3. Saya Di Rumah - Penggunaan In/On/At

I’m + in/at/on + place

Rumus di atas dipakai untuk memdiberitahu keberadaan subjek. contohnya adalah 'aku di kelas'. Di kalimat itu kata 'aku' sebagai 'subjek' memdiberi tahu bahwa ia berada di kelas.


Kata in/at/on memiliki arti yang sama yaitu ‘di’. Namun ada beberapa perbedaan penerapan.
misal:

 1. I’m In Jakarta  
 2. I’m on Soeakrno-Hatta street
 3. I’m at blok B
Singkatnya, kata Preposition In/on/at secara berurutan ibarat referensi di atas dipakai untuk daerah yang umum hingga ke daerah yang lebih spesifik.




A. Penggunaan ‘in’

1. kata ‘in’  yang mempunyai arti ‘di/di dalam’,   umunya dipakai saat engkau memasuki   suatu lokasi ibarat ruangan atau bangunan.   misal:
 a. Aku di kelas                = I’m in class
 b. Aku di dalam kamarku = I’m in my room
 c. Aku di laboratorium     = I’m in laboratory

2. Kata ‘in’ digunakan untuk suatu lokasi yang   yang bersifat umum atau tidak spesifik seperti   negara dan kota.

Negara dan kota dianggap tidak spesifik alasannya yakni tidak mempersembahkan klarifikasi yang tepat, sebagai referensi saat engkau ditanya dari mana asalmu dan engkau bilang dari Bandung, maka orang yang bertanya tentu tidak akan tau bahwa rumah engkau di Bandung sebelah mana? Maka dari itu negara dan kota dianggap lokasi yang umum.
misal kalimat:
a. Aku di Jakarta = I’m in Jakarta
b. Aku di Bekasi  = I’m in Bekasi
c. Aku di Jerman = I’m in German


   B. Penggunaan ‘on’

1. Kata ‘on’ yang berarti ‘di/di atas’ digunakan   untuk daerah yang lebih spesifik daripada   nama negara atau kota, kata ‘on’ digunakan   untuk nama jalan. misal:
 a. Aku di Jl. Mawar      = I’m on Mawar street
 b. Aku di Jl. Sudirman = I’m on Sudirman street

2. Kata ‘on’ dipakai untuk segala yang   berhubungan dengan technology. misal   ketika engkau bilang ‘aku mengirimnya di Fb’ maka bahasa Inggrisnya ‘ I sent it on Fb .


   C. Penggunaan ‘at’

1. Kata ‘at’ dipakai untuk memdiberitahu keberadaanmu di suatu   tempat yang spesifik ibarat kamarmu,   perpustakaan, kantor,  dll. misal:

 a. Aku di kamarku         = I’m at my room
 b. Aku di kampung Pare = I’m at Pare village
 c. Aku di kelas               = Aku di kelas

2. Penggunaan in/at hampir sama ketika   menunjukkan suatu ruangan, namun ‘in’   makananya lebih mengartikan bahwa ia di   dalam ruangan tsb. misal:

 a. Aku di kelas             = I’m at class
 b. Aku di (dalam) kelas = I’m in class





Ada satu pemahaman lagi yang harus engkau pahami. Coba lihat kalimat diberikut.


  •      I’m in musholla
  •      I’m on musholla
  •      I’m at musholla

In menandakan bahwa engkau di dalam musholla
On menandakan bahwa engkau di atas musholla
At menandakan bahwa posisi keberadaan engkau sedang berada di musholla, ntah di dalam ataupun diluar.

Sekarang coba engkau tuliskan keberadaanmu. 
LihatTutupKomentar