Penjelasan Future Perfect Tense

Future Perfect Tense - Sesudah kemarin kita mengulas lengkap terkena pembentukan dan pengguanaan dari Future Continous Tense, hari ini mencar ilmu bahasa inggris akan mencoba mengulas wacana penerapan dan pembentukan Future Perfect Tense secara lengkap. Tapi sebelum kita mengulas lebih jauh apa itu Future Perfect Tense beserta pembentukan dan penerapannya, mari kita lihat teladan situasi di bawah ini. Semoga bermanfaa. Check this out!!!
Andra wants to swim tomorrow with his brothers. He will go to nearby swimmingpool at 7.30. He will begin to swim at 8.00 and will finish at 10.00. Febri, Andra's friend, wants to meet Andra tomorrow and wants to know what time to come to his house.
Andra ingin berenang bersama soudaranya besok. Dia akan pergi ke bak renang terdekat pada jam 7.30. Dia akan mulai berenang pada jam 8.00 dan akan simpulan pada jam 10.00. Febri, temennya Andra, ingin bertemu Andra besok dan ingin tahu jam berapa ia harus hadir kerumah Andra.

Febri : I want to come at your house at 09.00. Is it alright?
Andra : No, I will be swimming then.
Febri : What about at 10.00?
Andra : No, I will have finished by then. Just come to my house at 11.00. I will be at home that time.
 Sesudah kemarin kita mengulas lengkap terkena pembentukan dan pengguanaan dari  Penjelasan Future Perfect Tense

Future Perfect Tense ialah tenses yang dipakai untuk menyatakan suatu tindakan yang akan dimuai pada masa depan dan akan sudah simpulan pada waktu tertentu pada masa depan. Andra akan mulai berenang pada jam 08.00 dan akan sudah simpulan berenang pada jam 10.00. Untuk menyatakan kegiatan yang akan sudah simpulan tersebut kita memakai Future Perfect Tense.

A. Pola Kalimat Future Perfect Tense
 
Saat kawan-kawan ingin membuat kalimat Future Perfect Tense, kawan-kawan dapat memakai pola kalimat affirmative positive, negative maupun yang introgative ibarat yang ada di bawah ini.
(+) S + Will/Shall + Have + Verb-3
(-) S + Will/Shall + Not + Have + Verb-3
(?) Will/Shall + S + Have + Verb-3?

B. Kalimat Future Perfect Tense 

Sesudah kawan-kawan mengetahui pola kalimat Future Perfect Tense, kini waktunya kawan-kawan mencar ilmu menulis kalimat Future Perfect Tense. Di bawah ini ada teladan kalimat positive, negative dan introgative dalam Future Perfect Tense. Yuk kita lihat teladan kalimat di bawah ini.
(+) I will have finished my assignment by this time next week.
(-) I will not have finished my assignment by this time next week.
(?) Will you have finished your assignment by this time next week?

C. Keterangan Waktu

Saat kawan-kawan ingin membuat kalimat Future Perfect Tense, kawan-kawan dapat menambahkan keterangan waktu yang pertanda sebuah kegiatan/aktivitas akan simpulan pada waktu tertentu pada masa yang akan hadir. Seperti keterangan waktu dibawah ini.
- By the end of this year : Menjelang ahir tahun ini
- By the end of July : Menjelang ahir bulan Juli
- By the end of next week: Menjelang ahir ahad depan

D. Penggunaan Future Perfect Tense 

Seperti teladan situasi dan klarifikasi Future Perfect Tense di atas, penerapan Future Perfect Tense ialah untuk menyatakan suatu tindakan yang akan dimulai di masa depan dan akan sudah simpulan pada waktu tertentu pada masa depan. misal:

I started writing a thesis last month. By the end of next month I will have written it

Semoga klarifikasi wacana Future Perfect Tense di atas dapat bermanfaa untuk kawan-kawan tiruana. Penulis sangat membuka Koreksi dan masukan untuk kemajuan blog ini dan artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih.


*Referensi:











  • Azar, Betty Schrampfer. 2002.English Grammar : Third Edition. New York: Longman. 
  • Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc. 
  • Murphy, Raymond. 2003. English Grammar in Use. New York: Cambridge University Press. 
  • Swan, Michael. 2005. Practical English Usage. New York: Oxford.
LihatTutupKomentar