Procedure Text: Klarifikasi & Contoh, Update 2018!!!

Procedure Text - Pernahkah kalian memasak mie instant sendiri, apa langkah awalnya, rebus air sampai mendidih, masukan mie, tunggu sampai matang, tuang ke mangkuk, campurkan bumbu dan terakhir siap untuk disantap. Langkah-langkah atau isyarat dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang sering kita lakukan tersebut bekerjsama ialah salah satu teladan penerapan dari Procedure Text. Tidak cuma pada ketika membuat mie instant saja, banyak hal lain yang kita lakukan bekerjsama memakai penerapan procedure text.

Nah untuk itu, pada peluang kali ini Belajar Bahasa Inggris akan mencoba menerangkan apa itu procedure text, apa itu fungsinya, dan bagaimana cara menciptakannya. Tentunya klarifikasi terkena procedure text saja tidak lah cukup, maka dari itu kami sempurnakan dengan adanya teladan untuk di pahami. Mari pribadi saja baca klarifikasi diberikut.  Semoga bermanfaa. Check this out!!!



 Pernahkah kalian memasak mie instant sendiri Procedure Text: Penjelasan & misal, UPDATE 2018!!!
Procedure Text: Penjelasan & misal | https://duniainformasisemasa346.blogspot.com/

A. Pengertian Procedure Text


Apa itu Procedure Text? Procedure Text yaitu salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang mengambarkan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.


B. Tujuan Komunikatif Procedure Text


Tujuan Komunikatif dari Procedure Text adalaha mempersembahkan petunjuk wacana cara melaksanakan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.


C. Generic Structure Procedure Text


Struktur kebahasaan dari Procedure Text terdiri dari 3 bagian, yaitu:


1. Aim/ Goal (Tujuan)

Pada struktur kebahasaan cuilan pertama dari Procdeure Text ini meliputi isu terkena tujuan dalam pembuatan atau pengoprasian sesuatu.

2. Materials (Bahan-bahan)

Pada cuilan ke-dua, Materials terdiri dari bahan-bahan yang dipakai dalam membuat sesuatu. Tapi tidak tiruana Procedure Text menyertakan cuilan materials, adakalanya sebuah Procedure Text tidak mempunyai cuilan materials.

Ada tiga jenis Procedural Text yang tidak memakai cuilan materials, yaitu:

  • Procedural Text yang menerangkan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melaksanakan isyarat secara manual. contohnya : How to use the video game, the computer, the tape recorder, atau the fax, etc.
  • Procedural Text yang menginstruksikan bagaimana melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. contohnya : raod safety rules, atau video game rules, etc.
  • Procedural Text yang bekerjasama dengan sifat atau kebiasaan manusia. contohnya How to live happily, atau How to secceed.

3. Steps (Langkah-langkah)
Pada cuilan steps, meliputi wacana langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan semoga tujuan yang diuraikan pada cuilan Aim/ Goal sanggup tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan tersebut haruslah urut dari yang pertama sampai terakhir. Untuk mengambarkan urutan suatu tahapan, biasanya dalam membuat procedure text memakai adverbs menyerupai the first, the second, the third, the last, etc. dan memakai conjunctions menyerupai then, while, etc.

D. Ciri-ciri Procedure Text


Terdapat beberapa ciri kebahasaan dalam Procedure Text, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan pola kalimat imperative (perintah), misalnya, cut the carrots into pieces, put the sugar on the cup, boil the water, etc. 
  • Menggunakan action verbs, contohnya cut, put, boil, etc. 
  • Menggunakan conjunctions (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, contohnya then, while, dsb. 
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, contohnya for five minutes, 2 hours, dsb. 
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk menyatakan tahapan atau urutan, misalkan the first, the second, the third, the last, etc.
  • Menggunakan simple present.

E. misal Procedure Text


Berikut yaitu teladan singkat procedure text beserta terjemahannya wacana cara menanami cabai.


How to Plant Chilies

Aim / Goal

Planting chilies is really easy. Not only easy, planting chilies is also useful to get fresh and hygienist chilies from our own garden. My mom plants several chili-plants in my house backyard. She thinks that planting chilies can save some money because the price of chilies in the market is so high. 

Martials

Before we plant chilies, we need to prepare several things such as chili seeds, small spade, compost, and vessels. After all tools and materials have been prepared, then we begin to plant some chilies.

Steps

First, get a handful of chili seeds. Make sure you have already dried it under the sunlight. Second, make small hole on the soil by using the small spade and put the seeds on it then close with soil. Make sure to put it on the open area. Next, wait for several day until it come out the sprout. Finally, take the sprout off the soil and put it on the vessel which full of soil and compost. The sprout will grow bigger and yield us some fresh chilies. Make sure to watering the plant regularly. 

Terjemahan:



Menanam cabe ialah hal yang praktis dilakukan. Tidak spesialuntuk gampang, menanam cabe juga mempunyai kegunaan untuk mendapat cabe yang masih segar dan heginis dari kebun kita sendiri. Ibu ku menanam beberapa pohon cabe di balakng rumah ku. Ibu ku pikir menanam cabe dan menghemat uang sebab harga cabe di pasar sangatlah mahal. 

Sebelum kita menanam cabai, kita harus menyiapkan beberapah hal menyerupai biji cabai, skop kecil, pupuk kompos, dan pot. Sesudah tiruana peralatan dan bahan-bahan sudah disiapkan, kemudian kita mulai untuk menanam beberapa cabai.


Pertama, ambil segengam biji cabai. Pastikan engkau sudah mengeringkannya di bawah sinar matahari. Ke dua, buatlah lubah kecil di tanah dengan memakai skop kecil tadi dan letekan biji cabe itu di dalamnya kemudian tutup dengan tanah. Pastikan untuk menanamnya di lahan yang terbuka. Selanjutnya, tunggulah beberapa hari samapi keluar tunasnya. Terakhir, ambil lah tunas tersebut dan letakan ke dalam pot yang sudah meliputi adonan tanah dan pupuk kompos. Tunas tersebut akan tumbuh menjadi besar dan akan menghasilkan beberapa cabe yang masih segar. Pastikan untuk selalu menyirami flora tersebut secara teratur.

Bagi teman erat yang masih penamasukan wacana procedure text dan ingin mencari teladan procedure text yang lainnya, diberikut ini kami hadirkan beberapa teladan procedure text yang tentunya disertai juga dengan terjemahannya:



Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas wacana klarifikasi dan teladan Procedure Text, semoga sanggup bermanfaa bagi teman erat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan share (bagikan) artikel ini ke kawan-kawan lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

Referensi:
Sumber_1
LihatTutupKomentar