Pengertian & Cara Membedakan Regular & Irregular Verb

Irregular Verb adalah kata kerja yang tidak beraturan. Bagi engkau yang sudah paham ihwal tata bahasa pada bahasa Inggris tentu tidak lagi gila dengan istilah ini. Ya benar, Irregular verb digunakan dalam setiap perubahan kalimat dalam bahasa Inggris berdasarkan waktunya, intinya verb itu beraturan. Namun ada beberapa verb yang tidak beraturan. Untuk memahami apa itu Irregular verb, kita harus memahami dulu apa itu regular verb.

1.       Regular Verb

Regular Verb adalah verb yang verb 2 & 3 nya berakhiran -ed sehingga disebut beraturan. misal:

V1
V2
V3
Save
Saved
Saved
Call
Called
Called
Borrow
Borrowed
Borrowed


Mengapa verb dibagi menjadi 3? Ada verb 1, verb 2, verb 3?

Karena untuk berbicara dalam bahasa Inggris kita berbicara berdasarkan waktu. Sebagai contoh

1.       aku meminjam kini =  I borrow now
2.       tadi saya meminjam = I borrowed(v2)
3.       aku sudah meminjam = I have borrowed(3)

Coba engkau perhatikan kata borrow pada kalimat 2 dan 3, disitu memakai kata kerja kedua dan ketiga. Nah jikalau kata kerja kedua dan ketiganya berakhiran -ed, maka itula yang disebut Regular Verb.

Regular verb ini sangat simpel untuk di dipraktekkan untuk membuat kalimat alasannya ialah spesialuntuk berakhiran -ed pada V2 & V3
Jika engkau sudah paham bahwa dalam bahasa Inggris ada perubahan dalam kata kerjanya yang berdasakan waktu, maka engkau pun harus tau bahwa perubahan kata kerja bukan spesialuntuk Regular verb tapi juga ada Irregular verb seperti yang akan kita bahas.

2.       Irregular Verb


Irregular verb adalah verb yang verb 2 & 3 nya tidak berakhiran -ed sehingga disebut juga tidak beraturan, dan mempunyai bentuk sendiri yang harus dihapal. misal:

V1
V2
V3
Eat
Ate
Eaten
Drink
Drank
Drunk
Fall
Fell
Fallen

misal kalimat:

1. aku makan kini = I eat now
2. tadi saya makan = I ate
3. aku sudah makan = I have eaten

Pada kalimat kedua dan ketiga engkau sudah melihat bahwa verb 2 & 3 dari kata eat(makan) ialah tidak sama dan bukan menjadi eat-eated-eated melainkan eat-ate-eaten.👍

Terus bagaimana caranya untuk membedakan mana Regular Verb dan Irregular Verb?

Jawabannya ialah dengan menghapal Irregular verb. Tenang ajh brother, Irregular verb tidak sebanyak Regular verb. Kaprikornus kita cukup tau lewat Irregular verb yang jumlahnya tidak sebanyak Regular verb. 

Untuk mengetahui daftar kosa kata Irregular verb, engkau dapat klik disini.

Ok, jadi itulah perbedaan Irregular & Regular verb. Jika engkau mempunyai pertanyaan, silahkan komentar dengan bijak di kolom komentar yang sudah disediakan.




LihatTutupKomentar