Report Text - Klarifikasi & Contoh, Update 2016

Report Text ialah salah satu jenis teks dari kelompok description text. Ya, jenis teks ini yakni teks yang tujuannya mendeskripsikan atau menggambarkan benda atau objek. Memang sekilas hampir sama dengan descriptive text, namun report text bahwasanya tidak sama (Baca lebih lanjut: Perbedaan Report Text dan Descriptive Text). Pintar Bahasa Inggris pada peluang kali ini akan mencoba menghadirkan klarifikasi lengkap wacana apa itu reprot text, tujuan, generic structure, ciri kebahasaan, dan misalnya secara lengkap. Semoga dari klarifikasi diberikut, kawan-kawan sekalian sanggup lebih paham dan mengerti apa itu report text dan bagaimana cara menciptakannya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

 ialah salah satu jenis teks dari kelompok description text Report Text - Penjelasan & misal, UPDATE 2016
Report Text - Penjelasan & misal, UPDATE 2016

A. Apa itu Report Text?

Report Text meruapakan salah satu dari ke 13 jenis teks bahasa Inggris yang tergolong 'Description Text' (bukan descriptive text loh ya) yang fungsinya menggambarkan sesuatu baik benda, makhluk hidup atau fenomena-fenomena secara detail dan spesifik berdasarkan penelitan atau observasi yang mendalam. Sajian yang mencakupkan deskripsi menditail dan spesifik inilah yang membedakan report text dengan descriptive text.

B. Tujuan Penulisan Report Text

Tujuan penulisan report Text yakni memberikan atau menyajikan warta wacana sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis yang mendalam wacana objek tertenu. Segala jenis objek sanggup ditulisan  dapat meliputi tanda-tanda alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial.


C. Generic Structure


1. General Classification
General classification yakni kepingan awal dari report text yang biasanya meliputi pengenalan objek kajian yang akan digambarkan secara rinci di kepingan description. Bagian general classification meliputi pernyataan umum terkena objek yang dilaporkan.

2. Description
Description yakni kepingan kedua sekaligus kepingan terkahir dari report text. Pada kepingan ini, objek yang sudah dikenalkan akan dideskripsikan secara mendalam baik dari segi jenis, sifat, tingkah laku, dan bagian-bagian dari objek tersebut berdasarkan hasil penelitan atau observasi. Pada intinya, kepingan description menyajikan laporan ilmiah wacana objek yang dideskripsikan.


D. Ciri Kebahasaan


Dalam report text terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan (language features) menyerupai diberikut ini:

  1. Menggunakan general nouns
  2. Menggunakan relating verbs yang dingunakan untuk mendeskripsikan objek kajian. misal: The lion is a fierce animal.
  3. Menggunakan peresent tense yang menawarkan suatu kebiasaan. misal: The lion always hunt the frey in a group.
  4. Menggunakan action verbs (kata kerja tindakan). misal: Lions can run 32 mph.
  5. Mengguanakan istilah-istilah teknis/ilmiah. misal: water contains oxygen and hydrogen.


E. misal Report Text

Untuk memperjelas klarifikasi wacana report text di atas, diberikut kami sertakan sebuah pola report text beserta artinya:

Dodo

Dodo or Raphus Cucullatus is a medium-large sized flightless bird which is inhabited the tropical forests on the tiny island of Mauritius that is situated in the Indian Ocean. Dodo is an extinct animal which has been declared extinct since 1681 after a century of its discovery in 1590s. Dodo's extinction is an example of human exploitation.

The dodo is a large sized bird that adapts to a life without large ground-dwelling predators, which lead to the dodo to behave quite unusually for a bird. Despite having wings, the dodo is unable to fly as they are quite too small and weak to support the rounded body of the dodo. The dodo is also known to have been fearless of the European invaders which ultimately lead to the extinction of the species.

The dodo eats ripe fruit that fell to the ground, eating the fruit of the Tambalacoque tree (which is often called the dodo tree). This long-living tree is now in danger of extinction since it depends on the dodo for its own reproduction; its seed can only germinate (sprout) after going through the digestive system of the dodo (the seed has a very thick coating).

Due to a lack of natural predators, the dodo evolves to making its nest on the ground where the female dodo will lay a single egg. The incubation period of the dodo egg is estimated to be between 4 and 6 weeks, when the dodo chick will hatch and be reared by its mother before becoming independent as it grows older.

The dodo is probably thriving on the tiny, safe-haven of Mauritius before it is taken over by European settlers who hunt and eat the dodo, exploiting its naturally fearless nature. The animals brought along to the island often ransack the dodo's vulnerable nests, leading to the extinction of the entire species in just over 80 years of human contact.

Terjemahan:

Dodo

Dodo atau Raphus Cucullatus yakni burung ukuran sedang yang tidak sanggup terbang menghuni hutan tropis di Pulau Mauritius yang terletak di Lautan India. Dodo ialah binatang yang sudah punah yang sudah ditetapkan kepunaspesialuntuk semenjak tahun 1681 setelah satu kala penemuannya di tahun 1590an. Kepunahan burung dodo ialah pola dari ekploitasi manusia.

Dodo yakni burung berukuran sedang yang berdaptasi untuk hidup tanpa binatang predator di tanah, yang membuat dodo bertingkah laris bukan selayaknya seujung burung. Walaupun memiliki akup, dodo tidak sanggup terbang sebab akupnya terlau kecil dan lemah untuk menganggkat badan lingkaran burung dodo.  Dodo juga diketahui akan ketidaktakutannya pada orang Eropa yang membawanya menuju kepunahan spesies tersebut.

Burung Dodo memakan buah-buahan matang yang jatuh ke tanah. Buah yang sering dimakan yakni buah dari Pohon Tambalacoque (yang juga sering disebut dengan Pohon Dodo). Pohon renta ini sekarang juga sudah punah sebab biji pohon ini tidak akan tumbuh jikalau tidak melalui sistem pencernaan Burung Dodo.

Karena tidak adanya predator alami, burung dodo berevolusi membuat masukangnya ditanah dimana Burung Dodo betina meletakan satu telur. Masa inkubasi telur Burung Dodo diperkirakan antara 4 hingga 6 minggu. Burung Dodo anakan akan diasuh dan dibesarkan indukannya hingga mereka mandiri.

Burung Dodo ialah binatang yang berkembang rindang di Pulau Mauritius sebelum diambil alih oleh penhadir dari Eropa yang memburu dan memakan Burung Dodo serta mengeksploitasi alamnya tanpa ampun. Hewan-hewan yang dibawah Manusia ke pulau tersebut juga sering merusak masukang Burung Dodo yang mengakibatkan kepunahan seluruh spesies Burung Dodo dalam kurung waktu 80 tahun kontak dengan manusia.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas wacana Report Text, biar sanggup menambah pemahaman kawan-kawan sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari klarifikasi report text di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Share/bagikan ke kawan-kawan lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

Lihat juga pola lainnya dari report text, di sini.
LihatTutupKomentar