8 Tips Berguru Bahasa Inggris Hingga Hebat Untuk Pemula

"duuuh... jaman udah makin mengglobal, dimana-mana pake bahasa Inggris, Tapi dari SD saya diajarkan bahasa Inggris ga pernah paham sampe sekarang"




Tenang sob engkau ngga sendiri ko yang mengalami hal ibarat di atas, ada begitu banyak orang Indonesia yang ngga bisa berbahasa Inggris, padahal ibarat yang kita ketahui bahwa kita diajarkan bahasa Inggris semenjak usia dini. Ada begitu banyak alasan orang Indonesia ngga bisa berbahasa Inggris, mulai dari ngga ada guru pembimbing, galau mau mulai darimana, ngga punya bukunya, ada juga yang alasannya ialah emang ngga kepingin bisa bahasa Inggris alasannya ialah merasa tidak penting. 


Untuk engkau yang kini membaca artikel ini sudah dipastikan engkau ialah orang yang belum bisa berbahasa Inggris dan engkau sadar pentingnya bahasa Inggris serta engkau ingin bisa berbahasa Inggris. Dan dikala engkau membaca artikel ini, tandanya engkau berada di daerah yang sempurna alasannya ialah di sini engkau akan mengetahui bagaimana sih caranya biar kita bisa berbahasa Inggris 'step by step' dan dari mana kita harus memulainya. 

Di Era globalisasi ini kebutuhan berbahasa Inggris sudah niscaya sangat dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan kita dalam bidang apapun, alasannya ialah nyatanya di setiap sisi kehidupan memakai bahasa Inggris, mulai dari bungkus makanan, produk elektronik, iklan yang muncul di banyak sekali media, internet, buku panduan, buku pelajaran dll. 



Di artikel ini pula engkau akan di bimbing untuk mencar ilmu bahasa Inggris hingga jago meski ngga ada guru di samping engkau. Berikut ini ialah beberapa hal fundamental yang harus engkau perhatikan dan persiapkan untuk mempelajari bahasa Inggris;



1. Guru Pendamping
Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya guru engkau bisa lebih memahami sesuatu dengan lebih praktis alasannya ialah disamping engkau sudah ada ahlinya yang siap menjawaban tiruana kebingungan engkau. Tapi sebenernya ngga harus guru les, bila teman erat mempunyai mitra yang jago berbahasa Inggris itu ialah peluang buat teman erat untuk menggali ilmu darinya.



Tapi gimana kalo ngga punya? hening ajh sob, kalo engkau ngga punya guru pendamping dan temen yang jago bahasa inggris, maka sebagai alternatif engkau bisa ko berguru melalui Google, ya kaya kini ajah engkau lagi baca artikel ini. melaluiataubersamaini membaca setiap artikel dan mempelajarinya akan mengecilkan sedikit kebingungan engkau yang berkepantidakboleh.

2. Buku Pegangan
Kamu perlu buku untuk memmenolong engkau mencar ilmu bahasa Inggris. melaluiataubersamaini adanya buku pegangan, maka engkau akan lebih praktis mempelajari bahan Bahasa Inggris secara sistematis alasannya ialah engkau akan di pandu melalui pembelajaran 'step by step' atau 'bab per bab' dari yang dasar hingga yang susah. Kamu bisa sesuaikan buku mana yang engkau ingin beli apakah engkau lebih membutuhkan grammar (tata Bahasa) atau lebih membutuhkan Bahasa Inggris spesialuntuk sekedar ingin bisa membuat conversation atau percakapan.



Tapi hening ajh sob, lewat blog ini engkau bisa mencar ilmu bahasa Inggris secara sitematis layaknya di buku-buku bahasa Inggris yang harganya cukup nguras kantong hehe. kalo admin sendiri sih punya banyak refrensi buku bahasa Inggris yang siap di share ke teman erat tiruana yang sedang berjuang mempelajari bahasa Inggris.


3. Buku Catatan
Kalo guru pendamping ngga punya dan buku pegangan juga ngga punya, masa sih buku kosong untuk mencatat ajah ngga bisa kebeli? Hehe. Step yang ketiga ialah ibarat syarat buat teman dekat, di step ini teman erat diharuskan mencatat bahan apa ajah yang udah teman erat dapet dari internet atau dari blog ini. Makara gini lho sob, tidakboleh pernah teman erat berpikir mencar ilmu melalui internet cukup dengan membaca dan memahaminya begitu ajah. Belajar lewat internet sama halnya dengan mencar ilmu di kelas, teman erat butuh buku catatan untuk mencatat tiruana point yang penting. Disisi lain mungkin engkau males, tapi disisi yang lebih besar tanpa mencatat engkau akan kesusahan untuk menyatukan materi-materi terpisah yang ada di kepala engkau.





melaluiataubersamaini mencatat, engkau melibatkan otakmu untuk membuat pola pembelajaran yang lebih praktis dilakukan. melaluiataubersamaini mencatat pula kemungkinan engkau untuk memahami sesuatu  jauh lebih besar ketimbang tanpa mencatat. Mulai kini coba engkau siapkan buku kosong khusus untuk mencar ilmu Bahasa Inggris. Sekali lagi saya ingatkan teman erat bisa mencar ilmu melalu blog ini layaknya mencar ilmu dengan buku dan guru. Karena saya akan menandakan bahan ibarat di buku yang sistematis dan menerangkannya layaknya guru di private. ;)


4. Mulai Mempelajari Grammar Dasar
melaluiataubersamaini mempelajari grammar dasar, maka engkau ngga akan kebingungan untuk mengartikan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Grammar dasar juga sangat diharapkan untuk memmenolong membuat percakapan. Grammar itu sangat praktis ko untuk dipelajari asalkan kita mempelajari Bahasa Inggris secara sistematis, alasannya ialah Bahasa Inggris mempunyai persamaan dengan pelajaran matematika, yaitu ada beberapa hukum yang harus dipelajari sesuai urutan biar kita tidak bingung. 





Tanpa mempelajari grammar dasar sudah dipastikan kita akan kesusahan memahami bahasa Inggris. Tata bahasa Inggris cukup tidak sama dengan tata bahasa Indonesia, itulah yang mengakibatkan kebingungan. Sebagai pola ‘rumah merah’ dalam Bahasa inggris warna diucapkan lebih dulu ‘merah rumah’ maka bahasa Inggrisnya ‘red house’. Itu ialah pola bahan grammar dasar yang tentu akan memmenolong kita dalam membuat percakapan. 

Kan aib kalo engkau bilang kucing hitam tapi Bahasa inggrisnya ‘cat black’ :D gunakan catatan engkau untuk mencatat grammar.


5. Menghapal Kosa Kata
Dalam Bahasa Inggris kosa kata ialah vocabulary. Ini penting buat engkau ketahui bahwa menghapalkan vocabulary ialah suatu hal yang sangat harus engkau lakukan dikala engkau ingin bisa berbahasa Inggris, bila engkau ngga punya vocab yang banyak di kepala engkau, kemudian apa yang ingin engkau ucapkan?. Teknik tergampang menghapal vocab ialah dengan mentranslate kata-kata yang biasa engkau ucapkan sehari-hari dan juga benda-benda yang ada di sekitar kemudian engkau ucapkan. 





Kamu bisa memakai google translate untuk menerjemahkannya dan mengetahui bagaimana cara pengucapannya dengan meng-klik tombol yang sudah disediakan. Admin tidak menyarankan engkau memakai engkaus biasa, alasannya ialah itu bisa membuat engkau jenuh lebih cepat, selain itu cukup melelahkan untuk mencarinya. Gunakan saja aplikasi online ibarat google translate.


6. Menghapal Common expressions 
Common expressions maksudnya ialah verbal atau ungkapan-ungkapan yang sering digunakan. Tentu engkau ingin bisa dengan cepat berbahasa inggris. melaluiataubersamaini menghapal common expressions (bacanya: came'n expresyens) engkau akan terlihat lebih cepat bisa berbahasa Inggris. 



   sepertiyang yang mungkin sering terdengar di pendengaran engkau ialah kalimat “ I love you” kalimat tersebut termasuk common expression yang mungkin sudah engkau ketahui semenjak engkau kecil. Dan banyak sekali common expressions yang sanggup engkau hapal dalam waktu singkat. 


7. Lakukan Berulang-ulang




Jika engkau sudah mendapat bahan grammar baru, vocab gres dan common expression baru, maka langkah diberikutnya ialah praktekan dan lakukan berulang-ulang. Sebagai pola engkau sudah mengahapal sebuah common expression “good luck” yang artinya “semoga berhasil”. Ucapkan terus kata “good luck” di situasi yang menurutengkau perlu untuk mengatakannya kepada orang lain. Jikalau engkau masih malu-malu untuk mengucapkannya, ucapkanlah secara lirih.


8. Berdo’a




Usahamu akan lebih terbaik dikala engkau memohon menolongan pada penciptamu. Maka berjuanglah bersama Sang Pencipta, mintalah kegampangan dalam mencar ilmu dan mintalah biar Sang Pencipta selalu menjaga semangatmu yang akan membawamu kepada keberhasilan  dalam berbicara bahasa Inggris. 





melaluiataubersamaini kemampuan berbahasa Inggris kita bisa lebih praktis untuk memahami banyak hal di sekitar kita, dengan berbahasa Inggris pula kita bisa membuat hidup kita lebih bahagia, misalnya dikala engkau melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan engkau bisa berbahasa Inggris maka biasanya penghasilan engkau akan lebih tinggi ketimbang karyawan lain, itu bertanda engkau lebih di hargai. Namun terlepas dari itu tiruana ialah engkau harus memahami bahwa bahasa Inggris ialah skill dan bukan spesialuntuk sekedar ilmu pengetahuan yang dipelajari kemudian ditinggalkan begitu saja. Karena bahasa Inggris ialah skill maka engkau harus berjuang dan latihan sebagaimana seorang atlet sepak bola yang harus latihan untuk mendapat skill terbaik.



LihatTutupKomentar