3 Jenis Kalimat Bahasa Inggris Yang Harus Dipelajari

Teknik simpel berguru bahasa Inggris - Jenis kalimat bahasa Inggris itu terbagi ke dalam tiga buah. Anda akan mendapati simple sentence, complex sentence, dan compound sentence. Pada dasarnya, tiga jenis kalimat itulah yang melingkupi pembelajaran bahasa Inggris. Sistem penulisan kalimat serta pemahamannya yang mendalam ialah sebuah hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap siswa. Tanpa mengerti bagiaman sebuah kalimat dibentuk, akan sangat susah untuk mencerna pola kalimat dan kemudian menciptakannya secara sempurna.

Di bawah ini, kami menghadirkan klarifikasi terkena 3 jenis kalimat bahasa Inggris tersebut. Silakan Anda amati, simak, dan terapkan klarifikasi tersebut ke dalam praktik bahasa Inggris yang sesungguhnya.

 Jenis kalimat bahasa Inggris itu terbagi ke dalam tiga buah 3 Jenis Kalimat Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari




Simple Sentence


Simple sentence atau kalimat sederhana memiliki pengertian serta pemahaman menurut artinya, sederhana. Kesederhanaan itu tampak dari struktur kalimatnya yang terdiri spesialuntuk dari subjek dan predikat. Berikut klarifikasi lengkap terkena simple sentence dalam bahasa Inggris.

Subjek + Kata Kerja + Pelengkap


  1. Marry is a doctor.
  2. My father is a police.
  3. I become a teacher.
  4. My sister got tired.
  5. I feel bored.


Dalam konteks ini, tiruananya menjadi satu bab dan tidak bisa dipisahkan, itulah ciri dari tambahan atau complement. Dalam kalimat pertama Marry ialah seorang dokter. Artinya, Marry ialah dokter jadi Kata “Marry” dan kata “Dokter” itu satu kesatuan serta tidak bisa dipisahkan.

Subjek + Kata Kerja + Objek


  1. I borrowed the book.
  2. My parent follows me.
  3. They bring a big chair.
  4. Jack throws a pencil.


Berbeda dengan tambahan atau complement, dalam konteks objek kita akan mendapat dua hal terpisah. Pada kalimat kedua, kata “they” tentu tidak satu bab dengan kata “big chair” bukan? Mereka berada dalam ruang lingkup tidak sama serta bukan digabung. Itulah tanda bahwa kalimat tersebut memakai objek.


Compound Sentence


Merupakan sebuah kalimat yang terdidi dari dua simple sentence atau kalimat sederhana dan digabungkan memakai kordinator kalimat. Kordinator kalimat yang dipakai untuk merangkai dua kalimat sederhana tersebut ialah for, and, nor, but, or, yet, so. Dikenal dengan akronim FANBOYS.

  1. My parents are working, so I play football.
  2. Dina having a dream to be a doctor and Tika is dreaming to be a teacher.
  3. I like a chocolate, but Tika likes strawberry.
  4. I do not take the money from bank, for it was not the right thing to buy.


Perhatikan tiruana kalimat dan kami akan mempersembahkan pola kalimat ketiga. Pada kalimat ketiga, terdapat dua buah kalimat sederhana bukan? Tentu saja tiruana pola juga begitu.

Kalimat ketiga apabila dipisahkan akan menjadi I came late + because + I was trapped at the traffic jam. Begitulah metode pembuatan kalimat compound.


Complex Sentence


Kalimat kompleks ialah kalimat yang memiliki dua klausa yaitu klausa Independen dan klausa Dependen. Kalau dalam bahasa Indonesia, kalimat kompleks bisa anda temukan melalui bermacam-macam pola diberikut ini.

  1. Saya menutup pintu sebelum beliau masuk.
  2. Saya hadir sehabis beliau hadir.


Perhatikan kalimat di atas, kalimat pertama apabila dipisah beserta kata penghubungnya akan menampilkan struktur menyerupai ini, Saya menutup pintu + sebelum beliau masuk. Kalimat “aku menutup pintu” ialah klausa independen atau bisa bangkit sendiri. Sedangkan, kalimat “sebelum beliau masuk ialah klausa dependen yang tidak bisa bangkit sendiri. Anda tentu mustahil membuat kalimat spesialuntuk dengan klausa “sebelum beliau masuk.” bukan? Istilah kasarnya, harus ada kalimat lain yang menyertainya.

misal complex sentence dalam bahasa Inggris ialah sebagai diberikut.

  1. After my father came home (dependent), we made a dinner (independent).
  2. My parents and I visited the Disneyland (independent) before it closed (dependent).
  3. When I came to Indonesia (dependent), my friends had finished their study (independent). 


Itulah klarifikasi terkena 3 jenis kalimat bahasa Inggris yang biar bisa mempersembahkan pemahaman terbaik kepada Anda.

LihatTutupKomentar