaitu Twist. Twist ialah bab teks yang mana menceritakan kebalikan dari kejadian-kejadian masuk akal di bab Events. Twist ialah bab final dari Spoof Text yang menceritakan insiden final lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya.

D. Ciri Kebahasaan Spoof Text

Terdapat beberapa ciri kebahasaan Spoof Text yang sanggup membedakan dengan Jenis Teks Bahasa Inggris (Types of Text) yang lainnya, yaitu:

1. Menggunakan Past Tense; was, were, did, etc.

2. Menggunakan kata kerja agresi (action verb); did, went, walked, etc.

3. Menggunakan kata keterangan waktu dan kata keterangan tempat.

4. Diceritakan secara kronologis.


E. misal Spoof Text

Penguin in the Park

1. Orientation

Once a man was walking in a park when he come across a penguin.

(Suatu dikala ada seorang laki-laki sedang berjalan di sebuah taman dikala beliau melihat sebuntut pinguin melintas.)

2. Event

He took him to a policeman and said, "I have just found this penguin. What should I do?" The policeman replied, "take him to the zoo".

The next day the policeman saw the same man in the same park and the man still carrying the penguin with him. The policeman was rather supriseed and walked up to the man and asked "why are you still carrying that penguin about? Didn't you take it to the zoo?"

(Dia membawanya ke seorang polisi dan berkata, "aku gres saja menemukan pinguin ini. Apa yang harus saya lakukan?" Polisi tersebut menjawaban, "bawa ke kebun binatang".)

(Hari diberikutnya polisi tersebut melihat laki-laki yang sama di taman yang sama dan laki-laki tersebut masih membawa pinguin bersamanya. Polisi tersebut terkejut dan menghampirinya serta bertanya "mengapa engkau masih membawa pinguin itu? Bukannya engkau membanya ke kebun binatang?")

3. Twist

"I certainly did" replied the man.

"And it was a great idea because he really enjoyed it, so today I am taking him to the moviest, and the next day I'll take it to the beach. It'll be so much fun" said the man.

("Saya melakukannya" balasan laki-laki tersebut.)

("Dan itu ialah sebuah wangsit yang manis alasannya yaitu pinguin tersebut menikmatinya, jadi hari ini saya akan membawanya ke bioskop, dan besok saya akan membawanya ke pantai. Itu kan sangat sangat bahagia" kata laki-laki tersebut.)

Bagi para pembaca yang ingin menanyakan sesuatu terkena Bahasa Inggris, atau juga ingin membagi ilmu bahasa Inggris-nya kepada orang lain, share saja di sini, di English Forum - Belajar Bahasa Inggris. Terima kasih.^^
LihatTutupKomentar