Tips Mengajar Bahasa Inggris Saat Siswa Anda Belum Mengerti Apapun

Teknik simpel berguru bahasa Inggris - Indonesia ialah Indonesia, kita tiruana masih memakai bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia. Tentang bahasa Inggris, hingga kapanpun kita akan menganggapnya sebagai bahasa gila dan bukan bahasa kedua atau bahkan bahasa utama. Apa keterkaitannya? Tentu saja, setiap siswa berpeluang untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk. Tidak problem bukan? Karena itu memang sistem kebijakan Negara kita.

Yang harus Anda sikapi sebagai guru, bagaimana mengelola pembelajaran biar tetap sukses bahkan dengan siswa yang belum mengerti apapun kecuali “yes” dan “no”. Ini banyak terjadi di tempat yang berada jauh dari sentra pendidikan di wilayah Indonesia. Tidak mengapa, dan itu ialah tantangan kita sebagai pengajar! :)


Secara khusus, dalam artikel ini saya akan membagi beberapa hal penting terkena tips mengajar bahasa Inggris dengan situasi tersebut. Simak ya, dan semoga memmenolong Anda.


Turunkan Tingkat Kesusahan Materi


Anda ingin mengajarkan kalimat tetapi siswa belum mengetahui apa itu kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Maka, tidakboleh paksa anak untuk berguru kalimat, maka berlajarlah terkena ketiga kata tersebut.

Di dikala Anda mengajarkan kata benda dengan cara mempersembahkan aneka macam contoh, namun Anda menemukan siswa belum mengetahui bahwa dua atau lebih kata benda harus ditambah “s”, maka mulailah terlebih lampau ke bahan singular dan plurar sebelum Anda mengajarkan pembuatan kalimat.

Pada dasarnya, siswa dilarang dipaksa untuk mengerti suatu pembahasan apabila beliau belum mengetahui bahan penopangnya. Ketika Anda memaksakan siswa untuk mengetahui bahan dengan tingkat lebih tinggi namun mereka jelek di bahan sebelumnya, maka Anda sama dengan membangun rumah tanpa fondasi.

Jangan Berikan Target Tinggi, Enjoy!


Seorang guru merasa frustrasi dengan kemampuan siswanya, sebab beliau berharap terlalu tinggi namun akhirnya jauh di luar harapan. Sebaiknya, tidakboleh berharap terlalu tinggi kepada siswa Anda, tetap mengajar dengan enjoy dan tidakboleh pedulikan kejaran materi.

Kalau Anda terus dikejar-kejar dengan sasaran bahan yang notabene tinggi, tentu anakdidik akan stress dan tidak mendapat pembelajaran apapun. I believe it, mau bukti? Oke, logikanya, bagaimana kalau siswa dari pedalaman Indonesia didiberikan sasaran kurikulum yang sama dengan siswa kota? Siswa di pedalaman tersebut harus menyesuaikannya, tentu saja bisa gila mereka tiruana.

Saya pernah menemukan guru yang tidak peduli dengan kejaran bahan di kurikulum dan beliau mengajar sesuai kemampuan siswa setahap demi setahap. Hasilnya, siswa bisa berguru dengan enjoy dan bahan yang sedikit tersebut terserap secara utuh.

Do What Students Love, Mereka Senang, Pasti Anda Senang


Siswa itu sama menyerupai kita tiruana. Setengah-setengah kalau melaksanakan apa yang tidak mereka sukai dan sangat bersemangat melaksanakan apa yang mereka sukai.

Jangan terlalu kaku dengan terus menerapkan metode hafalan atau translation. Buat suasana kelas menjadi begitu nyaman dan ceria dengan adanya games, metode baru, dan cerita-cerita humoris.

Okelah tidak mengapa apabila Anda memiliki metode kaku untuk mengajar. Tetapi, siswa itu menyukai hal-hal yang berbau permainan atau games. So, diberikan mereka sedikit refreshing pikiran dengan apa yang mereka sukai.


Semoga tips mengajar bahasa Inggris di atas sanggup memmenolong Anda tiruana. Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar