Once (Adverb Atau Conjunction?)

Once Kita banyak menemukan kosakata 'once' dalam bahasa Inggris, khususnya dikala kita membaca cerita/dongeng. Cerita/dongeng yang bergenre narrative biasanya diawali oleh 'once upon a time' yang sanggup diartikan 'suatu ketika'. Nah, diberikut ini kita akan mengulas wacana kedudukan once dalam parts of speech dan juga artinya. Semoga bermanfaa. Check this out!!!

A. Once sebagai Adverb (kata keterangan)

Once dipakai untuk menawarkan keterangan waktu (past) yang sanggup diartikan 'ketika'. Perhatikan referensi diberikut!

  • I met her once in Bali. (Saya bertemu denganya dikala di Bali)
  • Once upan a time there was a beautiful princess named Rapunzel. (Suatu dikala tersebutlah seorang puteri berjulukan Rapunzel.)

Dari referensi di atas, once lebih berfungsi sebagai kata sifat (adverb) dimana dipakai untuk menawarkan keterangan waktu di masa lampau.

Once (Adverb atau Conjunction?)

B. Once sebagai Conjunction (kata penghubung)

Once juga sanggup berfungsi sebagai Conjunction, yang sanggup diartikan 'sesudah' atau 'segera'. Once disini dipakai untuk kejadian yang sudah simpulan sehingga biasanya memakai perfect tense. Perhatikan referensi diberikut!

  • Once you've passed your test I'll let you drive my car. (Sesudah engkau lulus test, saya akan mengizinkanmu untu mengendarai mobilku.)
  • Once you know how o ride a bike you never forget it. (Sesudah engkau tahu cara mengendarai sepeda, engkau tidak akan melupakannya.)

Jadi, once mempunyai beberapa makna, tergantung pada fungsi/kedudukannya dalam suatu kalimat. Jika fungsi once sebagai kata keterangan, . Tetapi, once diartikan jikalau kedudukannya dalam kalimat berupa kata penghubung atau conjunction.

BACA JUGA
1. Apa itu Parts of Speech?
2. Apa itu Adverb?
3. Apa itu Conjunction?

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca, biar klarifikasi terkena makna dan fungsi Once dalam kalimat bahasa Inggris sanggup bermanfaa. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan, isi, maupun terjemahan, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share ya!
LihatTutupKomentar