Cara Membentuk Verb + Ing (Present Participle)

Pembentukan Verb + ing - Belajar Grammar Bahasa Inggris pada peluang kali ini mengulas terkena cara pembentukan Verb + ing yang sering kali kita galau menambahkan akhiran (suffix) -ing pada verb (kata kerja). Tidak tiruana verb (kata kerja) sanggup eksklusif dimenambahkan akhiran (suffix) -ing, menyerupai kata "start" menerima akhiran -ing menjadi "starting", terdapat beberapa verb (kata kerja) yang tentunya mengalami perubahan sehabis menerima akhiran (suffix) -ing.


Verb (kata kerja) akan mengalami perubahan atau tidak dikala menerima akhiran (suffix) -ing tergantung abjad simpulan pada verb (kata kerja) tersebut. Berikut penulis kelempokan perubahan verb (kata kerja) sehabis menerima akhiran (suffix) -ing menurut abjad simpulan dari verb (kata kerja) tersebut.  Semoga Bermanfaat. Check this out!!!

1. Verb (kata kerja) yang berakhiran abjad vocal (huruf hidup) 

a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad vocal (huruf hidup) yang mana abjad vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut boleh dibaca menyerupai pada kata go, do, dan be (ketiga verb tersebut abjad hasilnya boleh dibaca dikala kita mengucapkannya) menerima akhiran -ing tanpa adanya perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Go Going
Do Doing
Be Being
See Seeing
Agree Agreeing
Free Freeing

b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad vocal (huruf hidup) yang mana abjad vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut dihentikan dibaca menyerupai pada kata hope, date, dan injure (ketiga verb tersebut, abjad hasilnya dihentikan dibaca dikala kita mengucapkannya) mendapt akhiran -ing dengan menghilangkan abjad simpulan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Hope Hoping
Date Dating
Injure Injuring

2. Verb (kata kerja) yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) 

a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari satu suku kata (one-syllable), menyerupai pada kata stop, rob, dan beg, menerima akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan abjad consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Stop Stopping
Rob Robbing
Beg Begging

Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) yang mana dilampaui oleh dua huruf vocal (huruf hidup) menyerupai pada kata rain, fool, dan dream, dan untuk verb (kata kerja) yang yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) -W dan -X menyerupai pada kata plow, dan fix menerima akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Rain Raining
Fool Fooling
Dream Dreaming
Plow Plowing
Fix Fixing

b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari dua suku kata atau lebih (two-or-more-syllable), menyerupai pada kata listen, offer, dan open, medapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Listen Listening
Offer Offering
Open Opening

Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) terseebut terdiri dari dua suka kata atau lebih (two-or-more-syllable) yang menerima tekanan pada abjad simpulan pada verb (kata kerja) tersebut dikala dibaca, menyerupai pada kata begin, prefer, dan control, menerima akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan abjad consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Begin Beginning
Offer Offerring
Control Controlling

 Belajar Grammar Bahasa Inggris pada peluang kali ini mengulas terkena cara pembentuka Teknik Membentuk Verb + ing (Present Participle)
Teknik Membentuk Verb + ing (Present Participle)

3. Verb (kata kerja) yang berakhiran dua abjad consonant (mati) 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran dua abjad consonant (mati) menyerupai pada kata start, fold, dan demand mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Start Starting
Fold Folding
Demand Demanding

4. Verb (kata kerja) yang berakhiran abjad -Y 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad -Y menyerupai pada kata enjoy, pray, dan buy mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

misal:
Verb -ing
Enjoy Enjoying
Pray Praying
Buy Buying
Study Studying
Try Trying
Reply Replying

5. Verb (kata kerja) yang berakhiran abjad -IE 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran abjad -IE menyerupai pada kata die, dan lie mendapat akhiran (suffix) -ing dengan merubah -IE menjadi -Y. 

misal:
Verb -ing
Die Dying
Lie Lying

BACA JUGA:
- Teknik membentuk Verb + ed (Past Participle)
- Pengertian dan Jenis-jenis Verb

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas wacana Pembentukan Verb + ing, agar sanggup berkhasiat dan bermanfaa bagi kawan-kawan sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari klarifikasi di atas, mohon kiranya Koreksi dan masukan yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share (bagikan) ke kawan-kawan lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

*Referensi:
Azar, Betty Schrampfer. 2002. Understanding and Using English Grammar. New York: Longman.
LihatTutupKomentar