Finite Verb: Pengertian Dan Teladan Kalimat Dalam Aneka Macam Tenses Dan Subject

Pengertian Finite Verb


Finite verb yaitu kata kerja yang perubahan bentuknya dipengaruhi oleh tenses (past/ present tense) dan subjek kalimatnya(1st singular person/ plural/ 3rd singular person). Kata kerja jenis ini letak dan posisinya berada sempurna di belakang subject atau sanggup juga di depan kalau berupa kalimat tanya.

Berikut ini ialah kata kerja yang termasuk Finite Verb, yaitu:
  1. Main verb/ kata kerja utama
    • misal: make, take, cry, sing, love, go, eat, walk, listen, create, come, stand, etc.
  2. Auxiliary verb/ kata kerja menolong
    • misal: am, is, was, are, have, has, were, do, did, will, can, would, could, may, might, etc.

Main verb spesialuntuk sanggup berubah dari bentuk dasar (verb 1) ke bentuk dasar untuk 3rd singular person (verb 1+s/es) dan ke past (verb 2)- tidak ke bentuk past participle (verb 3) atau ke present participle (verb 1+ing) alasannya yaitu keduanya (past dan present participle) ialah "non-finite Verb".

misal perubahan bentuk pada main verb:
  1. Perubahan alasannya yaitu tenses
    1. I run on the street: Aku berlari di jalan
    2. I ran on the street: Aku berlari di jalan
      • Pada kedua kalimat, verb 1 (kata kerja bentuk pertama) "run" bermetamorfosis verb 2 (bentuk kedua) "ran" alasannya yaitu terjadi pergantian tenses dari simple present tense ke simple past tense
  2. Perubahan alasannya yaitu subject
    1. I write an article everyday: Saya menulis sebuah artikel setiap hari
    2. They write an article everyday: Mereka menulis sebuah artikel setiap hari
    3. She writes an article everyday: Dia menulis sebuah artikel setiap hari
      • Pada kalimat pertama dan kedua, kata kerja (verb 1) ditulis sesuai bentuk dasar alasannya yaitu subjectnya 1st singular person dan plural, sedang kalimat ketiga menerima imbuhan "s" alasannya yaitu subjectnya 3rd singular person

misal perubahan bentuk pada auxiliary verb:
  1. Perubahan alasannya yaitu tenses
    1. I have received your email: Aku sudah mendapatkan emailmu
    2. I had received your email: Aku sudah mendapatkan emailmu
      • Pada kedua kalimat, "have" bermetamorfosis "had" alasannya yaitu tenses berubah dari present perfect ke past perfect
  2. Perubahan alasannya yaitu subject
    1. I am writing now: Saya sedang menulis kini
    2. We are writing now: Kami sedang menulis kini
    3. He is writing now: Dia sedang menulis kini
      • Pada ketiga kalimat, "am" untuk subject 1st singular person "I" bermetamorfosis "are" alasannya yaitu subjectnya plural "we" dan bermetamorfosis "is" alasannya yaitu subjectnya 3rd singular person "he"

misal lain perubahan finite verb dalam aneka macam kalimat, tenses dan subject:

Past future:
Actually I "would" come yesterday (Sebenarnya saya akan hadir kemarin)
Ke simple future:
I "will" come tomorrow (Aku akan hadir besok)

Simple present:
"Does" she often call you? (Apakah beliau sering menelfonmu?)
Ke simple past:
"Did" she call you yesterday (Apakah beliau menelfonmu kemarin?)

Present continuous:
I "am" working now (Aku sedang kerja sekarang)
Ke past continuous:
I "was" working when you came yesterday (Aku sedang kerja ketika engkau hadir kemarin)

1st person:
I "have" eaten (Aku sudah makan)
Ke 3rd singular:
He "has" eaten (Dia sudah makan)

1st person:
I "was" in the library (Aku di perpus)
Ke plural:
They "were" in the library (Mereka di perpus)

3rd singular:
She "likes" eating salted egg (Dia suka makan telur asin)
Ke plural:
We "like" eating salted egg (Kami suka makan telur asin)

Demikianlah pembahasan terkena Finite Verb, supaya bermanfaa untuk tiruana.

Lihat juga:
LihatTutupKomentar