Cara Menciptakan Pidato Bahasa Inggris

Teknik Membuat Pidato Bahasa Inggris - Menulis sebuah pidato sanggup menjadi sebuah momok tersendiri bagi banyak orang. Mungkin khawatir terkena kualitas keterampilan menulis anda, gugup dengan belum berpengalamannya anda dalam berbicara di depan umum atau mungkin anda belum tahu harus menulis apa. Untuk itu, pada peluang kali ini, penulis akan memberikan bagaimana menulis sebuah pidato bahasa Inggris.

Tapi sebelum menulis sebuah pidato bahasa Inggris, anda harus mempunyai planning untuk pidato tersebut. Rencana pidato terdiri dari :
  • Penentuan di peluang atau di program apa anda akan memberikan pidato tersebut. Misalnya : hari kemerdekaan, hari ibu, hari pendidikan, perpisahan siswa, dan lain sebagainya.
  • Penentuan tema yang potensial atau cocok dengan acara. Misalnya wacana kepahlawannan, ibu, narkoba, perpisahan, dan lain sebagainya.
  • Mengidentifikasi siapa saja audience (pendengar/ penonton) pidato anda. Hal ini penting alasannya sebuah pidato harus diadaptasi dengan kondisi pendengar/ penontonnya.
Sesudah menyusun perencanaan pidato, anda sanggup pribadi membuat pidato bahasa Inggris tentunya dengan memakai langkah-langkah diberikut ini.

1. Membuat kerangka pidato

Sebuah pidato bahasa Inggris yang baik haruslah mempunyai kerangka pidato yang jelas. melaluiataubersamaini menyertakan pembukaan, isi dan epilog pada pidato bahasa Inggris anda, anda secara pribadi sudah membuat fondasi dari sebuah pidato bahasa Inggris yang baik. Di bawah ini ialah kerangka dari sebuah pidato bahasa Inggris.
  • (Pembukaan) Opening
  • 30 detik pertama dari pidato bahasa inggris mungkin ialah hal yang sangat penting. Pada periode waktu ini anda harus merebut perhatian pengunjung, dan mengajak ketertarikan mereka pada apa yang akan anda katakan pada pidato bahasa Inggris anda. Hal ini sanggup dicapai dengan beberapa cara. Misalnya anda sanggup memunculkan sebuah pertanyaan provokatif, membuat pernyataan menarikdanunik atau perdebatanal, menceritakan sebuah kutipan yang relevan atau bahkan menceritakan sebuah dongeng lucu. Ketika anda sudah memenangkan perhatian pengunjung, pidato anda harus beralih ke bab isi dari pidato bahasa Inggris anda.
  • Isi (Body)
  • Isi dari pidato bahasa Inggris anda akan selalu menjadi bab terbesar dari pidato bahasa Inggris anda. Pada bab ini, pengunjung akan diperkenalkan oleh anda kasus atau permasalahan yang di angkat (seperti yang tertera di pembukaan) dan dibutuhkan akan siap mendengarkan pendapat-pendapat anda, pemikiran-pemikiran wacana kasus atau permasalahan yang di angkat dalam pidato bahasa Inggris anda.
    Teknik terbaik dalam menyusun bab isi dari sebuah pidato bahasa inggris ialah dengan menyusun point-point permasalahan yang akan disampaikan. Point-point tersebut sanggup berupa point pengenalan permasalahan, point pendapat wacana permasalahan, atau pun point wacana penyelesaian permasalahan tersebut.
    Point-point tersebut harus disusun dengan rapi sehingga antara point yang satu dengan point yang lain sanggup saling terhubung walaupun tidak sama paragraf. Hal ini juga akan mempersembahkan kesan perubahan yang lebih logis dari pidato bahasa Inggris anda, dan membuat lebih simpel pekerjaan mendengarkan pengunjung.
    Jangan mencoba untuk mempersembahkan pengunjung anda dengan point-point permasalahan yang banyak. Lebih baik buatlah point-point permasalahan yang sedikit dari pada membuat point permasalahan yang banyak tapi tidak ada pengunjung yang mengerti atau puas dengan pidato bahasa Inggris anda.
  • Penutup (Closing)
  • Seperithalnya pembukaan, epilog dari pidato bahasa Inggris anda haruslah mengandung beberapa materi yang kuat. Anda haru melihat epilog pidato bahasa Inggris anda sebagai sebuah peluang. Sebuah peluang untuk :
    a. Memdiberikan kesimpulan dari persoalan/ permasalahan yang ada pada pidato bahasa Inggris anda.
    b. Memdiberikan beberapa pemikiran/ pandangan kepada pengunjung anda.
    c. Tinggalkan beberapa memori positif dari pidato bahasa Inggris yang sudah anda sampaikan kepada pengunjung.
    d. Akhiri dengan mengucapkan terima kasih, seruan maaf kalau terdapat kesalahan kata, dan akhiri dengan salam.


2. Membuat Outline Pidato Bahasa Inggris

Membuat outline ialah metode pre-draf yang terkenal ketikan menulis dan ialah  salah satu yang biasanya direkomendasikan untuk para penulis pidato.

Sebuah outline ialah representasi hierarki dari isi pidato anda. Bayangkan saja outline ibarat kerangka tulang yang akan di menambahkan daging dari pidato anda.

Di bawah ini penulis sertakan pola dalam pembuatan sebuah pidato bahasa Inggris. Ambillah kita akan membuat sebuah pidato bahasa Inggris wacana Pendidikan. Pertama-tama buatlah kerangka pidato terlebih lampau ibarat ini.
  • Pembukaan
  • Isi
  • Penutup
Sesudah membuat kerangka pidato ibarat di atas, kita menambahkan beberapa point-point sehingga menjadi outline dari sebuah pidato ibarat di bawah ini:
  • Pembukaan
  • a. Salam 
    b. Sapaan 
    c. Puji Syukur 
    d. Pengenalan
     
  • Isi
  • a. Kondisi pendidikan nasional kita
    b. Peringkat pendidikan nasional kita.
    c. Usaha pemerintah untuk meningkatkan stadar pendidikan kita.
    d. Usaha yang harus kita lakukan sebagai seorang siswa. 
     
  • Penutup
  • a. Kesimpulan 
    b. Ucapan terimkasih dan seruan maaf
    c. Salam 

3. Membuat Draft (Garis Besar) Pidato

Sekarang saatnya menambahkan daging ke outline anda dan membuat draf pertama dari pidato anda. Sebelum kita mulai, catat bahwa draft spesialuntuklah sebuah draft. Draft yang anda buat kini bukanlah simpulan draf simpulan yang anda cantumkan dalam pidato anda.

Outline yang kita buat pada langkah ke dua akan disajikan sebagai dasar dari pembuatan draft pada bab ini. Kita ambil setiap unsur dari outline di atas dan gunakan anutan kreatif kita untuk membuatkan unsur-unsur outline tersebut.

Tidak ada istilah benar atau salah pada pengembangan outline menjadi draft. Jadilah diri anda sendiri, gunakan bunyi anda sendiri, dan ingatlah, anda sanggup mengubah segalanya yang anda tulis kemudian. Yang terpenting kini ialah membangun draft pertama anda.

Mari kita ambil beberapa pola dari outline di atas.


Outline :
  • Salam
Draft :
  • "Asslamualaikum wr. wb."
Outline :
  • Sapaan
Draft :
  • "The honorable ones the principle of Sekolah Menengan Atas Negeri 01 Tanjung, all teachers and administration staff of Sekolah Menengan Atas Negeri 01 Tanjung and all my friends from grade X till Xii."
Outline :
  • Puji Syukur
Draft:
  • "Before I begin to give a speech, I would like to invite you to thank to Allah the Almighty, Who has given us Mercy and Blessing, so we can meet together in this blessing place. And also I don't forget to deliver sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW, Who has brought us from the darkness to the brightness, so we are always in the right way."
Outline:
  • Pengenalan
Draft :
  • "It be a great honour for me, to stand right here in front of you all to give a speech about education under the title "What happen with our education?" in this National Education Day or HARDIKNAS."
4. Mendapatkan Feedback (Masukan) Untuk Pidato Anda

Sesudah berhasil membuat draft dari sebuah pidato bahasa Inggris ibarat yang kita buat di atas. Langkah selanjutnya ialah kita harus mendapat feedback (masukan) dari orang di sekeliling kita yang dianggap mumpuni dalam membuat menulis bahasa Inggris tentunya.

Bagian ini ialah langkah tak ternilai yang akan memperkaya pidato anda dan secara sempurna menyelamatkan anda dari banyak perdebatanal. Langkah ini lebih baik dilakukan untuk mempelajari masalah-masalah yang ada pada pidato anda dari pada pribadi disampaikan di depan umum.

Idealnya anda harus mencari feedback (masukan) dari 2-3 orang, yang pastinya orang yang tahu benar bagaimana menulis bahasa Inggris dengan baik dan benar.
misal-contoh feedback (masukan) yang harus engkau cari termasuk:
  • Isi yang tidak tepat
  • Penghilangan kesalahan-kesalahan
  • Masalah tata bahasa (grammar)
  • Ketepatan penerapan gaya bahasa, ibarat humor, dll.


5. Langkah Akhir

Sebagai langkah pamungkas (akhir) dalam pembuatan sebuah pidato bahasa Inggris, anda sanggup pribadi menuliskan draft-draft yang anda buat sebelumnya. Tentunya ditulis ibarat menulis sebuah pidato pada umumnya. Dan ingatlah tulis draft-draft tersebut setelah anda melaksanakan penyempurnaan sebelumnya setelah mendapat feedback (masukan) dari mitra anda.
LihatTutupKomentar