Recount Text : Klarifikasi + Referensi Lengkap!!!

Recount Text - Belajar bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mengulas terkena Recount Text. Mungkin banyak kawan-kawan yang masih resah apa sih perbedaan  antara Recount Text dengan Narrative Text. Memang keduanya ialah jenis teks Narration (lihat: Jenis Teks Bahasa Inggris) yang ialah jenis teks yang menceritakan dongeng masa lalu. Untuk tahu lebih jauh terkena Recount Text, di bawah ini penulis hadirkan klarifikasi lengkap terkena Recount Tex. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Recount Text

Recount Text yakni salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk mempersembahkan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) menyerupai halnya di Narrative Text.

 
B. Tujuan Komunikatif Teks Recount 

Tujuan komunikatif Recount Text menyerupai klarifikasi di atas yakni untuk melaporkan peristiwa, insiden atau aktivitas dengan tujuan memdiberitakan atau menghibur tentunya tanpa ada konflik di dalam dongeng tersebut.
 
C. Generic structure Teks Recount
 
1. Orientation
Orientation atau pengenalan yaitu mempersembahkan informasi wacana siapa, di mana, dan kapan insiden atau aktivitas itu terjadi di masa lampau.
 
2. Events
Events ialah rekaman insiden yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, menyerupai "In the first day, I ... . And in the next day ... . And In the last day ..." . Di bab Events ini juga biasanya terdapat komentar langsung wacana insiden atau insiden yang diceritakan.
 
3. Reorientation
Pada bab Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, insiden atau aktivitas yang diceritakan.
 
D. Ciri Kebahasaan Recount Text

Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan kawan-kawan temukan dikala membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:

  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan insiden atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

E. misal Recount Text

Di bawah ini penulis juga sertakan sebuah rujukan Recount Text beserta terjemahannya untuk menambah dan mempergampang pemahaman kawan-taman terkena klarifikasi Recount Text di atas.

Our trip to the Blue Mountain

Orientation
On Friday we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s house. It has a big garden with lots of colourful flowers and a tennis court.

(Pada hari jumat kami pergi ke Blue Mountains. Kami menginap di rumah David dan Della. Rumah tersebut memiliki sebuah taman yang besar dengan banyak bunga warna warni dan sebuah lapangan tenis.)

Events
On Saturday we saw the Three Sisters and went on the scenic railway. It was scary. Then, Mummy and I went shopping with Della. We went to some antique shops and I tried on some old hats. On Sunday we went on the Scenic Skyway and it rocked. We saw cockatoos having a shower.




(Pada hari sabtu kami melihat Three Sister dan pergi ke pemandangan jalan kereta api yang indah. Sangat menakutkan. Kemudian ibu dan saya pergi berbelanja dengan Della. Kita pergi ke toko-toko antik dan mencoba mendapat beberapa topi tua. Pada hari ahad kami pergi ke pemandangan Skyway dan berbatu. Kami melihat burung kakatua sedang mandi.)

Reorientation
In the afternoon we went home. That was very pleasent moment with my family that I ever got.

(Di sore hari kami pulang ke rumah. Itu ialah momen paling sangat senang bersama keluarga yang saya pernah dapatkan. )

Untuk menambah pemahaman pembaca wacana Recount Text, terdapat beberapa misal Recount Text beserta Terjemah nya, Lihat di sini.

Semoga artikel di atas sanggup bermanfaa bagi pembaca khususnya yang sendang ingin tahu apa itu Recount Text. Kami membuka pintu Koreksi dan masukan apa jika dari pembaca menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun pembahasan. Terima kasih ^^
LihatTutupKomentar