Aturan Pembentukan Verb-Ing (Present Participle) Dalam Bahasa Inggris

Present participle atau biasa kita sebut dengan istilah verb-ing, adalah sebuah hal yang begitu lumrah serta sangat sering digunakan. Kendati demikian, pembentukan present participle ternyata tidaklah sesederhana yang dipikirkan, didalamnya terdapat aturan-aturan yang melingkupi serta harus kita pahami dengan baik semoga present participle yang kita bentuk sesuai dengan kaidah.

Image source : zarachiron.com

Untuk mendapat hukum secara lengkap serta jelas, silakan Anda lihat poin-poin klarifikasi diberikut ini:

1) Kata Kerja Berakhiran Huruf Vocal (A,I,U,E,O)


Ketika aksara vokalnya terbaca, maka pribadi saja menambahkan –ing. Misalnya ibarat Go, Be, dan Do. Ketiganya memiliki aksara vokal yang terbaca atau terucap. Lain halnya dengan Hope (dibaca hop), Date (dibaca deit). Kedua kata tersebut, hope dan date, meskipun berakhiran aksara vokal, namun tidaklah diucapkan aksara vokalnya.

misal :

Verb Ing
Go Going
Do Doing
Be Being
See Seeing
Agree Agreeing
Free Freeing

Ketika aksara vokalnya tidak terucap ibarat hope (dibaca hop), maka hilangkan aksara vokal di belakang, lalu menambahkan –ing.

misal :

Verb Ing
Hope Hoping
Date Dating
Injure Injuring
Like Liking
Make making
Dive  Diving


2) Kata Kerja Berakhiran Huruf Konsonan


Ketika kata kerja spesialuntuk memiliki satu suku kata, maka menambahkan satu lagi aksara konsonan yang sama, lalu gres menambahkan –ing. Kata kerja yang spesialuntuk satu suku kata mencakup beberapa aspek stop, rob, dan beg.

misal :

Verb Ing
Stop Stopping
Rob Robbing
Beg Begging
Chat Chatting
Sit Sitting
Pin Pinning

Ketika aksara konsonan di simpulan suatu kata dipertamai terlebih lampau dengan dua buah aksara vokal, maka menambahkan –ing, meskipun kata tersebut spesialuntuk satu suku kata. Kemudian untuk kata yang berakhiran aksara X dan W, ibarat blow dan fix. Meskipun keduanya satu suku kata, tetap pribadi menambahkan –ing tanpa ada perubahan.

misal :

Verb Ing
Rain Raining
Fool Fooling
Dream Dreaming
Plow Plowing
Fix Fixing
Blow Blowing

Ketika kata berakhiran aksara konsonan, terdiri dari dua suku kata atau lebih, lalu terdapat tekanan di bab simpulan atau stress. Maka menambahkan satu lagi konsonan menjadi double consonant.

misal :

Verb Ing
Start Starting
Fold Folding
Demand Demanding
Walk Walking

3) Kata Kerja Berakhiran Dua Huruf Konsonan


Kata kerja ibarat start dan fold diakhiri oleh dua buah aksara konsonan, sehingga untuk mengubahnya, cukup menambahkan –ing tanpa melaksanakan perubahan sama sekali.

misal :

Verb Ing
Start Starting
Fold Folding
Demand Demanding
Walk Walking


4) Kata Kerja Berakhiran –y


Tidak ada perubahan sama sekali, lalu menambahkan –ing.

misal :

Verb Ing
Enjoy Enjoying
Pray Praying
Buy Buying
Study Studying
Try Trying
Reply Replying

Kata Kerja Berakhiran Huruf –Ie


Ubah –Ie menjadi Y lalu menambahkan –Ing.


misal :

Verb Ing
Die Dying
Lie Lying
Vie Vying

Semoga klarifikasi terkena pembentukan verb -ing atau present participle di atas sanggup memmenolong Anda. Artikel ini ditulis ulang dari belajarbahasainggris.us. 

LihatTutupKomentar