Penjelasan Verbs (Kata Kerja): Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, & Posisi

Verbs (Kata Kerja) - Selain Nouns (kata benda), Verbs juga mempunyai perant vital dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Sah atau tidaknya suatu kalimat menyaratkan adanya nouns dan verbs. Untuk itu mempelajari apa itu Verbs di rasa sangat perlu dalam mencar ilmu bahasa Inggris. Nah di bawah ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba untuk menghadirkan klarifikasi terkena apa itu verbs, jenis-jenis verbs, posisi dan fungsi verbs secara lengkap untuk teman akrab tiruana. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Verbs

"Verb is the most complex parts of speech." Itu ialah perkatan Marcella Frank dalam bukunya Modern English Grammar. Yup, verbs ialah part of speech paling ruwed. Kenapa dibilang verbs ruwed alasannya ialah fungsi verbs dalam suatu kalimat sanggup memilih jenis kalimat apa itu - stetements, questions, commands, exclamations. Tidak cuma itu, bentuk verbs juga variatif yang mana sanggup dipengaruhi oleh pelaku, jumlah dan waktu yang digunakan. Tapi bahwasanya apa sih Verbs itu?? Verbs ialah salah satu dari parts of speech yang menjadi central core (bagian inti) dari suatu kalimat yang berfungsi untuk membuktikan suatu tindakan dari subject (pelaku), membuktikan kejadian atau keadaan.

 Verbs juga mempunyai perant vital dalam suatu kalimat bahasa Inggris Penjelasan Verbs (Kata Kerja): Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, & Posisi


B. Jenis-jenis Verbs

Berdasarkan compliment (pelengkap) dari verbs tersebut, verbs dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Predicating atau Linking Verbs
Predicating ialah jenis kata kerja 'action' atau kata kerja yang membutuhkan tindakan. misal:
  • The babies cry.
  • She wrote a letter.
  • I remember him.

Sedangkan linking verbs ialah kata kerja penghubung antara subject dan compliment atau pelengkapnya. misal:
  • The girl is pretty.
  • She is a pretty girl.

2. Transitive and Intransitive Verbs
Singkatnya, transitive verbs ialah kata kerja yang membutuhkan suatu object sedangkan intransitive verbs merupakaan kata kerja yang tidak membutuhkan adanya suatu object dalam suatu kalimat. Perhatikan pola diberikut ini:
  • He is reading a book.
  • He is walking in the park.

misal a. menujukan adanya suatu transitive verbs (reading) yang membutuhkan adanya suatu object yaitu a book. Sedangkan pada pola b. menunjukkan adanya intransitive verb (walking) dengan tidak ada object yang menyertai. Prase 'in the park' pada pola b. bukanlah ialah object, prase tersebut spesialuntuk ialah adverb of place (kata keterangan tempat).

Berdasarkan bentuknya, Verbs dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Auxiliary Verbs (Lexical Verbs)
Auxiliary verbs disebut juga sebagai kata kerja menolong yang dipakai untuk menambah (1) element struktural menyerupai tense, voice, mood and aspect atau membuktikan suatu pertanyaan dan bentuk negatif atau (2) auxiliary verbs juga dipakai untuk membuktikan ability, possibility atau necessity. Untuk lebih jelasnya, teman akrab sanggup baca artikel lanjutan tentang Auxiliary Verbs dan Modal Auxiliary Verbs.

2. Finite and Non-finite (infinite) Verbs
Finite dan Non-finite verbs ditentukan oleh fungsi dari masing-masing verbs dalam suatu kalimat. Finite verbs ialah kata kerja yang berperan sebagai kata kerja penuh dalam suatu kalimat baik dengan atau tanpa auxiliaries (kata kerja menolong). Bentuk finite verbs sanggup berubah tergantung pelaku, jumlah, waktu, dan lain-lain. misal:
  • I am eating burger now.
  • She eats burger everyday.
  • She ate burger last week.

Ketiga pola di atas menunjuka eating, eat, dan ate ialah finite verb. Perhatikan juga bentuk finite verbs terseubt berubah dikala ada perubahan pada subject, jumlah dan waktu dalam kalimat tersebut.

Sedangkan Non-finite verbs meruapakan verbs yang berfungsi sebagai pemanis bukan sebagai kata kerja inti dalam suatu kalimat. Biasanya non-finite verbs ini berbentuk to-infinitive (to go, to read, to eat) dan kata kerja bentung -ing dan -ed (going, eating, talked). misal:
  • He likes to eat humburger.
  • He likes eating humberger.

C. Fungsi Verbs

Di potongan pengertian verbs di atas bahwasanya sudah dijelaskan fungsi verbs dalam suatu kalimat. Verbs sanggup berfungsi sebagai penghubung antara subject dan complement/pelengkapnya, verbs juga berfungsi sebagai kata kerja untuh dalam suatu kalimat. Fungsi verbs begitu basic dimana fungsi-fungsi yang lain menyerupai subject, object, dan compliment di tentunkan dalam hubunganya dengan verbs itu sendiri.

BACA JUGA:
- Pembentukan Kata Kerja Verb + ing
- Pembentukan Kata Kerja Verb + ed

D. Posisi Verbs

Verbs biasanya dipakai setelah subeject (pelaku) atau sebelum object atau pemanis dalam suatu kalimat. Dalam beberapa hal, Verbs juga sanggup muncul sebelum subject kalau kalimat tersebut berbentuk pertanyaan (Questions). Perhatikan pola diberikut ini:
  • I eat candies.
  • He is a teacher.
  • Do they study the lesson?

misal a. membuktikan posisi verbs yang terletak sebelum subject (I) dan sebelum object (candies). Pada pola b. telihat posisi Verbs terletak sebelum complement/pelengkap (a teacher) yang menerangkan subject (he). Sedangkan untuk pola c. Verbs terletak sebelum subject (they) dalam sebuah kalimat pertanyaan.

Semoga artikel tersebut di atas tentang Penjelasan Verbs (Kata Kerja) sanggup memmenolong pemahaman teman akrab terkena kata kerja bahasa Inggris (verbs). Artikel tersebut diatas masih jauh dari kata sempurna, untuk itu Koreksi dan masukan teman akrab terhadap kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan akan sangat berarti untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ke kawan-kawan lainnya juga ya. Terima kasih ^^ English is Fun ^^
LihatTutupKomentar