Pengertian & Jenis-Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Sentence)

Kalimat Bahasa Inggris (Sentence) Kata yaitu kumpulan abjad yang bermakna, dan kalimat yaitu susunan kata yang diawali abjad kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.). Mungkin jawabanan kita menyerupai itu dikala ditanyakan apa itu kata dan apa itu kalimat. Kalimat dalam bahasa Inggris dinamakan ‘sentence’. Sepertihalnya pada Bahasa Indonesia, sentence juga mempunyai jenis yang sama. Nah, pada peluang kali ini Pintar Bahasa Inggris akan mencoba pertanda ihwal apa itu kalimat bahasa inggris dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Pengertian Kalimat Bahasa Inggris (Sentence)

Apa sih pengertian kalimat? Di atas kita ungkapkan secara sederhana bahwa kalimat yaitu susunan kata yang diawali abjad kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.). Tapi tampaknya itu saja tidak cukup. Pertama, tidak tiruana kalimat diakhiri dengan tanda titik (.), lihat saja kalimat tanya (interrogative sentence). Apakah kalimat tanya diakhiri oleh tanda titik? Tentu tidak. Kedua, tidak tiruana tanda titik (.) ialah selesai dari suatu kalimat. Ada suatu kalimat yang di dalamnya terdapat kata yang disinkat atau abbreviation (BACA: Abbreviations dan Acronyms). Lalu, bahwasanya apa sih kalimat itu?

Menurut Greenbaum (2002: 13), ada dua pengertian sentence atau kalimat; dari segi arti dan dari segi fungsi. Secara arti, kalimat sanggup diartikan sebagai suatu aliran utuh (a complete thought). Namun pengertian ini susah dibumikan, alasannya istilah ‘a complete thought’ masih belum terlalu jelas. melaluiataubersamaini mendengar atau membacanya saja, kita niscaya bertanya apa sih yang dinamakan thought (pemikiran)?, dan apa yang membuat aliran itu complete (utuh)?

Para mahir grammer mencoba membuat definisi sentence atau kalimat yang sekiranya sanggup dibumikan dan dipahami oleh kita kaum awam. Dari segi fungsi, sentence atau kalimat sanggup diartikan sebagai susunan kata yang terdiri dari subjek dan predikat yang berbentuk finite verb yang diawali oleh abjad kapital dan diakhiri dengan tanda baca berfua titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!). Bagi yang belum mengerti apa itu finite verb, BACA: Jenis-jenis Verb.  

 Kata yaitu kumpulan abjad yang bermakna Pengertian & Jenis-jenis Kalimat Bahasa Inggris (Sentence)
Pengertian & Jenis-jenis Kalimat Bahasa Inggris (Sentence)

B. Jenis-jenis Kalimat Bahasa Inggris (Sentence)

Sentence atau kalimat bahasa Inggris dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu sebagai diberikut:

1. Declarative Sentence (Kalimat Stetmen)

Declarative sentence ialah jenis kalimat bahasa Inggris dengan susunan contoh subject + predicate yang tidak berubah. Declarative sentence ditulis dengan abjad kapital di awal kalimat dan diakhiri dengan tanda titik (.). Kalimat jenis ini dipakai untuk mengungkapkan suatu pernyataan. misal:

  • I eat two bowls of meatball today.
  • She is a smart girl.


2. Interrogative Sentence (Kalimat Pertanyaan)

Interrogative sentence yaitu jenis kalimat bahasa Inggris dengan susunan contoh subject + predicate yang sedikit berubah dengan dimenambahkanya kata kerja menolong (auxiliary verb) di awal kalimat dan diakhiri dengan tanda tanya/question mark (?). Kalimat ini dipakai untuk mengungkapkan suatu pertanyaan. misal:

  • Do you eat two bowls of meatball?
  • Is she smart?


3. Imperative Sentence (Kalimat Perintah)

Imperative sentence yaitu jenis kalimat bahasa Inggris dengan spesialuntuk predikat saja diungkapkan. Kalimat jenis ini dungakan untuk mengungkapkan suatu perintah atau permintaan. Seperti ciri jenis kalimat lainnya, imperative sentence ditulis dengan abjad kapital di awal dan diakhiri dengan tanda titik (.). misal:

  • Eat your dinner.
  • Go back to sleep.


4. Exclamatory Sentence (Kalimat Seruan)

Exclamatory sentence yaitu jenis kalimat bahasa Inggris dengan kata seruan ‘what’ dan ‘how’ yang dipakai untuk mengungkapkan perasaan impulsif baik perasaan bahagia, sedih, heran, tekejut, dan sebagainya. Exclamatory sentence diakhiri oleh tanda seru/exclamation mark (!).

  • -What a nice dress!
  • -How lucky you are!


Baca selengkapnya ihwal exclamatory sentence, di sini.


Dari segi jumlah dan jenis klausa dalam kalimat, sentence atau kalimat dibagi menjai beberapa jenis, diantarnaya yaitu sebagai diberikut:

1. Simple Sentence

Simple sentence ialah jenis kalimat yang spesialuntuk mempunyai satu predication penuh (subject + predicate + object). misal:

  • The boy kicks the ball.
  • The girl goes to mall.


2. Compound Sentence

Compound sentence ialah jenis kalimat yang dua atau lebih predication dalam bentuk independent clause. misal:

  • The boy kicks the ball but I catch it.
  • The girl goes to mall and she buys a bag.


3. Complex Sentence

Complex sentence ialah jenis kalimat yang terdiri dari satu independent clause dan satu dependent clause yang dihubungkan dengan relative pronouns. misal:

  • The girl who goes to mall buys a bag.


4. Compound-complex Sentence

Compoun-complex sentence ialah jenis kalimat yang terdiri dari lebih dua independent clause dan lebih dari satu dependent clause. misal:

  • The girl who goes to mall and buys a bag is my sister.


Demikian klarifikasi ihwal pengertian dan jenis-jenis Kalimat Bahasa Inggris (Sentence), biar sanggup bermanfaa dan berkhasiat bagi kawan-kawan yang sedang berguru bahasa Inggris. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari klarifikasi di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya ke kawan-kawan lainnya. Terima kasih… ^^English is Fun^^

Referensi:
Greenbaum, Sidney. (2002). An Introduction to English Grammar. London: Longman.
LihatTutupKomentar