Penjelasan Awal Mengenai Tenses Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan awal terkena Tenses dalam Bahasa Inggris Penjelasan awal terkena Tenses dalam Bahasa Inggris
Teknik praktis berguru bahasa Inggris - Kata kerja dalam tenses menggambarkan waktu kejadian. Dalam bahasa Indonesia, kawan-kawan dapat melihat tenses dari kata keterangan yang didiberikan contohnya “aku berenang kemarin, saya sudah pergi semenjak 3 tahun lalu, beliau sedang berjalan”. Nah, kata-kata yang didiberikan garis bawah tersebut ialah kata keterangan yang mengatakan waktu kejadian.

Di tiga kalimat tersebut, tentu kita tidak melihat perubahan kata kerja. Namun, di dalam bahasa inggris, ada perubahan kata kerja yang terjadi. saya akan mempersembahkan pola yang sama dengan tiga kalimat di atas yaitu “I swam yesterday, I have gone since 3 years ago, she is walking” kata kerja swam, have gone, dan walking ialah kata kerja yang memiliki bentuk orisinil “swim, go, dan walk”.

  1. Swam yakni kata kerja lampau dari swim
  2. Have gone yakni kata kerja untuk perfect tense dari go
  3. Walking yakni kata kerja untuk simple progressive dari walk


Penjelasan verb tenses yang lebih rinci


Kata kerja yang menandakan waktu insiden dalam bahasa inggris dibagi ke dalam tiga kelompok utama yaitu kini (present), lampau (past), dan yang akan hadir (future).

misal gampangnya :

  1. Present - She walks (dia berjalan)
  2. Past - She walked yesterday (dia berjalan kemarin)
  3. Future - She will walk tomorrow (dia akan berjalan esok hari)

Jog


•             I jog a marathon this year. (present)
•             I jog a marathon last year. (past)
•             I jog run a marathon next year. (future)

Study


•             I study mathematic now.
•             I study mathematic an hour ago.
•             I will study mathematic in one hour.

Watch


•             I watch a movie once a week.
•             I watched a movie yesterday.
•             I will watch a movie tomorrow.

Know


•             I know it.
•             I knew it the day before yesterday.
•             I will know it by tomorrow.

Play


•             I play football.
•             I played football the last two years.
•             I will play football next year.

Eat


•             I eat my supper every night.
•             I ate our dinner already.
•             I will eat breakfast tomorrow.

Yang dijelaskan di atas ialah tenses utama dan akan dibagi lagi menjadi simple, progressive/continuous, perfect, dan perfect progressive/perfect continuous.

misal detail :


Present


Simple present – I finish this school task (aku menuntaskan PR)

Present progressive – I am finishing this school task (aku sedang menuntaskan PR)

Present perfect – I have finished this school task (aku sudah menuntaskan PR)

Present perfect progressive (kejadian yang sudah ada dan masih berlangsung) – I have been doing a school task since yesterday (aku sudah mengerjakan PR semenjak kemarin)

Past


Simple past – I finished this school task yesterday (aku menuntaskan PR kemarin)

Past progressive – I was finishing this school task last morning (aku sedang menuntaskan PR kemarin pagi)

Past perfect – I had finished  this school task before you came last night (aku sudah mengerjakan PR sebelum engkau hadir kemarin malam)

Past perfect progressive – I had been doing this school task since 3 days ago when you came last night (aku sudah mengerjakan PR semenjak tiga hari kemudian saat engkau hadir kemarin malam)

Future


Simple future – I will finish this school task tomorrow (aku akan menuntaskan PR besok)

Future progressive – I will be finishing this school task when you come tomorrow night (aku akan sedang menuntaskan PR saat engkau hadir esok malam)

Future perfect – I will have finished this school task when you come tonight (aku akan sudah menuntaskan PR saat engkau hadir malam ini)

Future perfect progressive – I will have been done this school task more than 3 hours when you come tonight (aku akan sudah sedang menuntaskan PR lebih dari 3 jam saat engkau hadir malam ini) – kalimat ini berarti, saat seseorang hadir malam ini, kawan-kawan akan sudah mengerjakan PR selama tiga jam dan masih akan berlangsung.

tabel diberikut akan menandakan secara singkat terkena pemakaian kata kerja dalam tenses.



Simple
Progressive
Perfect
 Perfect Progressive
Present
Finish
am/is/are finishing
have/has finished
have/has been finishing
Past
finished
was/were finishing
had finished
had been finishing
Future
will finish
will be finishing
will have finished
will have been finishing

LihatTutupKomentar