4 Kiat Jitu Mencar Ilmu Teknologi Bagi Seorang Guru

Anda ingat syarat menjadi seorang guru? Harus pintar. Pintar bukan spesialuntuk dalam kategori pelajaran yang ditekuni saja, namun dikala ini guru dituntut untuk akil bersosialisasi, mempersembahkan penjelasan, dan tentu saja akil teknologi. Eits, tunggu dulu..

Untuk kategori yang ketiga atau akil teknologi, tampaknya banyak guru yang masih belum bisa mencapainya. Ketertinggalan seorang guru dalam bidang teknologi bisa Anda lihat secara jelas. Coba tanyakan kepada banyak guru di luar sana, apakah mereka bisa mengirim file melalui email? Apakah mereka bisa membuat slide power point untuk mengajar? Mungkin dominan menjawaban ya apabila Anda bertanya ke guru-guru di kota besar. Namun untuk di tempat pedesaan? Mayoritas akan menjawaban tidak.

Sebagian besar dari mereka mengungkapkan dua alasan yaitu tidak mempunyai akomodasi ibarat komputer atau laptop, dan tidak ada waktu alasannya ialah sibuk dengan urusan keluarga di rumah. Tetapi tidakboleh khawatir, alasannya ialah artikel ini akan mempersembahkan kiat-kiat jitu semoga Anda bisa mencar ilmu teknologi sampai menguasainya. Selamat membaca.


Ketahui Dulu Dampak dari Gaptek


melaluiataubersamaini mengetahui dampak-dampak gaptek, niat Anda untuk mencar ilmu akan semakin terbangun. Kemudian, rasa takut Anda juga semakin besar kalau tidak menguasai teknologi dengan baik. Apa jawaban gagap teknologi bagi seorang guru? Antara lain ialah sebagai diberikut.

Pertama, bidang keilmuan yang dimiliki oleh seorang guru bisa terus berkurang alasannya ialah tidak melaksanakan pencarian sumber ilmu di dunia Internet.

Kedua, guru bisa kalah akil dengan anakdidiknya alasannya ialah anakdidik dikala ini sudah memakai dunia internet dan komputer sebagai basis pembelajaran meraka.

Ketiga, sewaktu teknologi dibutuhkan, guru tidak bisa menggunakannya. Misalnya, ketika harus mengirim file melalui Email. Pengiriman file menjadi tertunda bahkan batal alasannya ialah guru tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan email.

Mulai dari sekarang, mencar ilmu IT yuk.. :)


Niat dengan Serius dan Luangkan Waktu


30 menit saya rasa sudah cukup untuk mencar ilmu beberapa bab dalam teknologi. Satu hal yang penting yaitu niat Anda untuk belajar. Ketika Anda sudah meniatkan diri untuk mempelajari teknologi, maka tidak ada istilah tidak sempat atau tidak ada waktu. Luangkan meski 30 menit dan lakukan setiap hari.


Meyakini Bahwa Teknologi Bukan Teroris


“Takut rusak, takut salah, takut tidak berfungsi” banyak yang mengeluhkan tiruana hal tersebut apabila dihadapkan pada komputer. Sekarang saya ingin bertanya, Itu ialah komputer atau teroris?

Komputer itu canggih dan ketika Anda spesialuntuk salah ketik atau salah tekan, maka sangat praktis untuk mengembalikannya ibarat tiruanla. Di dalam komputer ialah sistem yang berjulukan Undo dan Redo. Dua buah perintah inilah yang bisa menghapus kesalahan dan mengembalikannya ibarat tiruanla.

So kalau begitu, tidakboleh takut lagi dan coba saja. Undo dan Redo siap memmenolong Anda.


Siapkan Mentor atau Mentori diri Anda


Akan lebih baik kalau Anda mempunyai seorang mentor yang sanggup memandu Anda dalam mempelajari ilmu-ilmu penting di dunia Internet dan komputer. Kendati demikian, Anda bisa menjadi mentor untuk diri Anda sendiri. Artinya, carilah isu sebanyak-banyaknya kemudian aplikasikan dalam pembelajaran atau coba-coba saja setiap fitur yang ada di komputer tersebut. Misalnya, Anda ingin mencar ilmu Microsoft Word namun Anda tidak mempunyai seorang mentor dan tidak mempunyai sumber belajar. Jadi, cara yang paling relevan ialah mencoba setiap fitur yang ada di Microsoft Word tersebut. Bagaimana kalau rusak? Tenang saja, komputer tidak akan rusak spesialuntuk alasannya ialah salah tekan pada fitur Mic. Word. :)

Segera dicoba.


Baca Juga : 







LihatTutupKomentar