Tips Ampuh Untuk Mendapat Kemampuan Mendengarkan Yang Baik

Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik
Teknik simpel mencar ilmu bahasa Inggris - Mendengarkan atau listening yakni salah satu skill atau kemampuan dalam berbahasa. Sama ibarat bahasa Indonesia, bahasa Inggris mempunyai empat skill yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tahap pertama yang harus kita kuasai yakni mendengarkan, kemampuan ini dianggap sebagai uji kelayakan bahasa Inggris kita. Banyak orang bilang dikala kemampuan mendengarkan kawan-kawan sudah baik, maka kalian sudah bisa atau simpel memakai bahasa Inggris di tahap selanjutnya.


Tetapi, untuk mendapat kemampuan ini sangat tidak simpel lho. Kalian akan merasakannya apabila ada ujian mendengarkan di dalam kelas. Meskipun seorang guru sudah mengulang satu kalimat secara berulang-ulang, namun terkadang kita tetap susah mengetahui kata yang dimaksud. Ada semacam sinyal di indera pendengaran kita yang tidak bisa mendeteksi arti kata tersebut. Kesusahan itu akan muncul alasannya yakni satu hal, yaitu kalian tidak terbiasa mendengarkan kalimat bahasa Inggris.

Memang, alasan tersebut terlihat simpel, namun begitulah adanya. Kemudian, bagaimana cara mendapat atau meningkatkan kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris? Simak terus artikel ini ya. 

Dengarkan lagu bahasa Inggris sesering mungkin


Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik
Mendengarkan lagu bahasa Inggris ialah metode jitu dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan. Apakah sudah ada buktinya? Wah, tentu banyak yang membuktikannya. Ketika awal masuk kuliah, kemampuan mendengarkan saya amat buruk. Ketika dosen saya mempersembahkan tes, saya benar-benar kesusahan untuk menangkap makna dari alur kalimat-kalimat yang hadir dari tape recorder. Saat itu, saya juga mempunyai seorang mitra yang kemampuannya tak kalah buruk. 

Namun beberapa bulan kemudian, mitra saya tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan Istimewa untuk kemampuan mendengarkan yang ia miliki. Rahasianya, ia banyak mendengarkan lagu bahasa Inggris. Mengapa bisa demikian?

melaluiataubersamaini mendengarkan lagu bahasa Inggris yang bahkan kita tidak mengetahui artinya, kawan-kawan bisa lebih familiar dengan kalimat-kalimat bahasa Inggris yang ada. Teknik itu akan megampangkan kita mengenali sebuah kata atau bahkan kalimat dikala berada dalam ujian mendengarkan atau listening. Jadi, mulai sekarang, coba kawan-kawan dengarkan lagu-lagu easy listening dalam bahasa Inggris dan mulailah hafalkan tanpa melihat liriknya. Walaupun susah, namun cara itu akan meningkatkan kemampuan listening kalian secara langsung.

Belajar menangkap ide


Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik Tips ampuh untuk mendapat kemampuan mendengarkan yang baik
Nah, jikalau tips yang diberikutnya ini, secara khusus saya bagikan dikala kalian akan mengikuti ujian mendengarkan. Kesalahan yang banyak dilakukan yakni mendengarkan kata demi kata demi mendapat arti secara keseluruhan. Padahal cara tersebut spesialuntuk memmembuang-membuang waktu kalian saja. Untuk sukses ujian listening atau mendengarkan, kalian harus bisa menangkap inspirasi sebuah paragraf atau kalimat. Paragraf di bawah ini akan dijadikan sebagai pola bagi kawan-kawan.

Andien is a beautiful woman. She is 30, and lives in Samantha street 32 Bandung. She has been married to Genta for five years. Sara has been married to John for seven years. They have two children; Bob is four years old and Nancy is two.

Nah, bagaimana menangkap idenya? Kalian dimasukankan untuk berserius pada beberapa kata saja. Sebagai contoh, pada kalimat “She has been married to Genta for five years”, kalian bisa mendengarkan kata “married”, “Genta”, dan “five years”. Cukup ingat poin-poin penting dalam sebuah kalimat, maka kalian akan mendapat inspirasi dan bisa menjawaban pertanyaan yang ada. Selamat mencoba.
LihatTutupKomentar